Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Apa yang Harus Kamu lakukan Saat Negosiasi Gaji Ditolak?

by Rafly Aditia on 3 April, 2017

naik gaji_investasi - CekAja.com

Semua karyawan kantoran pasti ingin mendapatkan gaji tinggi. Bahkan fresh graduate yang baru melamar pekerjaan pun mendambakan pekerjaan dengan penghasilan besar.

Sayangnya, keadaan kerap kali tidak sesuai dengan keinginan. Ketika kita mengajukan kenaikan gaji misalnya, bisa saja HRD menolak. Bila tidak pandai, kamu bisa serba salah saat bekerja. Untuk kamu yang berencana mengajukan kenaikan gaji, tidak perlu lebay apalagi sampai jatuh sakit, berikut hal yang harus dilakukan kalau permintaanmu ditolak.

Jangan terlanjur kecewa

Ketika permintaan gajimu ditolak, jangan langsung kecewa dan bingung melakukan apa selanjutnya.  Dibanding harus merasa kecewa, justru bersyukurlah karena kamu jadi lebih tahu gambaran gaji yang mungkin saja disetujui oleh bagian HRD. Di waktu yang sama, mereka juga tahu bahwa kamu memiliki standar tertentu dari permintaan yang diajukan.

Alihkan negosiasi diluar gaji pokok

Apabila negosiasi gaji tidak juga memiliki titik temu, kamu bisa beralih untuk negosiasi benefit diluar gaji pokok. Misalnya tunjangan transportasi, cuti tambahan, atau kenaikan biaya makan dan sebagainya. Setidaknya, jika perusahaan memang tidak bisa memberikan jumlah gaji seperti yang kamu inginkan, maka dengan nilai lebih yang kamu miliki manfaatkanlah hal tersebut untuk mendapatkan benefit lain di luar gaji pokok. Berikut ini ada 7 hal yang bisa kamu pertimbangkan diluar gaji pokok menurut PayScale:

  1. Cuti tambahan
  2. Pelatihan atau workshop gratis yang bisa meningkatkan kapabilitasmu dalam bekerja
  3. Kompensasi liburan seperti tunjangan travel
  4. Akses terhadap produk atau jasa perusahaan
  5. Tunjangan make up dan pakaian
  6. Tunjangan pulsa
  7. Tunjangan kesehatan

Jangan langsung terima penawaran

Jika dalam proses negosiasi akhirnya ada titik temu, sebaiknya tidak usah terburu-buru. Mintalah waktu kepada perusahaan agar kamu dapat berpikir dan mengambil keputusan yang tepat terlebih dahulu.

Tidak perlu takut karena jika perusahaan mau susah payah untuk bernegosiasi dengan kamu maka kemungkinan besar mereka tertarik dan ingin memperkerjakanmu. Justru, kalau terburu-buru memutuskan kamu berpotensi kehilangan peluang mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Kurang OK dengan gaji yang diberikan? Tetap tunjukkan ketertarikanmu

Ketika negosiasi telah berakhir dan perusahaan menawarkan angka yang jauh dibawah keinginanmu, jangan tunjukkan rasa kecewa. Justru sebaliknya, kamu harus tetap menunjukkan ketertarikan terhadap perusahaan.

Jangan seolah kamu tidak butuh pekerjaan yang ditawarkan, karena dengan tetap menunjukkan ketertarikan maka peluang untuk perusahaan kembali memikirkan permintaanmu dan sedikit menaikkan penawaran masih terbuka.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami