Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Biaya Ganti Plat Motor dan Syaratnya, Agar Terhindar Razia Polisi

by Gesti Weningtyas on 10 Maret, 2020

Biaya ganti plat motor bisa berbeda pada setiap daerah. Jangan lupa mengganti plat motor tiap lima tahun sekali dan ketahui apa saja syarat dan biaya untuk mengganti plat motor. Hal ini merupakan bagian dari keamanan dalam berkendara. Jangan sampai kamu menunggak pajak pembayaran motor terlalu lama karena penunggak pajak motor akan mendapatkan sanksi.

Biaya Ganti Plat Motor dan Syaratnya, Agar Terhindar Razia Polisi

Untuk itu, sebelum mengetahui biaya ganti plat motor, lebih baik ketahui juga apa yang menjadi syarat dan prosedur dari ganti plat motor. Perlu kamu ketahui setiap lima tahun sekali memang kita wajib mengganti plat nomor kendaraan. Namun yang diganti bukan nomor dari plat motormu, akan tetapi papan yang digunakan untuk menulis nomor plat kendaraan itu karena sudah habis masa berlakunya.

Syarat Ganti Plat Motor

Pertama adalah menyiapkan STNK asli dan fotokopi. Kedua, siapkan juga KTP asli dan fotokopi, pastikan nama KTP dan nama pada STNK sama. Setelah itu, siapkan BPKB asli dan fotokopi, serta motor yang akan kamu ganti platnya. Catatan penting bagi kamu yang ingin mengganti plat STNK motor, jika kamu mengurus pergantian plat motor dikuasakan oleh orang lain maka kamu juga perlu mempersiapkan surat kuasa untuk melengkapi persyaratan dokumen.

Perhatikan berbagai syarat dan dokumen yang harus dibawa apakah apabila kamu ingin melakukan ganti plat motor. Terutama dengan membawa BPKB asli. Jika BPKB asli tidak ada karena masih berada di leasing kamu bisa membawa surat keterangan dari leasing. Surat keterangan tersebut nantinya menerangkan bahwa BPKB asli masih berada di pihak leasing. Untuk memastikannya kamu bisa bertanya pada petugas Samsat di daerah masing-masing karena biasanya ada peraturan yang berbeda pada daerah tertentu. Membawa BPKB asli ini adalah hal yang sangat penting karena jika kamu tidak dapat menunjukkan BPKB asli, motormu bisa dicurigai sebagai motor dari barang curian. Tentu kamu tak ingin hal ini terjadi bukan?

Jika kamu sudah mengumpulkan dokumen dan berbagai persyaratan yang harus dikumpulkan untuk ganti plat motor, maka langkah selanjutnya adalah mendatangi Samsat terdekat di wilayahmu berada.  Setelah datang ke Samsat terdekat kamu bisa melakukan apa yang diarahkan oleh petugas terkait ganti plat motor 5 tahunan ini.

Prosedur Ganti Plat Motor

Apabila kamu telah mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan dan sudah lengkap maka hal selanjutnya adalah mengikuti prosedur ganti plat motor. Berikut ini merupakan prosedur ganti plat motor yang perlu kamu ikuti  termasuk menyiapkan biaya ganti plat motor.

Pendaftaran

Hal pertama saat kamu akan melakukan ganti plat motor adalah pendaftaran. Kunjungi loket pendaftaran di samsat sesuai domisili kamu tinggal, lalu setelah itu langkah yang perlu kamu lakukan adalah melakukan cek pemeriksaan fisik ini kendaraan. Jangan lupa pastikan semua dokumen dan berkas yang diperlukan untuk melakukan ganti plat nomor motor mu sudah lengkap dan kamu bisa menyerahkannya di loket pendaftaran lalu ikuti arahan petugas selanjutnya.

Biasanya kamu akan diberi kertas gesek untuk mengecek nomor rangka mesin kendaraan mu. Setelah itu kamu bisa mengikuti prosedur berikutnya yaitu gesek nomor rangka mesin bersama petugas. Pastikan kamu tidak memberikan uang saat proses pemeriksaan fisik ini berlangsung karena proses ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Legalisir dan Isi Formulir

Serahkan bukti pemeriksaan fisik ke loket bagian legalisir.  Setelah itu, isi formulir yang tersedia terkait data motor dan pemilik motor. Sebaiknya isi formulir dengan jujur dan sesuai pada kondisinya. Hal ini akan memudahkan petugas dalam melakukan pencocokan data.

Jika sudah lengkap mengisi formulir, kamu bisa mengikuti proses berikutnya. Kamu juga tak perlu mengeluarkan uang di proses legalisir dan pengisian formulir ini, karena biayanya gratis.

Lakukan Pembayaran

Prosedur terakhir adalah melakukan pembayaran ganti plat motor. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan tanda bukti dan selanjutnya bisa digunakan untuk mengambil plat motor baru. Dalam proses ini kamu perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membayar biaya ganti plat motor.

Jangan khawatir, biaya ganti plat motor sebenarnya sangat terjangkau. Beberapa komponen biaya lainnya juga cukup terjangkau. Bisa dibilang, pembayaran ganti plat nomor yang kita urus sendiri akan lebih hemat ketimbang menggunakan jasa calo. Namun, tentu saja kita perlu menyediakan waktu untuk hal ini agar ganti plat nomor lebih efektif.

Biaya Ganti Plat Motor

Adapun biaya ganti plat motor pekerjaannya adalah sebagai berikut ini:

  1.       Biaya STNK baru Rp 100 ribu
  2.       Biaya Perpanjangan STNK Rp 100 ribu
  3.       Biaya Ganti plat Rp 60 ribu

Jika dijumlahkan, kira-kira biaya ganti plat nomor motor yang perlu kamu persiapkan adalah Rp 160 ribu. Namun ingat, biaya ini belum termasuk iuran SWDKLLJ atau asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja.

Sedangkan untuk biaya ganti plat mobil rinciannya sebagai berikut ini:

  1.       Biaya ganti plat mobil 100 ribu
  2.       Biaya STNK mobil baru 200 ribu

Jadi, total uang yang perlu kamu persiapkan untuk ganti plat mobil adalah sekitar Rp 300 ribu namun belum termasuk asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja. Jenis asuransi dari pemerintah ini wajib dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia yang mempunyai kendaraan bermotor.

Perlu kamu ketahui biaya ganti plat motor diatas merupakan perkiraan. Kemungkinan biaya ganti plat motor di berbagai daerah akan berbeda. Biaya ganti plat motor tersebut juga belum termasuk pembayaran SWDKLLJ maupun denda yang mungkin saja bisa dikenakan karena kamu terlambat membayarkan pajak kendaraan bermotor.

Sehingga, pastikan jika kamu ingin melakukan ganti plat motor dan pembayaran pajak motor maupun mengganti STNK yang baru. Maka kamu perlu mencatat tanggal masa akhir berlakunya STNK terkait agar tidak terkena denda. Pasalnya, denda yang dikenakan tersebut tentunya bisa menghemat anggaran maupun dibayarkan untuk asuransi kecelakaan.

Ganti Plat Motor dari Luar Kota

Apabila kamu sedang merantau, kamu tetap bisa melakukan proses ganti plat nomor di luar kota. Caranya adalah dengan pemeriksaan fisik motor bantuan. Kamu hanya perlu mendatangi kantor Samsat terdekat tempat kamu bekerja dengan membawa sejumlah dokumen dan syarat yang ditentukan lalu melakukan cek fisik kendaraan di sana.

Bawa STNK asli, 1 fotocopy STNK,  1 fotocopy KTP dan KTP asli sesuai nama di STNK, kemudian ke kantor samsat, dan langsung antri bersama motormu di tempat cek fisik. Setelah itu kamu bisa membawa berkas cek fisik ke loket.

Selanjutnya kamu bisa menunggu panggilan dari petugas untuk mengambil kembali berkas dan cek fisik yang telah dilakukan. Jika kamu sudah mendapatkan berkas tersebut kamu bisa mengirimkan berkas ke kampung halamanmu untuk melakukan pembayaran dan mendapatkan plat motor.

Minta Tolong Keluarga atau Kerabat

Kamu bisa minta tolong kepada keluarga atau kerabat yang ada di kampung halaman untuk pergi ke Samsat dan memberikan berkas cek fisik yang telah dilakukan. Selanjutnya kamu tinggal menunggu plat motor baru dikirimkan dari kampung halaman. Proses cek fisik bantuan untuk ganti plat motor luar kota ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja kamu akan memiliki tambahan beban biaya karena harus mengirimkan ke luar kota. Sedangkan pembayaran pajak STNK maupun pembayaran ganti plat nomor dilakukan di samsat kampung halamanmu.

Kamu tetap bisa beraktivitas dengan sepeda motor karena plat motor lama tidak perlu dikirimkan hanya berkas berkas pemeriksaan fisik bantuan saja yang telah dilakukan itu yang dikirim. Dengan demikian kamu bisa menguruskan tipe plat motor meski sedang berada di luar wilayah domisili.

Dengan mengetahui apa saja syarat yang kita perlu dipersiapkan untuk mengurus proses ganti plat nomor. Maka kamu yang perlu menyiapkan uang tunai untuk melakukan pembayaran dan pajak 5 tahunan atau SWDLKK.

Lindungi Mobilmu Dengan Asuransi 

Meskipun kamu telah terlindungi proteksinya dengan Asuransi dari Jasa Raharja. Tidak ada salahnya jika kamu menambah proteksi lagi dengan Asuransi Jiwa dari perusahaan swasta bisa kamu ambil untuk mengcover beberapa biaya yang tidak ditanggung oleh Jasa Raharja. Jenis asuransi yang bisa kamu pilih adalah asuransi kecelakaan asuransi jiwa atau asuransi yang juga dapat melindungi kendaraanmu terhadap kerugian finansial yang mungkin bisa kamu derita karena kecelakaan maupun kelalaian.

Dengan memiliki asuransi tentunya kamu jadi lebih nyaman dan tenang saat berkendara. Sebab asuransi mobil misalnya memberikan perlindungan kepada setiap pengendara mobil apabila mobil mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Perusahaan asuransi dapat menanggung dengan menyertakan dokumen yang diperlukan dan tentu saja beberapa kondisi yang diperbolehkan dan berada di luar pengecualian asuransi mobil yang kamu miliki. Kamu juga bisa mendaftarkan diri ke asuransi kecelakaan yang akan mengcover biaya apabila kamu memang membutuhkan perawatan seperti rawat inap maupun rawat jalan.

Sebagai warga yang taat dengan peraturan akan lebih baik jika kamu melakukan pembayaran pajak STNK maupun ganti plat nomor dengan tertib. sebab apabila kamu tidak membayarkan pajak lebih dari 5 tahun, maka besar kemungkinan kendaraan yang kamu gunakan sekarang itu tidak dapat beroperasi lagi karena dilarang oleh dinas terkait. Jadi pastikan kendaraanmu sudah memiliki plat nomor sesuai masa berlakunya.

(Baca Juga: Kebanjiran? Berikut Asuransi Kendaraan Bermotor yang Siap Mengcover)

Apabila kamu ingin mengetahui besaran biaya pajak kendaraan bermotor yang perlu kamu bayarkan maka kamu bisa mengunjungi laman resmi Samsat masing-masing daerah. Biasanya setiap orang bisa melihat jumlah pajak yang harus dibayarkan, sehingga kamu pun bisa bersiap dengan financial tersebut dan mempersiapkan uang untuk membayar pajak maupun untuk ganti plat motor baru.

Terkait kebijakan ganjil genap di kota besar ada banyak juga permintaan untuk penggantian plat ganjil genap. apabila kamu ingin melakukan hal tersebut maka sebaiknya hubungi petugas Samsat dan tanyakan apa saja prosedur yang perlu dilakukan berikut syarat dan kelengkapannya. kamu juga bisa melakukan balik nama di samsat tanpa tambahan biaya. Apabila kamu membeli motor atau mobil bekas maka kamu bisa melakukan panggilan nama ini untuk mempermudah pembayaran pajak motor dan mobil.

Daripada membayar jasa calo, kamu bisa melakukan sendiri atau mengurus ganti plat nomor dengan mudah setelah mengetahui prosedur dan Apa saja syarat yang harus dilengkapi. Jika kamu ingin mengajukan asuransi, ajukan segera di cekaja.com.

 
Pinjaman Untuk Biaya Ganti Plat Nomor

Biaya ganti plat nomor tidaklah mudah, Kamu tidak selalu memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya ganti plat nomor. Terkadang keluarga dan teman tidak selalu bisa diandalkan, sesuatu yang patut kamu maklumi karena mereka memiliki kebutuhannya sendiri.

Maka salah satu solusi terbaik adalah mengajukan pinjaman. Mencari pinjaman yang tepat dan terpercaya juga menjadi salah satu tantangan tersendiri. Salah satu pinjaman yang terpercaya dan aman adalah CAIRIN, disini kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 3.000.000. Proses pengajuannya juga cepat, uang Kamu akan cair dalam waktu 3 hingga 4 hari. Sangat membantu untuk membayar biaya ganti plat nomor, atau untuk kebutuhan lainnya.

Tentang Penulis