Intip Bahaya Tarik Tunai Kartu Kredit, Ada Biaya Adminnya!

4 min membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Kamu punya kartu kredit, tapi sering digunakan untuk tarik tunai? Bisa sih, tapi ketahui dulu deh, bahaya tarik tunai kartu kredit, yang bisa bikin kredit skor kamu jadi buruk!

Biasa digunakan untuk transaksi non tunai, kartu kredit, memang bisa memudahkan segala transaksi dengan mudah dan praktis.

Terlebih, limit yang diberikan juga beragam, sehingga bisa kamu gunakan, untuk keperluan yang penting dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tapi, ada sebagian orang yang ternyata lebih suka menggunakan kartu kredit, dengan cara tarik tunai. Apa kamu termasuk tipe orang demikian?

Jika ia, sebaiknya ketahui bahaya tarik tunai kartu kredit berikut ini deh! Tapi, sebelumnya yuk simak dulu pengertian tarik tunai kartu kredit berikut!

Apa Itu Tarik Tunai Kartu Kredit?

Buat kamu yang belum tahu, tarik tunai merupakan sebuah fitur kartu kredit, yang memungkinkan kamu bisa mengambil uang tunai dari mesin ATM.

(Baca Juga: Perbedaan Kartu Debit dan Kredit Secara Fisik)

Bukan uang milikmu, tapi uang yang ditarik dari kartu kredit tersebut berasal dari pinjaman bank. Sehingga, jumlah uang yang kamu tarik, akan ditambahkan ke dalam tagihan kartu kreditmu.

Sama seperti ketika tarik tunai kartu debit, prosedur tarik tunai kartu kredit memang mudah. Tapi perlu ditekankan kembali, bahwa tarik tunai kartu kredit, bukanlah berasal dari tabungan pribadi, tapi pinjaman dari bank.

Sehingga, kamu akan dikenakan biaya atau terdapat “harga” yang perlu dibayar, untuk menikmati fitur tarik tunai ini.

Selain dari ATM, tarik tunai kartu kredit juga bisa dilakukan melalui mesin EDC, yang biasa tersedia di merchant.

Bukan tidak boleh, namun sebaiknya fitur tarik tunai kartu kredit ini, dilakukan ketika kamu sedang membutuhkan uang tunai, dalam keadaan darurat saja.

Nah, dengan adanya himbauan, berarti kegiatan tersebut pasti memiliki alasan, agar para nasabah tidak melakukannya.

Jadi, jika kamu penasaran apa bahaya tarik tunai kartu kredit, lebih baik pahami beberapa hal ini, dan kamu bisa mengerti mengapa hal tersebut lebih baik dihindari.

Bahaya Tarik Tunai Kartu Kredit

1. Biaya Administrasi Besar

Bahaya tarik tunai kartu kredit yang pertama adalah adanya biaya administrasi yang besar. Meski secara umum, kebijakan tersebut tidak dijelaskan, namun nyatanya setiap bank penerbit menetapkan biaya khusus untuk tarik tunai kartu kredit.

Berapa biaya administrasi tarik tunai kartu kredit? Adapun biaya administrasi tersebut rata-rata adalah 4 persen, dari uang yang ditarik, atau bahkan bisa mencapai Rp50 ribu, tergantung mana yang lebih besar.

Bisa dibayangkan bukan, jika dalam sehari kamu melakukan tarik tunai terus-menerus. Biaya administrasinya lumayan besar.

2. Kredit Macet

Bahaya tarik tunai kartu kredit yang selanjutnya adalah bisa menyebabkan kredit macet. Kok bisa?

Meski memudahkan, tapi perlu kamu tahu bahwa jika transaksi ini dilakukan terlalu sering , ternyata bisa mengganggu status kredit kamu loh, bahkan bisa jadi macet.

Nah, bisa dibayangkan, jika kamu menggesek tunai kartu kredit tanpa batas atau limit, sementara di balik itu, kamu tidak memiliki dana untuk segera membayarnya secara utuh.

Tidak hanya itu, lebih buruknya lagi, jika tagihan dari gesek tunai kartu kredit tersebut, kamu hanya membayar minimal.

Sehingga, dana yang telah kamu manfaatkan di awal, akan terus berbunga dan akhirnya nasabah, dililit hutang tanpa akhir. Mengerikan bukan, jika kamu tak paham, dan main tarik tunai.

3. Penyalahgunaan Data

Karena bukan dana dari tabunganmu, bahaya tarik tunai kartu kredit, juga bisa ancam data pribadi kamu loh.

Pasalnya, Bank Indonesia menghimbau kepada para pemilik kartu kredit, untuk menghindari tarik tunai kartu kredit.

Terlebih, jika melakukan transaksi melalui mesin EDC. Karena, transaksi tarik tunai kartu kredit melalui mesin EDC sesungguhnya, bisa dibilang rawan disalahgunakan oleh merchant.

Apalagi, jika merchant yang kamu kunjungi kurang bonafide. Mengerikan bukan?

Adapun perlu kamu tahu juga, bahwa penyalahgunaan data (phishing) ini, bisa berpotensi menimbulkan kerugian konsumen loh.

Bagaimana mereka bisa melakukan hal tersebut? Nah, biaanya oknum yang melakukan phishing akan incar data pengguna, seperti 4 digit nomor di belakang kartu kredit atau nomor PIN-nya.

Nah, selanjutnya ketika mereka mengetahui data kartu kredit kamu, hal tersebut digunakan oleh pelaku, untuk bertransaksi atas nama kamu. Lebih mengerikan bukan?

4. Risiko Pencucian Uang

Bahaya tarik tunai kartu kredit yang terakhir adalah sangat berisiko terjadinya pencucian uang.

Sama seperti risiko phishing, hal ini juga bisa saja terjadi ketika kamu menggesek kartu kredit dan tarik tunai di mesin EDC.

Karena data yang ada pada kartu kredit tersebut, bisa dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab, untuk menyalurkan dana hasil tindak kriminal seseorang kepada kamu.

Contohnya, ketika uang hasil penggelapan dilarikan ke rekening lain, maka kamu sulit untuk melacak pelaku, karena hal tersebut dilakukan agar pelaku tidak terlacak.

Nah, jika hal tersebut terjadi pada kamu, tidak ada yang bisa menanggung kerugiannya selain daripada kamu sendiri.

Tidak hanya, bahkan kasus ini bisa sampai harus berurusan dengan pihak berwajib, karena tuduhan yang tidak-tidak terhadap kamu, padahal di sini kamu korban.

(Baca Juga: Lebih Baik Kartu Debit atau Kartu Kredit untuk Belanja?)

Nah, bagaimana? Sudah paham bukan dengan adanya bahaya tarik tunai kartu kredit. Jadi bukannya tidak boleh, namun hal tersebut menyimpan banyak risiko, terlebih jika kamu tidak berhati-hati.

Jadi, gunakanlah kartu kredit sesuai dengan kebutuhannya dan manfaatkan sebaik mungkin.

Adapun, jika perlu pilih jenis kartu kredit, yang memang sesuai dengan kebutuhan, dan kemampuan finansial kamu.

Mau memilih produk kartu kredit dengan mudah, dari banyak bank? Gampang! Ajukan saja melalui CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa pilih, cek, bandingkan sekaligus ajukan kartu kredit pilihanmu, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, kamu bisa dengan mudah menemukan kartu kredit yang tepat buat kamu, tanpa harus kunjungi website resmi bank satu per satu.

Yuk, nikmati kemudahan mengajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!