Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Bukan Cuma Heboh Lewat Video PPAP, Ini 10 Manfaat Buah Apel dan Nanas

by Rafly Aditia on 9 Oktober, 2016

Video Pen Pinneaple Apple Pen alias PPAP belakangan heboh di dunia maya. Piko Taro, seorang komedian asal Jepang merupakan kreator video musik tersebut. Gerakan serta ekspresi dan suaranya yang jenaka saat menyanyikan lagu tentang buah apel, nanas dan pulpen itu membuat netizen di seluruh dunia membicarakannya.

Namun, buah apel dan nanas tidak hanya terkenal lewat video PPAP saja. Buah-buahan lezat ini juga terkenal memiliki banyak manfaat. Berikut 10 manfaat buah apel dan nanas bagi kesehatan:

Manfaat buah nanas
  • Mencegah kanker. Berdasarkan studi American Cancer Society, buah nanas memiliki manfaat mencegah kanker. Zat antioksidan dan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas bisa melawan radikal bebas yang menjadi penyebab utama kanker.
  • Menurunkan tekanan darah. Buah yang memiliki rasa asam dan manis ini juga terbukti ampuh mengontrol tekanan darah. Penelitian The National Health and Nutrition Ecamination Survey, menemukan bahwa kandungan potasium pada nanas dapat menurunkan tekanan darah.
  • Melancarkan pencernaan. Riset American Cancer Society menyebutkan nanas memiliki banyak bromelain yang berfungsi membantu pemecahan protein serta melancarkan pencernaan.
  • Bikin kulit tetap elastis. Kandungan vitamin C yang tinggi dan asam amino pada buah nanas dipercaya dapat menjaga keelastisan kulit karena dukungannya terhadap sintesis kolagen dalam tubuh.
  • Mencegah rabun karena umur. Nanas memiliki kandungan beta karoten seperti wortel. Zat satu ini berfungsi mencegah rabun atau kehilangan penglihatan yang disebabkan karena bertambahnya umur.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Manfaat buah apel
    • Mencegah osteoporosis. Kandungan flavonoid pada apel ternyata bisa mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah masa menopause. Kandungan boron yang juga ada dalam buah apel berfungsi untuk memperkuat tulang agar tidak mudah keropos.
    • Bikin panjang umur. Berdasarkan penelitian American Chemical Society pada tahun 2011, buah apel terbukti dapat memperpanjang usia manusia. Tidak cuma itu, Apel juga dapat meningkatkan kemampuan motorikmu sehingga kamu bisa lebih lincah dan responsif.
    • Mencegah kepikunan. Penelitian University of Massachusetts Lowell mengungkap bahwa buah apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membuat otak lebih mudah mengingat dan mencegah masalah kepikunan.
    • Terbukti jadi musuh kanker. Penelitian lain dari Harvard Medical School mengungkapkan bahwa buah apel yang dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kanker paru-paru hingga 50%. (Baca juga: Menikah Bisa Bikin Kamu Kaya Asalkan Ikuti 9 Hal Ini)
  • Menurunkan risiko serangan jantung. Kulit apel memiliki kandungan fenolik yang cukup tinggi. Maka mengonsumsi apel dapat mencegah penumpukan plak kolesterol sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Butuh produk asuransi yang bisa diterima ratusan rumah sakit berkualitas di Indonesia? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.