Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020, Surganya Pengusaha Laundry

by Estrin Vanadianti Lestari on 4 Februari, 2020

Tidak hanya pameran pernikahan, kendaraan, hingga kesenian saja, yang sering digelar dan memiliki banyak peminat. Pasalnya, pameran terkait alat-alat laundry, ternyata juga bisa dijadikan sebagai acara yang bagus untuk kamu yang ingin membuka usaha laundry. Nah, Bandung Laundrex dan Cleanex Expo 2020 mungkin adalah salah satunya, di mana pameran tersebut akan digelar 28 Februari hingga 1 Maret 2020 mendatang.

bandung laundrex & cleanex expo 2020

Ada Apa Saja di Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020?

Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020, merupakan pameran B2B laundry dan cleaning. Pameran ini sendiri ternyata sudah digelar untuk yang kedua kalinya, di Bandung.

Jika pameran pernikahan berisi tentang vendor-vendor catering, make up artis, baju dan gaun pengantin, beda lagi dengan pameran Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020, yang tentunya berisi tentang berbagai macam produk industri laundry, serta alat-alat kebersihan lainnya yang pastinya dilengkapi dengan teknologi mutakhir.

Berbeda dengan alat-alat kebersihan yang sering digunakan di rumah, alat-alat kebersihan untuk industri laundry profesional, tentunya harus menggunakan teknologi khusus. Mulai dari mesin cuci, mesin pengering, setrika, gantungan pakaian, hanger, dan lain-lain.

Tertarik Hadir? Dimana Pameran Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020 Digelar?

Untuk kamu yang penasaran dengan acara Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020 ini, kamu bisa datang langsung ke alamat di bawah ini:

  • Lokasi: Sudirman Grand Ballroom, Jl. Jendral Sudirman No.620, Dungus cariang, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Hari dan Tanggal: Jumat, Sabtu, dan Minggu / 28 Februari – 1 Maret 2020
  • Haga Tiket Masuk: Gratis
  • Kontak: PT. INDORICH EXPO UTAMA // 021-4585 5844

Nah, sebelum kamu datang ke pameran Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020 nanti, sebaiknya kamu pahami dulu pengetahuan tentang alat-alat laundry. Meski belum ada niat membuka usaha laundry, tapi siapa yang tahu jika setelah datang ke pameran, kamu jadi ingin buka usaha laundry di rumah.

(Baca Juga: INFOGRAFIS: Cek Estimasi Modal hingga Omzet Bisnis Laundry)
Peralatan Wajib Usaha Laundry

Sebelumnya, alat-alat apa saja sih yang wajib dimiliki untuk membuka usaha laundry?

1. Mesin Cuci

Alat yang satu ini mungkin menjadi alat utama, yang wajib dimiliki. Bukan mesin cuci biasa, mesin cuci yang digunakan untuk laundry biasanya harus bisa menampung pakaian dalam jumlah banyak.

2. Mesin Pengering

Meski biasanya mesin cuci juga dilengkapi dengan teknologi pengering, akan tetapi mesin pengering seperti perlu disediakan secara terpisah. Hal tersebut dilakukan agar usaha laundry kamu bisa lebih efisien mencuci pakaian pelanggan, apalagi jika sedang banyak orderan dan cuaca hujan.

3. Timbangan Pakaian

Kamu sering menemukan usaha laundry dengan sistem kiloan? Mungkin timbangan pakaian ini akan berguna, jika kamu juga ingin menggunakan sistem tersebut. Tidak lupa juga untuk melengkapi timbangan dengan keranjang, agar mudah menimbangnya ya.

4. Gantungan Jemuran

Dalam usaha laundry, baju yang kamu cuci tentunya tidak sedikit. Sehingga kamu perlu gantungan jemuran, agar pakaian pelanggan bisa kering dengan cepat. Pasalnya, ada beberapa jenis pakaian yang memang wajib dijemur, meskipun sudah dikeringkan di mesin, seperti jeans, handuk, bed cover dan lain-lain.

5. Setrika dan Papan Setrika

Peralatan selanjutnya yang juga sangat penting adalah setrika dan papannya. Namun, untuk setrika ternyata memiliki dua jenis, yakni setrika listrik biasa dan sterika uap (steamer).

6. Gantungan Baju Kering

Tidak hanya gantungan jemuran, kamu juga wajib memerlukan gantungan baju kering. Hal ini dilakukan agar pakaian yang sedang dijemur, tidak menyatu dengan pakaian yang sudah kering. Gantungan baju kering juga sangat berguna untuk menggantung baju-baju yang sudah disetrika.

7. Gantungan Pakaian/Hanger

Gantungan atau hanger sangat berguna untuk mengeringkan pakaian dan memajang pakaian bersih atau yang sudah disetrika.

8. Deterjen dan Pewangi Pakaian 

Untuk usaha laundry, deterjen dan pewangi pakaian yang digunakan juga jenis yang khusus. Hal tersebut dilakukan, agar penggunaan dan harga deterjen di pasaran bisa disesuaikan. 

Tips Memilih Peralatan Laundry di Pameran

Bagi kamu yang memang berencana membuka usaha laundry, penting untuk mengetahui tips memilih alat-alat laundry yang tepat, yakni sebagai berikut:

Mesin Cuci
  • Cari mesin cuci yang harganya bisa disesuaikan dengan anggaran, namun tetap memiliki kualitas bagus.
  • Memiliki kapasitas daya tampung lebih besar.
  • Perhatikan daya listrik. Pasalnya, jika kamu memiliki daya listrik hanya sekitar 1.000 watt, maka gunakan mesin cuci dua tabung. Jika lebih dari 2.000 watt, pilih yang satu tabung.
  • Sesuaikan ukuran peralatan dengan tempat usaha, misalnya jangan pilih mesin cuci ukuran besar jika tempat usaha kecil.
  • Perhatikan garansi, minimal peralatan cuci tersebut (mesin cuci) memiliki garansi minimal 1 tahun, agar kamu bisa hemat biaya reparasi.
  • Sangat direkomendasikan memilih mesin cuci jenis front loading, karena mesin ini bisa bekerja secara otomatis, mulai proses pencucian hingga pengeringan. Berikut rekomendasi merek mesin cuci jenis front loading: Sharp ES-FL1082 (Rp3,6 jutaan), Modena ED-650 Caldo (Rp4,6 juta-an), LG F8008NMCW (Rp4,4 juta-an), Electrolux EWF85743 (Rp4,9 juta-an), Electrolux EWF10843 (Rp5,6 juta-an), Samsung WW85H5290EW (Rp5,6 juta-an), Samsung WW85K5410WW (Rp6,4 juta-an), Panasonic NA-128VK5 (Rp4,5 juta-an).
(Baca Juga: Peluang Usaha Musim Hujan, dari Kuliner Sampai Laundry)
Gantungan Jemuran, Setrika, Hanger
  • Pilih jemuran yang memiliki banyak penyangga gantungan, berbahan besi atau kayu agar kokoh.
  • Pilih papan setrika dengan ketinggian setara pinggang orang dewasa, agar tidak cepat pegal saat menyetrika.
  • Pilih gantungan baju atau hanger dari bahan kayu atau plastik tebal, agar tidak melukai pakaian.

Nah, jika sudah tahu apa saja yang harus dipahami, sebelum datang ke pameran Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020, selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah soal biaya membuka usaha laundry itu sendiri.

Seperti yang kita tahu, membuka usaha laundry tidaklah murah, namun keuntungannya bisa kamu rasakan dengan cepat. Jika tabungan mu untuk membeli semua peralatan laundry di pameran Bandung Laundrex & Cleanex Expo 2020 kurang, kamu tak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk modal usaha.

Dari pada pulang ke pameran dengan tangan kosong, karena gak punya modal usaha, mending ajukan KTA di CekAja.com dulu!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk