Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Berapa Pinjaman Anda? Gunakan Kalkulator Simulasi Kredit Bank

by JTO on 29 Oktober, 2014

Kalkulator simulasi kredit bank - CekAja.com

Pertimbangan saat ajukan pinjaman bank salah satunya adalah jumlah cicilan dan tenor yang akan dilakukan. Kami berikan kalkulator simulasi kredit untuk menghitung.

Banyak pertimbangan yang dimiliki seseorang saat mengajukan aplikasi ke bank, baik untuk pinjaman dana tunai,  kredit mobil bekas atau mobil baru, kredit rumah, dan lainnya. Padahal, untuk hitung jumlah cicilan dan tenor pinjaman bisa dilakukan dengan mudah memakai kalkulator simulasi kredit.

Prinsipnya, memang harus mencari pinjaman dengan jumlah cicilan yang sesuai dengan kemampuan pendapatan. Jumlah cicilan itu pun dipengaruhi oleh tenor yang akan diambil.

Sebab, saat mengajukan pinjaman dengan tenor yang lebih pendek waktunya, misal 1 tahun, cicilannya akan lebih besar dibanding mengambil pinjaman dengan tenor yang lebih lama, seperti 3 tahun. Secara sederhana, nilai baginya pun berbeda.

Puluhan penyedia pinjaman cicilan ringan bisa dipilih di sini.

Saat mengajukan pinjaman, juga tidak bisa seenaknya menginginkan jumlah besar. Ketika seorang debitur mengajukan pinjaman, bank akan menilai kemampuan kredit yang dimiliki seseorang dari berbagai sisi. Salah satunya adalah perbandingan antara jumlah pendapatan dan jumlah kredit yang sebelumnya dimiliki.

(Baca: Berapa Gaji Anda? Ini Rasio Kredit yang Bisa Diajukan!)

Saat ini, CekAja telah memiliki kalkulator yang dapat menghitung jumlah pinjaman dan estimasi cicilan yang dapat dilakukan. Untuk lebih jelas, mari kita lakukan simulasi kredit dengan menggunakan kalkulator tersebut. Namun, ada beberapa catatan yang wajib diketahui sebelum melangkah ke simulasi;

  1. Kredit tanpa agunan payroll, rata-rata bunga yang ditawarkan sekitar 0,99% – 1% per bulan atau 10% – 12% per tahun
  2. Kredit tanpa agunan non-payroll atau reguler, rata-rata bunga yang ditawarkan sekitar 1,47% – 1,8% per bulan
  3. Mengacu Suku Bunga Dasar Kredit dari Bank Indonesia per Juli 2014, rata-rata bunga kredit konsumtif non-KPR (kredit pemilikan rumah) ada pada angka 12% – 14%.

Beda tenor atau jangka waktu pinjaman yang akan diambil, maka akan berbeda pula bunga yang akan diterapkan. Ingat! Semakin panjang tenor yang akan diambil, maka akan semakin besar bunga yang akan diterapkan pada pinjaman.

BANYAK ALASAN TEMAN MAU UTANG & MINTA BAYARI MAKAN, SIMAK VIDEO INI!

 

Misal, dengan maksimum pinjaman Rp 150 juta, sebuah pinjaman memiliki suku bunga tetap (flat) sebesar 1,49 untuk tenor 1-2 tahun, dan bunga 1,59% untuk tenor pinjaman 3 tahun. (Lihat puluhan produk pinjaman bank)

Karena itulah, sebelum menggunakan kalkulator pinjaman, Anda harus tahu dan menentukan 3 hal terlebih dahulu, yaitu: Nominal Pinjaman, Jangka Waktu, dan Bunga Pinjaman.

Kalkulator ini menggunakan sistem bunga flat, atau bunga tetap selama masa pinjaman. Dengan acuan tersebut, berikut simulasi yang bisa dilakukan dengan menggunakan kalkulator yang dimiliki CekAja. 

Mau Hitung KTA?
Nominal Pinjaman Rp.
Jangka Waktu
Bunga Pinjaman (FLAT) %
Estimasi Cicilan Perbulan Rp.
Estimasi Total Pinjaman Rp.

Kalkulator simulasi kredit #1 

Misal:

  • Nominal Pinjaman Rp 100 juta
  • Jangka Waktu 2 Tahun
  • Bunga 1,49%

Maka, dengan menggunakan kalkulator kredit tersebut, estimasi cicilan yang harus dilakukan adalah Rp 5.656.667,- per bulan, dengan total pinjaman yang harus dibayarkan adalah Rp 135.760.008,-.

 

Kalkulator simulasi kredit #2  

Berbeda jika:

  • Nominal Pinjaman Rp 100 juta
  • Jangka Waktu 2 Tahun
  • Bunga 1,59%

Memakai bunga 1,59% per bulan karena tenornya lebih lama yaitu 3 tahun, maka estimasi cicilan yang harus dilakukan adalah Rp 4.367.778 per bulan, dengan total pinjaman yang harus dibayarkan adalah Rp 157.240.008.

Ingat! Dalam pinjaman tersebut selalu ada biaya provisi, administrasi, dan asuransi sebesar 3% – 3,5% dari total pinjaman. Kebijakan setiap bank berbeda untuk biaya ini.

Langsung ajukan pinjaman tanpa jaminan di sini.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami