Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

13 Bisnis Kuliner Alternatif yang Menguntungkan Modal Kecil

by Vera Khairifah on 19 Februari, 2020

Menemukan ide bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan membutuhkan analisa yang tajam. Selain itu, kamu juga disarankan memulai bisnis dengan modal kecil tapi tetap berpotensi menguntungkan.

13 Bisnis Kuliner Alternatif yang Menguntungkan Modal Kecil

Berikut 13 rekomendasi bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Tips Memilih Bisnis Kuliner

Industri bisnis kuliner memang tak ada habisnya. Tapi, kamu juga harus tahu tips memilih bisnis kuliner yang menguntungkan, seperti info di bawah ini:

  • Pilih Produk yang Panjang Umur

Memilih bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan tidak bisa hanya mengikuti tren belaka.

Pikirkan lah prospek eksistensi dari produk makanan atau minuman tersebut. Bisnis yang hanya mengikuti tren dan tidak mengembangkan inovasi tidak akan berumur lama, karena terancam oleh tren baru di masa mendatang.

  • Jual Harga Murah

Sekarang ini sudah banyak sekali toko yang bergerak di bisnis kuliner. Sebagai penarik pembeli pertama, kamu bisa membuat promo harga jual murah. Tidak ada salahnya mengambil laba sedikit asalkan ini membuat produkmu diminati banyak konsumen.

  • Utamakan Rasa

Walau dijual dengan harga murah, pembuatan makanan atau minuman yang dijual tak boleh asal. Utamakan kualitas kebersihan dan rasa. Kamu bisa membuat tester untuk dicoba orang terdekat dan cari tahu pendapat mereka.

  • Jual Offline dan Online

Bukan rahasia lagi jika penjualan produk hasil bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan di pasar online. Makanya, kamu harus memaksimalkan metode penjualan offline maupun online.

Gunakan promosi dari mulut ke mulut maupun iklan di media sosial. Jangan lupa juga untuk bekerjasama dengan layanan beli makanan di aplikasi ojek online.

(Baca Juga: Inspirasi Bisnis: Makanan dan Minuman yang Akan Populer Tahun 2020)
Rekomendasi Bisnis Kuliner Alternatif yang Menguntungkan

Berikut rekomendasi bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan untukmu.

1. Frozen Food

Makanan beku yang disimpan dalam suhu dingin atau frozen food bisa kamu jadikan ide bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan.

Sosis, nugget, daging potong, otak-otak, siomay, dan lainnya bisa kamu jual dalam kemasan dalam kondisi mentah maupun dibakar matang dengan tambahan topping saus yang menggoda.

2. Gorengan Manis

Ide bisnis gorengan memang sudah jadi hal biasa. Tapi coba lah untuk membuat inovasi pada produk gorengan itu. Ini lah yang dinamakan mencari ide bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan.

Misalnya menjual gorengan manis seperti nanas goreng, durian goreng, Nangka goreng, gorengan pisang madu, dan lain sebagainya. Resep gorengan manis kini sudah banyak dibagikan di internet dan bisa kamu coba.

3. Warung Kopi dan Mie

Bisnis kuliner yang menguntungkan lainnya adalah warung kopi atau warkop yang juga menjual sajian mie instan. Walau sudah banyak yang membuat, bisnis ini nyatanya masih menguntungkan dan berumur panjang.

Modalnya juga kecil, tak terlalu mahal dan bisa memanfaatkan alat masak di rumah.

4. Warung Angkringan

Kalau kamu ingin menyajikan makanan kecil yang lebih simple, kamu juga bisa mencoba bisnis kuliner yang menguntungkan seperti membuka angkringan.

Jual saja aneka minuman instan, satay tusuk dari daging, kulit, atau jeroan berbumbu, juga camilan ringan bungkusan.

5. Katering Makanan Sehat

Kini, tren mengonsumsi makanan sehat semakin naik daun. Banyak orang yang membutuhkan asupan makanan sehat namun tetap terasa nikmat.

Nah, kamu bisa mencobanya dengan sistem pre order per paket makan siang. Sehingga modal yang keluar akan kecil karena sebagian diantaranya didanai oleh uang muka pesanan konsumen.

6. Spring Roll Vietnam

Bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan lainnya adalah menu makanan negara-negara Asia lain, seperti spring roll asal Vietnam. Ini adalah makanan gulungan yang terdiri dari sayuran dan daging segar yang disajikan dengan saus berbumbu.

Karena belum terlalu banyak toko yang menyajikan dengan harga murah, bisnis ini terbilang memiliki prospek bagus dan menguntungkan.

7. Warung Makan Murah

Jika kamu memiliki peluang untuk membuka tempat berjualan di daerah ramai, warung makan murah bisa jadi pilihan. Sajian makan yang dijual cukuplah makanan rumahan sederhana namun nikmat. Harga murah akan menjadi daya tarik calon pelangganmu.

8. Salad Buah

Salad buah juga termasuk ke dalam bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan dengan modal kecil. Dengan modal kurang dari Rp300.000, keuntungan yang kamu dapatkan bisa hingga 3 kali lipatnya.

Jika kebanyakan orang menjual salad buah dengan dressing mayonnaise, kamu bisa mencoba dressing yogurt sebagai ciri khas atau pilihan lain menu yang dijual.

9. Dessert Jar

Siapa sih yang enggak suka makanan pencuci mulut rasa manis alias dessert? Ya, kini dessert yang disajikan di dalam wadah sendang tren dan disukai banyak orang. Bisnis kuliner alternatif yang menguntungkan ini bisa bertahan lama dengan variasi rasa dan jenis dessert.

Coba lah untuk terus bereksperimen soal varian rasa dessert. Jangan lupa untuk mencari alternatif sajian dessert jar rendah gula untuk membedakan produkmu dengan pesaing lainnya.

10. Jajanan Sekolah

Jajanan sekolah juga merupakan bisnis menguntungkan. Permintaannya selalu ada hampir setiap hari saat musim belajar-mengajar digelar. Semua daerah di dekat sekolah atau kampus bisa kamu jadikan lokasi jualan.

Misalnya berjualan aneka minuman instan, minuman olahan jus susu, cilok, cilor, telur gulung, batagor, siomay, dan masih banyak lagi.

11. Camilan Pedas

Jumlah penggemar makanan pedas begitu banyak. Produk camilan pedas pasti laris manis di pasaran. Kamu bisa mencoba bisnis makaroni pedas, seblak gila, ayam fillet goreng pedas, dan lain sebagainya.

12. Bawang Goreng

Bawang goreng dengan tambahan bumbu perasa atau level pedas juga banyak diincar konsumen. Terutama bagi mereka yang ingin membawa makanan khas Indonesia ke luar negeri.

13. Makanan Nusantara Kemasan

Selain bawang goreng, kamu juga bisa menjual makanan nusantara kemasan seperti tumis cumi, rendang, dendeng, oseng mercon.

Dengan bahan yang higienis dan pengawet alami seperti rempah-rempah, produk ini aman dikonsumsi. Cocok banget untuk kamu yang memang hobi masak.

Memulai bisnis kini lebih gampang dengan bantuan tambahan modal dari KTA cicilan ringan. Yuk, bandingkan dan ajukan produk KTA dari berbagai bank lewat CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast