Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Berencana Punya Mobil Kedua? Pertimbangkan Dulu Hal Ini  

by Ariesta on 7 Maret, 2017

beli mobil - CekAja.com

Bagi banyak orang, punya mobil tidak hanya sekedar kebutuhan, tapi juga penegasan status sosial. Maklum saja, harga mobil mencapai puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Ketika punya satu mobil merupakan kebutuhan, bagaimana dengan dua mobil? Apapun alasannya, sebelum menambah satu mobil lagi, tanyakan dulu beberapa hal ini pada dirimu.

Kenapa kamu butuh mobil kedua?

Fungsi utama mobil adalah alat transportasi. Jadi, jika dua mobil memang memudahkan perpindahan Anda; misalnya yang satu dipakai ke kantor karena ongkos transportasi umum lebih mahal, dan satu lagi dipakai untuk antar jemput anak. Meski alasan semacam ini logis, namun kamu tetap harus mempertimbangkan hal-hal lain terutama konsumsi bahan bakar, asuransi kendaraan, dan biaya perawatan.

Apakah kamu butuh mobil kedua karena alasan gengsi?

Rumput tetangga memang selalu nampak lebih hijau. Tapi tidak perlu iri ketika tetangga sudah menambah mobil kedua bahkan ketiga. Karena mungkin saja mereka membelinya dengan cara mencicil. Belum lagi besarnya pajak yang harus dibayarkan. Yang jelas, jangan membeli mobil hanya karena ikut-ikutan.

Apa saja pro dan kontra memiliki mobil kedua?

Ketika kamu sudah memutuskan kalau beli mobil kedua memang penting, coba buat daftar pro dan kontra jika memiliki dua mobil.

Pro

Kenyamanan: Mungkin salah satu keuntungan dari memiliki dua mobil adalah kenyamanan. Kamu bisa menggunakan mobil tanpa perlu mempertimbangkan kebutuhan anggota keluarga lain yang juga butuh menggunakan mobil.

Status: Meskipun sulit diakui, memiliki dua mobil di garasi jelas menunjukkan kemampuan finansialmu. Orang-orang akan menilaimu sebagai golongan menengah ke atas.

Kontra

Pengeluaran membengkak: Dengan memiliki dua mobil, pengeluaran akan bertambah. Namun sebelum membicarakan pengeluaran, kamu juga harus menghitung berapa yang dibutuhkan untuk membeli mobil. Apakah kamu sudah punya cukup uang tunai? Ataukah harus kredit? Membeli mobil kedua sebaiknya dilakukan secara tunai. Karena ketika mengajukan kredit kendaraan, tandanya kamu memang belum mampu.

Perawatan: Punya dua mobil berarti perawatan yang dilakukan harus dobel. Ada dua mobil yang harus dibawa ke bengkel secara rutin, ada dua mobil yang harus dicuci, ada dua mobil yang akan membuat pusing jika tiba-tiba rusak.

Tips untuk membeli mobil kedua

Membeli yang fungsinya beda

Jika kamu sudah punya mobil SUV di garasi, coba lirik city car sebagai pilihan kedua. Begitu pula sebaliknya, sebaiknya beli SUV jika sudah punya city car.

Beli mobil bekas berkualitas

Kalau membeli mobil kedua merupakan kebutuhan, tidak perlu membeli mobil baru. Membeli mobil bekas tapi kondisinya masih bagus dapat menekan pengeluaran.

Pada akhirnya, kamu yang menentukan butuh mobil baru atau tidak. Jangan lupa hitung secara teliti karena pengeluaran tidak terduga yang berkaitan dengan mobil bisa membuat finansialmu tidak sehat.

Tentang Penulis