Top 7 Sekolah Pilot Terbaik 2023: Biaya, Lisensi, Tantangan

Bercita-cita menjadi seorang pilot adalah impian yang menggelora di hati banyak anak kecil. Mereka terpikat oleh kemegahan dan keindahan pesawat terbang yang melintas di langit biru, serta kesempatan untuk menjelajahi dunia dari ketinggian. Selain itu, daya tarik gaji yang tinggi juga menjadi daya pikat tersendiri. Namun, dibalik gemerlap tersebut, perjalanan menuju impian menjadi pilot bukanlah hal yang sederhana.

biaya sekolah pilot

Pertama-tama, pendidikan yang ditempuh seorang calon pilot sangatlah komprehensif dan serius. Mereka harus menjalani pendidikan tinggi di sekolah pilot yang memiliki kurikulum ketat dan lengkap. Hanya melalui pendidikan tersebut, calon pilot dapat memperoleh lisensi yang diakui dan diperlukan untuk mengemudikan pesawat.

Pentingnya Lisensi Pilot

Lisensi pilot adalah kunci yang akan membuka pintu menuju kemampuan mengemudikan pesawat dengan aman dan bertanggung jawab. Terdapat beberapa jenis lisensi yang harus dipahami oleh calon pilot.

1. Private Pilot License (PPL)

Lisensi ini memberikan izin kepada pemegangnya untuk mengoperasikan pesawat dengan mesin tunggal. Meskipun lebih fokus pada penerbangan non komersial dan pribadi, PPL memberikan landasan bagi setiap calon pilot untuk memahami dasar-dasar mengemudikan pesawat.

2. Commercial Pilot License (CPL)

Lisensi ini membuka pintu menuju penerbangan komersial, di mana seorang pilot dapat mengangkut penumpang atau kargo. Namun, untuk menjadi seorang pilot komersial yang berkualitas, kualifikasi Instrument Rating (IR) juga diperlukan.

3. Instrument Rating (IR)

Lisensi ini merupakan pelengkap dari CPL. Dengan IR, seorang pilot memiliki kemampuan untuk mengemudikan pesawat dengan keahlian lebih dalam berbagai kondisi cuaca dan lingkungan, termasuk saat cuaca buruk atau berkabut.

4. Multi Engine (ME)

Lisensi ini memungkinkan pilot mengendalikan pesawat dengan mesin ganda. Hal ini penting dalam situasi darurat atau ketika mengoperasikan pesawat yang lebih besar.

Top 7 Sekolah Pilot dan Biayanya

Indonesia memiliki beberapa sekolah pilot yang terkenal dan dapat diandalkan bagi calon pilot.

1. Aero Flyer Institute Tangerang

Sekolah ini memiliki fasilitas di Tangerang dan Cirebon. Kegiatan pelatihan darat dilakukan di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang. Sementara pelatihan penerbangan di Bandara Budiarto Curug-Tangerang dan Bandara Cakrabhuwana, Cirebon-Jawa Barat. Fasilitas modern yang dapat digunakan meliputi Cessna 172P, Cessna 172S, Piper Seneca II, Red Bird FMX, dan Frasca 142. Berikut biaya pendidikan untuk program-programnya:

  • PPL: Rp 290 juta
  • CPL+IR: Rp 548 juta
  • PPL+CPL+IR: Rp 752 juta
  • PPL+CPL+ME+IR: Rp 882 juta
  • Endorsement: Rp 84 juta
  • Biaya pendaftaran: Rp 12,5 juta (non refundable)

2. Bandung Pilot Academy

Sekolah ini berbasis di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Biaya pendidikan mencapai Rp 800 juta yang termasuk PPL, CPL, MER, dan CPL (IR).

3. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

PPI Curug sebelumnya dikenal sebagai STPI Curug. Terletak di Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Biaya pendidikan di sini lebih terjangkau karena statusnya sebagai perguruan tinggi kedinasan dan bersubsidi.

4. Deraya Flying School

Terdapat empat lokasi training di Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Tunggul Wulung (Cilacap), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Bandara Adi Sumarmo (Solo). Program-program yang ditawarkan meliputi PPL, CPL, IR, dan Basic ME. Biaya pendidikan bervariasi, contohnya:

  • PPL: Rp 295 juta
  • CPL+IR: Rp 560 juta
  • IR: Rp 103 juta
  • ME: Rp 147 juta

5. Genesa Flight Academy Cilacap

Sekolah pilot ini berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah. Pendirinya, Capt. Rubyanto Adisarwono, merupakan seorang pilot berpengalaman. Paket pendidikan yang ditawarkan meliputi Regular Package (PPL, CPL/ME + IR) dengan biaya $66.500, CPL/ME Package dengan biaya $42.500, dan CPL/ME, IR Package dengan biaya $49.500.

6. Bali International Flight Academy (BIFA)

BIFA terletak di Buleleng, Bali, dan memiliki bandara pribadi. Disediakan 20 pesawat single engine dan multi engine untuk latihan. Biaya pendidikan tahun 2021 mencapai Rp 960 juta, naik dari tahun-tahun sebelumnya.

7. Perkasa Flight School

Sekolah ini memiliki tiga basis pelatihan di Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Bandara Nusawiru Pangandaran, dan Bandara Cakrabuana Cirebon. Bermitra dengan lembaga di luar negeri, calon pilot dapat memperoleh latihan hingga 500 jam terbang. Biaya pendidikan tahun 2021 untuk program CPL-IR Single Engine Rating Package adalah Rp 840 juta, dengan opsi pembayaran mencicil 3 kali hingga mencapai total Rp 860 juta. Program lainnya seperti CPL-IR Multi Engine & ATP Package memiliki biaya total Rp 916 juta yang dapat dicicil 3 hingga 10 kali.

Dalam rangka menggapai mimpi menjadi pilot, para calon pilot perlu mempertimbangkan pilihan sekolah yang sesuai dengan tujuan dan anggaran mereka. Meskipun biaya pendidikan mungkin menjadi faktor penting, kualitas dan reputasi sekolah juga tidak boleh diabaikan. Keberhasilan dalam mewujudkan impian menjadi seorang pilot memerlukan dedikasi, usaha, dan pendidikan yang baik.

6 Kriteria Memilih Sekolah Pilot

Memilih sekolah pilot yang tepat adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan menuju menjadi seorang pilot. Berikut adalah beberapa kriteria yang dapat membantu calon pilot dalam memilih sekolah pilot yang sesuai.

1. Akreditasi dan Lisensi

Pastikan sekolah pilot memiliki akreditasi dan lisensi yang sah dari otoritas penerbangan setempat. Lisensi ini menjamin bahwa program yang ditawarkan telah memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang ditetapkan.

2. Fasilitas dan Instruktur

Fasilitas yang baik dan instruktur yang berpengalaman sangat penting dalam memastikan kualitas pendidikan. Sekolah pilot dengan fasilitas simulasi modern dan instruktur berlisensi dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik.

3. Program Pendidikan

Tinjau program-program yang ditawarkan oleh sekolah. Pastikan sekolah tersebut menyediakan program yang sesuai dengan tujuan karir pilot Anda, baik itu program untuk lisensi PPL, CPL, IR, atau ME.

4. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan menjadi faktor penting dalam memilih sekolah pilot. Bandingkan biaya program-program di berbagai sekolah dan pertimbangkan juga biaya tambahan seperti biaya lisensi, simulator, dan lain-lain.

5. Reputasi dan Alumni

Cari tahu tentang reputasi sekolah dan pencapaian alumni. Sekolah dengan catatan prestasi dan alumni yang sukses dalam industri penerbangan dapat menjadi indikator kualitas pendidikan.

6. Lokasi

Lokasi sekolah pilot juga penting dipertimbangkan. Pilihlah lokasi yang mudah diakses dan memiliki aksesibilitas baik ke fasilitas pelatihan maupun bandara.

Tantangan dalam Perjalanan Menjadi Pilot

Perjalanan menuju menjadi seorang pilot tidaklah mudah. Selain melewati pendidikan yang ketat, calon pilot juga harus menghadapi tantangan dalam proses seleksi, pelatihan, dan persaingan dalam industri penerbangan. Kemampuan mengambil keputusan dengan cepat, bekerja dalam tekanan, dan beradaptasi dengan perubahan situasi adalah beberapa keterampilan yang penting bagi seorang pilot.

Mengembangkan Karir Setelah Lulus

Setelah lulus dari sekolah pilot dan memperoleh lisensi pilot, perjalanan belum berakhir. Pilot harus terus mengembangkan keterampilan dan pengalaman mereka. Banyak pilot memulai karir mereka sebagai pilot penerbangan regional sebelum berlanjut ke maskapai penerbangan besar. Beberapa juga memilih untuk bekerja sebagai instruktur penerbangan untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada generasi muda calon pilot.

Kesimpulan

Menjadi seorang pilot bukanlah hal yang mudah, namun impian dan gairah untuk menggapai langit masih tetap menggelora. Pendidikan di sekolah penerbangan adalah fondasi yang penting dalam membangun karir sebagai pilot. Dengan pemilihan sekolah yang tepat, dedikasi, dan kerja keras, calon pilot dapat meraih mimpi mereka dan menjelajahi dunia dari ketinggian yang spektakuler.