Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Banyak Untung Cari Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

by lhmdi on 22 March, 2016

pinjaman bank_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Pinjaman koperasi tanpa jaminan merupakan solusi lain bagi masyarakat yang membutuhkan dana segar namun tidak mampu memenuhi persyaratan melakukan peminjaman uang di bank.

Apalagi koperasi selama ini dikenal sangat dekat dengan masyarakat kelas menengah ke bawah yang membutuhkan pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Pinjaman koperasi ini dilakukan siapa saja, bahkan untuk pekerja swasta yang masih membutuhkan tambahan uang, baik untuk memulai usaha sampingan atau kebutuhan lainnya. Selain itu, pinjaman koperasi tanpa jaminan ini bahkan tidak memerlukan persyaratan seperti kartu kredit, dan prosesnya terbilang cepat.

Meskipun terkesan mudah dan bisa dilakukan siapa saja, namun pinjaman koperasi tanpa jaminan pun tidak bisa sembarangan untuk dilakukan. Terdapat beberapa syarat pinjam uang di koperasi yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Jika kamu ingin mencoba mencari pinjaman dana tunai melalui koperasi, berikut persyaratan yang harus dilakukan:

  1. Berstatus sebagai warga negara Indonesia.
  2. Membayar simpanan pokok dan wajib sesuai dengan ketentuan koperasi.
  3. Menyepakati anggaran dasar, anggaran rumah tangga serta ketentuan lainnya yang telah disetujui.
  4. Keanggotaan yang berbentuk perseorangan serta bukan badan hukum.

Jika ini sudah dipenuhi, maka kamu sudah bisa mulai untuk mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Hanya dengan mengisi formulir pinjaman, menyerahkan salinan berupa fotokopi kartu tandan penduduk, serta pasangan bagi yang sudah menikah, serta salinan berupa fotokopi kartu keluarga, rekening listrik, dan juga slip atau bukti gaji yang kamu dapatkan.

Berstatus sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi.

Mengisi formulir pinjaman.

Menyerahkan Foto Copy KTP suami istri jika sudah menikah.

Menyerahkan Foto Copy KK, Rekening listrik, Slip gaji dan juga Agunan.

Agar pinjaman koperasi tanpa jaminan yang kamu ajukan berjalan lancar, perlu juga disikapi beberapa hal sederhana yang bertujuan untuk meringankan prosesnya. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan dan persyaratannya dengan rapi, agar saat mengajukan, kamu segera mendapatkan pinjaman langsung dari koperasi ya! 

Keuntungan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Lalu, apa saja keuntungan mengajukan pinjaman koperasi ini? Bukahkah sama ketika mengajukan pinjaman di Pegadaian? Hal yang penting untuk kamu ketahui adalah pinjaman di koperasi dan Pegadaian merupakan dua hal yang berbeda. Secara pengertian, pinjaman tanpa jaminan non bank, adalah pinjaman uang tanpa jaminan online, di mana syaratnya mirip dengan syarat pinjam uang di koperasi.

Nah! Supaya lebih jelas faktanya, berikut keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika mengajukan pinjaman koperasi tanpa agunan atau jaminan:

  1. Cepatnya proses pencairan dana

Proses pencairan dana yang dilakukan koperasi terbilang cepat. Hanya membutuhkan waktu satu atau dua hari, jika persyaratan yang kamu bawa lengkap, maka pihak koperasi pun akan segera mencairkan dana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Tidak menggunakan jaminan

Koperasi rata-rata tidak membebani siapa saja debitur yang ingin mengajukan pinjaman dengan nilai bunga. Inilah yang menjadikan kenapa koperasi selalu bisa diandalkan bagi masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman namun tanpa jaminan.

  1. Dana yang dapat disesuaikan

Pinjaman uang di koperasi, juga tidak memberikan dana yang terlalu besar, sehingga pembayaran kembali pinjaman pun meringankan bagi debitur atau anggota koperasi. Apalagi, koperasi dikenal memberikan pinjaman kepada masyarakat menengah dan bawah yang memang hanya digunakan untuk kebutuhan usaha mereka. Tapi, ada pula pinjaman koperasi tanpa jaminan, yang lebih menarik dibandingkan pinjaman pribadi dengan koperasi.

  1. Proses dan syarat mudah

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, proses serta persyaratan untuk meminjam uang di koperasi terbilang mudah. Bahkan hanya dengan melampirkan slip gaji, fotokopi kartu tanda penduduk serta kartu keluarga, maka proses pun akan segera bisa dimulai.

Cara ini tentunya akan memberi keuntungan bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman tanpa ribet dan cepat.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami