5 Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

Pekerja freelance yang butuh pinjaman kini bisa mengajukan dengan mudah. Berikut ini aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer yang direkomendasikan.

5 Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

Zaman sekarang, banyak orang yang memilih menjadi pekerja lepas alias freelance. Mereka bekerja untuk suatu proyek tertentu dengan jasa keahliannya.

Dengan jam kerja yang lebih fleksibel, para freelancer bisa bekerja sambil melakukan hal lainnya. Mulai dari bekerja di tempat lain, mengerjakan pekerjaan rumah, dan lain sebagainya.

Selain itu, freelancer juga tidak dipusingkan dengan kontrak kerja yang biasanya mengikat dengan peraturan-peraturan tertentu yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan.

Selama mereka dapat bekerja menyelesaikan proyek dengan profesional dan sesuai deadline, maka mereka akan mendapatkan bayaran yang sudah disepakati sebelumnya.

Sayangnya, penghasilan dari bekerja freelance terbilang tidak menentu. Hal ini yang kerap menjadi halangan ketika freelancer ingin mengajukan pinjaman ke suatu lembaga keuangan.

Pinjaman online bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu mendapatkan pinjaman. Sekarang ini sudah banyak penyedia pinjaman online berbasis aplikasi.

Dengan membuat akun di sebuah aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan plafon hingga belasan bahkan puluhan juta rupiah.

Syarat dan cara pengajuan di pinjaman online juga lebih mudah dibandingkan mengajukan pinjaman di bank atau lembaga keuangan lainnya.

Inilah yang membuat jasa pinjaman online diminati masyarakat Indonesia.

Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Tepat

Meskipun ada banyak pilihan, kamu harus pintar memilih aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer.

Jika asal, bukan tak mungkin jika kamu akan tertipu dengan sistem peminjaman yang memberatkan kamu sebagai debitur.

Untuk mengantisipasi kemungkinan itu, simak tips memilih aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer yang tepat berikut ini:

Terdaftar di OJK

Penyedia aplikasi pinjaman online yang memiliki reputasi bagus bisa dinilai dari terdaftar atau tidaknya di lembaga pengawas kegiatan jasa keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, pastikan aplikasi yang kamu pilih sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Memiliki kontak perusahaan yang jelas

Kedua, perusahaan yang membuat aplikasi pinjaman online juga harus memiliki kontak yang jelas. Mulai dari situs resmi, nomor layanan customer service, nomor telepon kantor, dan alamat kantor.

Dengan begitu, tidak hanya layanannya saja yang terjamin, tapi informasi seputar kontak perusahaan yang membuktikan bahwa perusahaan itu benar-benar ada dengan struktur yang jelas juga terbuka untuk publik ketahui.

Pastikan syarat mudah namun tetap wajar

Tidak ada salahnya memilih aplikasi pinjaman online dengan syarat paling mudah. Namun pastikan syarat itu masih wajar dan masuk akal.

Meskipun tak memerlukan jaminan, pinjaman online biasanya tetap meminta kelengkapan identitas diri dan dokumen lain yang harus dipenuhi sebagai syarat pengajuan pinjaman.

Ketahui besaran bunga dan biaya lainnya

Sebelum mengajukan pinjaman online, ketahui dulu bunga yang dipatok beserta biaya tambahan lain seperti biaya admin, denda keterlambatan, biaya pelunasan dini, dan lain sebagainya.

Baca dengan seksama hak dan kewajibanmu sebagai debitur, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Freelancer Lakukan Ini Agar Pengajuan Diterima

Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, freelancer memang tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya karena honor yang dibayar per proyek.

Maka dari itu, agar pengajuan pinjaman diterima, kamu harus menentukan perkiraan angka pendapatan rata-rata setiap bulan.

Penentuan angka pendapatan rata-rata ini penting, agar kamu juga bisa memperkirakan kemampuan membayar pinjaman selama masa cicilan berlangsung. Sehingga tidak ada kredit macet yang terjadi.

Sebab, riwayat kredit yang tidak bagus akan membuatmu lebih sulit untuk mengajukan pinjaman lagi (baik di penyedia pinjaman yang sama, maupun beda lembaga) di masa depan.

Kamu juga disarankan untuk memiliki tabungan dengan jumlah tertentu sebagai bentuk jaminan bahwa kamu ada calon debitur dengan profil finansial yang baik dan pastinya sanggup membayar pinjaman.

(Baca Juga: 9 Pilihan Kartu Kredit untuk Freelancer Berpenghasilan Tak Tetap)

Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

Berikut ini rekomendasi aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer, dan pastinya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

1. Kredivo

Kredivo - 5 Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

Aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer yang pertama adalah Kredivo yang memiliki produk kartu kredit online dan pinjaman tunai.

Setiap akun yang dibuat di aplikasi ini memiliki jumlah limit kredit tertentu yang bisa digunakan untuk dua layanan produk tersebut.

Penentuan jatah limit kredit di Kredivo sendiri bervariasi, tapi bisa menyentuh hingga angka Rp30 juta. Semua itu disesuaikan dengan profil finansial calon debitur.

Masa tenor atau jangka waktu pembayaran cicilan juga beragam. Yakni 30 hari, 3 bulan, bahkan ada pula yang 6 bulan. Sedangkan untuk bunga, Kredivo mematok sebesar 2,6 persen per bulan.

Aplikasi Kredivo bisa diunduh App Store dan Play Store.

Syarat Pengajuan Pinjaman Tunai Kredivo

  • Warga Negara Indonesia (WNI), usia 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, dan Cirebon.
  • Memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulan
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, seperti Kartu identitas (KTP), foto selfie, bukti tempat tinggal, bukti penghasilan, dan NPWP.

2. UangTeman

Uang Teman - 5 Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

UangTeman adalah pilihan aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer, yang bisa diunduh di smartphone berbasis Android.

Plafon pinjaman yang bisa didapat antara Rp1 juta hingga Rp3 juta, dengan masa tenor 30 hari.

Meskipun plafonnya tidak besar, namun produk pinjaman online ini bisa kamu miliki tanpa harus menjaminkan aset apapun. Jadi, mudah banget untuk para freelancer.

UangTeman memberlakukan sistem penurunan besaran bunga, jika kamu mengajukan pinjaman lebih dari sekali.

Bunga awal yang berlaku pada pengajuan pinjaman pertama adalah 0,8 persen per hari.

Setelah selesai membayar pinjaman pertama ini, kamu bisa mengajukan pinjaman kedua dengan bunga yang lebih ringan.

Syarat Pengajuan Pinjaman Uang Teman

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21 tahun sampai 40 tahun
  • Memiliki pendapatan per tahun minimal Rp50,4 juta, atau pendapatan per bulan minimal Rp4,2 juta
  • Memiliki status pekerjaan sebagai pegawai tetap selama 0 tahun, sebagai profesional, ataupun wiraswasta.
  • Calon debitur berdomisili di Jabodetabek, Surabaya dan Yogyakarta.

3. JULO

JULO - 5 Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

Aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer selanjutnya adalah JULO yang berada di bawah PT Julo Teknologi Finansial.

Ada dua produk pinjaman yang ditawarkan. Yakni JULO Cicil dengan plafon Rp1 juta sampai Rp8 juta, masa tenor hingga 6 bulan, dan bunga 3 persen sampai 6 persen per bulan.

Kemudian ada JULO Mini dengan plafon Rp500.000 sampai Rp1 juta, masa tenor 1 bulan, dan bunga 0,33 persen per hari.

JULO cocok dijadikan sebagai penyedia pinjaman saat kebutuhan mendesak. Sebab proses pencairan dana di JULO sangat cepat, hanya dalam 1 hari kerja saja.

Syarat Pengajuan Pinjaman JULO

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 21 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap bulanan
  • Memiliki rekening bank atas nama sendiri
  • Melengkapi dokumen, seperti KTP, Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan, dan foto selfie calon debitur dengan KTP.

(Baca Juga: 5 Pinjaman Online yang Cocok untuk Buka Warung Kecil)

4. Tunaiku

Tunaiku - 5 Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

Tunaiku adalah aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer dengan pencairan dana yang tak kalah cepat.

Di sini, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan plafon Rp2 juta sampai Rp20 juta dengan masa tenor 6 bulan sampai 20 bulan.

Proses daftar online hanya membutuhkan waktu 15 menit, konfirmasi persetujuan bisa didapat dalam 24 jam, dan proses pencairan dana maksimal 3 hari kerja. Cepat, kan?

Syarat Pengajuan Pinjaman Tunaiku

  • WNI berusia 21 tahun sampai 55 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap bulanan
  • Memiliki rekening tabungan bank atas nama pribadi
  • Memiliki KTP
  • Berdomisili di Kota Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Denpasar, atau Makassar.

5. Kredit Pintar

Kredit Pintar - 5 Aplikasi Pinjaman Online yang Cocok untuk Freelancer

Terakhir, aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer adalah Kredit Pintar. Pengguna smartphone berbasis Andoid bisa mengunduhnya lewat Play Store.

Kredit Pintar menawarkan produk pinjaman dengan masa tenor yang beragam. yakni pinjaman Rp500.000 dengan masa tenor 2 bulan, dan pinjaman senilai Rp2 juta dengan masa tenor 3 bulan.

Namun, ada juga produk pinjaman fleksibel dengan limit hingga Rp20 juta. Besaran bunga yang dipatok Kredit Pintar mulai dari 0,19 persen per hari.

Syarat Pengajuan Pinjaman Kredit Pintar

  • WNI berusia 18 tahun sampai 60 tahun
  • Memiliki KTP
  • Memiliki rekening bank atas nama sendiri
  • Berdomisili seluruh kota di Indonesia

Ajukan Pinjaman Online Lewat CekAja.com

Itu dia rekomendasi aplikasi pinjaman online yang cocok untuk freelancer.

Sebelum mengunduh aplikasi di atas, pastikan kamu membandingan produk pinjaman melalui sistem terbaik yang ada di CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding produk finansial terbaik, yang bisa memberikanmu rekomendasi pinjaman online yang pas sesuai dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Pinjaman online juga bisa diajukan lewat CekAja.com dengan beberapa langkah mudah ini:

  • Masuk ke situs www.cekaja.com
  • Pilih menu “Pinjaman Online”
  • Klik “Cek Aja di Sini”
  • Isi data diri dengan lengkap
  • Pilih penyedia pinjaman online yang kamu inginkan (misalnya Kredivo, Kredit Pintar, Uang Teman, dll)
  • Klik “Ajukan Sekarang”
  • Isi formulir pengajuan pinjaman
  • Tunggu halaman beralih ke aplikasi penyedia pinjaman online tersebut untuk menindaklanjuti proses pengajuan pinjamanmu.

Ini saatnya untuk kamu mendapatkan dana pinjaman tanpa proses yang ribet. Bandingkan berbagai produk pinjaman dan ajukan lewat CekAja.com!