Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Apa itu Rekening Koran? Arti, Fungsi dan Manfaatnya

by Surtan Siahaan on 29 November, 2017

bebas utang - CekAja.com

Banyak dari kita yang mungkin sering mendengar istilah rekening koran. Apa sebenarnya pengertian, manfaat, dan kegunaan dari selembar dokumen berbentuk lembaran kertas tersebut?

Dalam pengertian dan definisinya, rekening koran adalah informasi aktivitas nasabah yang dicetak bank. Lantas, apa saja fungsi rekening koran? Meski saat ini sudah terdapat fasilitas internet banking, rekening koran masih dibutuhkan oleh nasabah bank. Berikut ini 5 fungsi penting rekening koran.

Memperoleh informasi transaksi

Pada dasarnya, fungsi satu ini tidak berbeda dengan buku tabungan yakni berupa informasi mengenai saldo awal bulan, mutasi debet, mutasi kredit dan saldo akhir bulan.

Seluruh aktivitas transaksi pun dimuat lengkap dengan tanggal dan jam transaksi termasuk keterangan yang biasanya dicantumkan nasabah saat akan melakukan transfer dana antar rekening.

Nasabah juga akan menerima informasi berupa pungutan baik itu berupa biaya administrasi hingga bunga yang diperoleh setiap bulannya.

Keperluan audit

Rekening koran juga bermanfaat untuk kepentingan perusahaan. Salah satunya untuk menelusuri transaksi penerimaan atau pembayaran yang mencurigakan.

Dengan adanya rekening koran, maka terdapat bukti yang sangat kuat bahwa sebuah transaksi benar-benar terjadi sesuai dengan nominal yang tertera padanya.

Permohonan visa

Untuk pergi ke luar negeri, kita membutuhkan visa. Sementara, syarat untuk mendapatkan izin tinggal di luar negeri ini cukup banyak di antaranya bukti keuangan.

Ada beberapa dokumen yang harus dilampirkan sebagai bukti keuangan yakni SPT PPh 21, Surat Pajak Bumi dan Bangunan, slip gaji atau bukti tunjangan pensiun dan print out aktivitas transaksi selama tiga bulan terakhir.

Print out rekening adalah dokumen yang paling penting karena biasanya negara pemberi visa ingin mengetahui kepemilikan dana untuk mencegah hal-hal negatif di kemudian hari.

Pembuktian hukum

Manfaat selanjutnya adalah pembuktian hukum. Contoh kasus, kita transaksi belanja online dengan pembayaran secara transfer. Namun, toko online yang menjual barang merasa tidak pernah menerima transfer.

Maka, untuk keperluan komplain kita bisa menggunakan rekening koran sebagai bukti. Di sana terdapat catatan yang membuktikan bahwa transfer sudah atau belum dilakukan.

Mengikuti prosedur lelang

Dalam prosedur lelang proyek, baik itu proyek pemerintah maupun swasta, peserta lelang biasanya diwajibkan membuktikan kepemilikan dana dengan menunjukkan uang yang ada pada rekeningnya. Peserta lelang biasanya melampirkan rekening koran dalam dokumen persyaratan lelang.

Mengajukan pinjaman 

pinjaman bisnis - CekAja.com

Biasanya nasabah sebuah bank yang ingin mengajukan pinjaman di bank entah berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) maupun Kredit Tanpa Agunan (KTA) membutuhkan histori transaksi sebagai penunjang dokumen permohonan pinjaman.

Biasanya, pemohon diharuskan menunjukkan bukti aktivitas transaksi dengan menunjukkan bukti rekening koran miliknya. Print rekening juga menjadi syarat penting suksesnya pengajuan kredit usaha.

Data yang dilaporkan adalah foto kopi rekening dengan jangka waktu 3 hingga 6 bulan terakhir. Syarat ini mutlak bagi pemohon kredit usaha yang bukan berlatar belakang karyawan dan profesional. Ajukan pinjaman online di CekAja.com untuk mempermudah prosedur dan persyaratan.

Cara memperolehnya

Perlu diketahui bahwa pencetakan rekening tidak membutuhkan waktu lama. Nasabah bisa memperoleh dalam hitungan jam bahkan menit. Untuk mendapatkannya, nasabah suatu banyak hanya perlu mendatangi kantor cabang bank terdekat. Dan, perlu diketahui bahwa dokumen tidak bisa diakses secara online karena biasanya membutuhkan cap atau legalisir dari bank yang bersangkutan.

Namun, ada sejumlah syarat yang harus dilengkapi jika berniat mencetak rekening ini. Berikut ini persyaratannya:

Buku rekening asli

Untuk mencetak dokumen ini, nasabah diwajibkan untuk datang sendiri membawa buku tabungan asli. Terangkan pada petugas customer service mengenai tujuan tersebut sambil membawa buku tabungan asli.

Kartu Tanda Penduduk

Petugas bank selanjutnya akan mencocokkan nama pada buku tabungan dengan identitas diri. Untuk itu, bawalah Kartu Tanda penduduk atau dokumen identitas lain seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Paspor jika tidak dapat menunjukkan KTP.

Kartu debit

Dokumen terakhir yang dibutuhkan adalah kartu debit. Biasanya, petugas costumer service akan menanyakan kartu debit sebagai bukti bahwa pemohon adalah pemilik rekening terkait. Untuk itu, jangan lupa membawa kartu ini karena jika tidak dapat melampirkan kartu petugas tidak akan melayanan permohonan kita untuk mencetak rekening.

Biaya cetak rekening koran

Dulu, kita bisa mencetak dokumen ini secara cuma-cuma. Bahkan, cetak rekening masuk sebagai fasilitas yang paling sering digunakan oleh nasabah perbankan. Namun, sejak ada fasilitas internet banking dan mobile banking, bank memungut biaya untuk permintaan cetak. Biaya yang dipungut bervariasi tergantung kebijakan masing-masing bank.

Berikut ini daftar bank dan besaran biaya untuk melakukan cetak rekening.

  1. Bank Mandiri Rp 2.500 per lembar untuk jangka waktu hingga tiga bulan dan Rp 5 ribu dengan jangka waktu 3 hingga 6 bulan
  2. Bank BCA Rp 2.500 per lembar dengan maksimal cetak hingga Rp 150 ribu
  3. Bank BNI Rp 2.500 hingga Rp 3 ribu tergantung peruntukan
  4. Bank BRI Rp 25 ribu per lembar untuk jangka waktu di bawah 12 bulan dan Rp 25 ribu per lembar untuk jangka waktu lebih dari 12 bulan.
  5. Bank Permata Rp 10 ribu per lembar

 

Tentang Penulis