Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bisnis Musiman yang Laris Manis Jelang Hari Kemerdekaan

by Tisyrin N. T on 16 Agustus, 2019

Euforia perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia sangat terasa di tengah masyarakat setiap bulan Agustus tiba. Momen inilah yang sering membuat bisnis musiman jelang hari kemerdekaan laris manis.

Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus memang sepatutnya dirayakan. Karena untuk meraih kemerdekaan dari penjajahan tentu bukan hal yang mudah. Setelah melewati masa-masa sulit dan suram, maka saatnya untuk menikmati masa-masa berbahagia.

Wujud perayaan yang muncul di tengah masyarakat beragam. Selain upacara, masyarakat Indonesia di berbagai daerah kerap mengadakan berbagai perlombaan, karnaval, hingga pameran.

Nah, untuk mendukung kelancaran berbagai jenis perayaan tersebut, dibutuhkan dukungan aneka atribut. Itulah celah bagi para pebisnis untuk mendulang untung sebanyak-banyaknya saat tujuh belasan.

Tak sedikit orang yang beralih profesi sementara untuk menjalankan bisnis jelang hari kemerdekaan. Namun, ada pula yang memang sudah eksis jadi pebisnis dan mendapatkan untung lebih banyak ketika menjelang Hari Kemerdekaan.

Nah, apa saja jenis usaha yang laris manis menjelang Hari Kemerdekaan? Ini dia 6 diantaranya:

1. Penyewaan pakaian adat dan tematik

Kalau kamu punya usaha salon dan sudah biasa menyewakan pakaian adat, tentu bulan Agustus adalah bulan yang ditunggu-tunggu. Bukan cuma pakaian adat, pakaian tematik seperti kostum polisi, dokter, tentara, perawat, atau profesi lainnya juga banyak diburu di bulan Agustus.

Hal ini dikarenakan banyaknya acara karnaval lainnya untuk menyambut Hari Kemerdekaan. Bisnis sewa menyewa pakaian adat dan tematik ini bukan cuma menyasar orang dewasa, karena anak-anak sekolah pun membutuhkannya.

(Baca juga: Ayo Ceritain Siapa Pahlawan Finansial Kamu dan Rebut Hadiah Jutaan Rupiah dari CekAja!)

Artinya, peluangnya sangat terbuka lebar untuk meraup untung. Namun, tentu saja harus banyak koleksi baju adat dan tematik yang kamu punya.

Keunggulan salah satu bisnis jelang hari kemerdekaan ini adalah, cukup mengeluarkan modal sekali saja yaitu untuk membeli atau membuat baju adat dan tematik. Setelah itu, baju akan disewakan berkali-kali.

Untungnya lagi, bisnis sewa menyewa baju adat dan tematik ini bukan cuma laris saat tujuh belasan. Saat perayaan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, banyak pula yang membutuhkan baju adat.

2. Jual bendera

Selama bulan Agustus, kamu tentunya melihat aneka macam bendera yang menghiasi jalanan, rumah, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan. Sudah pasti, berjualan bendera menjelang Hari Kemerdekaan adalah suatu peluang mendulang untung yang menjanjikan.

Dari pengalaman para pedagang bendera musiman yang diberitakan di berbagai media, mereka bisa mendulang untung jutaan rupiah meski hanya berjualan dalam waktu singkat. Harga bendera yang dipasarkan mulai dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

Terdapat berbagai jenis bendera yang bisa dijual mulai dari bendera kecil berbahan plastik, bendera merah putih dari kain, hingga  umbul-umbul atau bendera warna-warni.  Biasanya, para pedagang bendera menjajakan dagangannya di pinggir jalan, tanpa harus membuat kios permanen.

3. Jasa make up artist

Kalau kamu pemilik salon, Agustus bisa jadi bulan yang sibuk karena banyaknya pelanggan yang antre untuk didandani alias make up. Banyaknya acara seperti karnaval untuk merayakan Hari Kemerdekaan, membuat jasa make up artist diburu.

Kini, untuk menawarkan jasa make up artist, kamu gak harus punya salon terlebih dahulu. Kamu bisa menawarkan jasamu lewat kekuatan media sosial seperti Instagram. Cukup dengan mengunggah hasil karyamu ke media sosial, kamu pun sudah melakukan promosi secara gratis.

4. Kuliner

Banyaknya acara mulai dari perlombaan hingga karnaval di bulan Agustus membuka peluang yang lebar bagi pebisnis jelang hari kemerdekaan. Salah satunya adalah pengusaha kuliner. Karena, menjajakan makanan dan minuman di dekat area perlombaan dan karnaval tentu berpeluang laris manis.

Kamu bisa menjajakan makanan dan minuman yang banyak penggemarnya seperti sosis, kentang goreng, minuman kekinian, dan lain sebagainya. Cari lokasi yang strategis agar jualanmu laris manis ya!

5. Katering

Pengusaha katering juga punya peluang mendulang untung lebih banyak di bulan Agustus. Mengapa? Karena banyak panitia acara tertentu yang membutuhkan konsumsi. Dengan begitu, para pengusaha katering pun akan bekerja lebih keras di bulan Agustus.

(Baca juga: Rayakan HUT RI ke-74, CekAja Kasih Hadiah Liburan Gratis ke Jogja!)

Selain itu, acara-acara tujuh belasan juga biasanya diramaikan oleh tumpeng. Artinya, katering bukan hanya kebanjiran pesanan nasi kotak biasa untuk keperluan konsumsi acara, tetapi juga pesanan spesial berupa tumpeng.

6. MC

Jasa master of ceremony alias MC juga banyak dibutuhkan untuk acara-acara tujuh belasan. Kamu yang punya kemampuan di bidang ini harus menyiapkan stamina yang prima. Jaga kesehatanmu baik-baik agar saat bulan Agustus tiba, kamu siap kapan saja untuk menerima undangan menjadi MC.

Nah, itulah sejumlah bisnis jelang hari kemerdekaan yang biasanya laris manis. Kalau butuh tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, kamu bisa cek pilihan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang menarik di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami