Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Bisnis Berbahan Baku Sampah Ini Bikin Pengusaha Indonesia Meraup Puluhan Juta Rupiah

by Rafly Aditia on 1 Februari, 2017

Banyak orang berpikir untuk memulai bisnis dibutuhkan modal finansial yang besar. Padahal uang bukanlah satu-satunya modal dalam berbisnis.

Kreativitas juga terhitung sebagai modal bisnis. Bahkan bisa dibilang salah satu dari beberapa faktor utama yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Bahkan, karena kreativitas, sampah dan limbah yang sering menjadi masalah justru mendatangkan omzet hingga ratusan juta rupiah bagi orang-orang ini..

Tidak percaya? Simak artikel berikut ini hingga tuntas.

1. Bisnis angkut sampah

Di kota-kota besar, sampah menjadi permasalahan yang cukup serius. Namun kalau kamu jeli, sampah justru bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Iqra Putra Sanur, pebisnis asal Gowa, Sulawesi Selatan.

Dirinya menawarkan jasa angkut dan pengolahan sampah mulai dari perumahan, restoran, cafe hingga sekolah. Lewat jasa pengangkutan yang dilakukannya dia sudah memiliki omzet Rp 10 juta per bulan. Ini tentu masih diluar keuntungan apabila sampah telah diolah menjadi barang-barang daur ulang yang bermanfaat.

2. Kerajinan botol bekas

Kalau di sekitar kamu banyak sampah botol kaca dan plastik bekas, sebaiknya mulailah mencoba untuk mengolahnya sebagai bisnis.  Sama seperti yang dilakukan Herman Purwanto, pemilik Herco Crafte. Penguasaha kerajinan satu ini mengawali usahanya lantaran prihatin dengan banyaknya sampah botol yang di lingkungannya. Herman bahkan pernah memperoleh Rp 100 juta dari sebuah kerajinan pesanan asal pembeli luar negeri..

Sama seperti Herman, kamu bisa memanfaatkan botol bekas untuk dijadikan produk daur ulang seperti dekorasi rumah dengan harga mulai dari Rp 75 ribu hingga 200 ribu per buahnya.

3. Jual tas dari karung dan kantong semen

Biasanya saat ada renovasi rumah atau pembangunan sebuah komplek, akan banyak sekali kantong-kantong semen atau bahkan karung goni berserakan. Kamu bisa memanfaatkan kantong semen dan karung goni yang tidak dibutuhkan tersebut

Kantong semen dan karung goni tak terpakai tersebut bisa disulap menjadi tas yang unik dan cantik. Bahkan sebenarnya tidak cuma itu, kamu juga bisa menyulapnya menjadi wallpaper, tempat majalah, sampai alas makan dengan sentuhan kerajinan dan kreativitas.

(Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

4. Jam dari limbah tulang

Limbah tulang sapi dan tanduk kerbau juga bisa dijadikan sebuah aksesoris loh. Dengan kreativitas tanpa batas kamu bisa menyulap tulang sapi menjadi sebuah aksesoris seperti jam tangan. Apalagi bila jam tulang ini memiliki sentuhan seni, pastilah dihargai cukup tinggi.

Seorang pebisnis jam tulang dengan merk Groot Watch, Marwan Eka Fadilah, bisa memperoleh omzet senilai Rp 28-32 juta per bulan hanya dengan menyelesaikan 20-35 buah jam.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami