Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Seluk-Beluk Bisnis Menjual Koin Kuno, Beneran Untung?

by Vera Khairifah on 1 Maret, 2020

Bisnis menjual koin kuno mungkin tak pernah ada di dalam pikiran orang yang ingin membuka usaha di era sekarang ini. Namun, jika kamu merupakan seorang kolektor koin kuno dan ingin menjual koleksimu, maka ketahui dulu seluk-beluk bisnis menjual koin kuno berikut ini.

Seluk-Beluk Bisnis Menjual Koin Kuno, Beneran Untung?

Uang kertas maupun koin sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh negara memiliki nilai yang sesuai dengan nilai barang dan jasa yang kini disepakati. Seiring dengan berjalannya waktu, uang yang sudah cukup lama diterbitkan tidak lagi berlaku, dan digantikan dengan uang terbitan baru oleh Pemerintah.

Namun, ada beberapa orang yang menjadi kolektor uang koin kuno yang berniat untuk mengarsipkan berbagai jenis koin. Selain sebagai koleksi, koin kuno yang disimpan juga bisa saja diniatkan untuk dijual kembali di kemudian hari dengan nilai lebih.

Jenis Koin Kuno yang Diperjualbelikan

Bisnis menjual koin kuno bisa dijalankan jika kamu memiliki koleksi koin kuno yang benar-benar antik. Jadi, tidak bisa sembarang koin kamu jual. Misalnya, koin kuno lokal Indonesia yang diterbitkan setidaknya sekitar tahun 1930-an hingga 1970-an.

Sedangkan untuk koin kuno luar negeri (misalnya Amerika Serikat, Arab Saudi, dan negara lainnya) akan dihargai sangat mahal untuk seri yang diterbitkan tahun 1800-an.

(Baca Juga: 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan)
Harga Jual Koin Kuno Indonesia

Harga koin kuno memang tak semata-mata karena umur atau lama tahun terbitannya. Melainkan tingkat kelangkaan koin kuno tersebut. Bisnis menjual koin kuno akan memberi harga mahal untuk koin yang sangat langka.

Selain soal kelangkaan, harga jual koin kuno juga dipengaruhi oleh:

  • Kondisi fisik yang masih bagus, tidak ada tanda retak seolah pernah terjatuh. Kondisi fisik ini terbagi atas uncirculated (UNC) yang sangat mulus dan dihargai paling mahal, kemudian about uncirculated (AU), extremely fine (EF/XF), very fine (VF), fine (F), very good (VG), good (G), Fair, hingga Poor yang sudah tidak layak koleksi.
  • Nomor seri yang berurutan
  • Nominal uang. Semakin kecil nominalnya biasanya semakin mahal

Harga koin kuno memang dipengaruhi oleh beberapa hal di atas. Berikut perkiraan harga sesuai jenis koin kuno yang dijual.

  • Koin kuno VOC seri Holland, Utrecht, West Friesland, dan Zeeland : Rp50.000
  • Koin kuno Nederlandsch Indie: Rp150.000
  • Koin kuno Rp200 (diterbitkan tahun 1945) : Rp500.000
  • Koin kuno Rp500 (diterbitkan tahun 1945) : Rp600.000
  • Koin kuno 2,5 gulden (diterbitkan tahun 1856-1945) : Rp10 juta
  • dan masih banyak lagi lainnya..
Jalankan Bisnis Menjual Koin Kuno Secara Online

Bisnis menjual koin kuno sebelumnya dilakukan dengan cara konvensional. Seperti menjajakan koin kuno yang dijual di pasar, pusat keramaian atau berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, di era penuh kemudahan seperti sekarang ini, bisnis bisa dilakukan secara online. Kamu bisa menjual di berbagai e-commerce dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli.

Agar makin akurat, kamu sebagai penjual juga bisa menawarkan layanan cash on delivery (COD) agar pembeli bisa mengecek kualitas koin kuno sebelum membelinya.

Jika kamu adalah seorang kolektor uang dengan koleksi lengkap, kamu juga bisa menawarkan komunitas kolektor uang lainnya untuk membeli koin kuno yang ingin dijual.

Prospek Bisnis Menjual Koin Kuno

Lalu, bagaimanakah dengan prospek keuntungan dari bisnis ini? Keuntungan bisa kamu raih dalam jumlah besar (hingga juta-an Rupiah) jika kamu memiliki koin kuno yang sangat langka. Sebab harga koin kuno masih lebih murah dibandingkan uang kertas kuno.

Jika kamu tak memiliki koleksi yang lengkap, maka kamu juga harus berburu koin kuno yang bisa dijual kembali dengan harga mahal untuk mendapatkan keuntungan.

Bisnis menjual koin kuno akan menyenangkan jika mengoleksi benda antik adalah hobi kamu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bisnis ini sebaiknya menjadi bisnis sampingan saja.

(Baca Juga: Tips Berbisnis Kaos Polos untuk Pemula dan Perkiraan Modalnya)
Tips Menjalankan Bisnis Menjual Koin Kuno
  • Kenali potensi pasar. Pastikan kamu tahu lokasi penjualan strategis dan banyak peminat.
  • Lebih dekat dengan komunitas pecinta uang lama. Jangan hanya menunggu pembeli datang, tapi tawarkan ke kolektor lainnya.
  • Rawat koleksi dengan baik, jangan sampai tertipu dengan koin kuno palsu.

Itulah ulasan mengenai bisnis koin kuno. Jadi, apa kamu tertarik untuk menekuni bisnis yang satu ini?

Yuk, mulai bisnis dengan tambahan modal yang bisa kamu dapatkan dari Kredit Tanpa Agunan (KTA) cicilan ringan dan syarat mudah di CekAjA.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast