Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Capek Macet di Depok, Main Ke Sini Aja Yuk!

by Miftahul Khoer on 19 Juli, 2019

Sudah hampir sepekan Kota Depok menjadi perbincangan warganet gara-gara rencana kebijakan sang wali kota yang akan memutar lagu di beberapa lampu merah. Salah satu alasan pemutaran lagu tersebut adalah untuk menghilangkan stres para pengendara akibat kemacetan yang sudah tak bisa dihindari di kota tersebut.

Jakarta

Lagu yang akan diputar salah satunya dinyanyikan langsung oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris berjudul “Hati-Hati”. Lagu tersebut mengandung lirik edukasi tertib lalulintas terhadap para pengendara.

Namun, alih-alih setuju dengan rencana kebijakan tersebut, warganet malah menjadikan niatan Pemkot Depok tersebut sebagai olok-olok dan mengundang pro-kontra hingga viral menjadi isu nasional.

Nah, daripada kamu ikut-ikutan stres mikirin kemacetan di Depok dan ikut pusing dengan rencana pemutaran lagu yang dinyanyikan wali kota Depok tersebut, mending kamu berkunjung ke beberapa tempat wisata di Kota Depok.

Jangan salah, meski dikenal sebagai kota gersang, tapi masih ada lho beberapa lokasi wisata di Depok yang bisa bikin adem kamu dan keluarga kamu. Kuy langsung simak aja!

Godong Ijo

Ingin sejenak lari dari hiruk pikuk ibu kota? Gak ada salahnya kamu untuk berkunjung ke tempat wisata Godong Ijo yang berlokasi di Jalan Cinangka Raya KM 10 No. 60 Serua, Bojongsari, Sawangan, Depok.

Salah satu lokasi wisata terbaik di Depok ini berkonsep hutan di tengah kota yang menyediakan berbagai wahana.

Kamu bisa mengajak keluarga untuk bisa menikmati wisata edukasi yang menjadi salah satu program di Godong Ijo. Wahana ini cocok untuk keluarga.

Anak-anak akan diajarkan berbagai pengetahuan serta kecintaannya terhadap alam. Selain itu, ada juga wahana pemancingan bernama Monster Fish yang cocok bagi para mancing mania. Di sini siapapun kamu  akan merasa ketagihan ketika mencoba memancing ikan raksasa yang didatangkan dari Thailand.

Ada juga wahana Vertical Green Godong Ijo yang akan memanjakan mata para wisatawan untuk menikmati berbagai taman yang asri nan hijau.

(Baca juga: Bagaimanakah Cara Mendapatkan Dana Tunai Jaminan BPKB Motor Depok)
Taman Bunga Wiladatika

Di pertengahan kota, Depok memang tampak gersang dan sulit ditemukan area hijau. Namun, ternyata ada juga sebuah taman yang cukup asri yang biasa dijadikan lokasi wisata bagi warga Depok dan sekitarnya bernama Taman Bunga Wiladatika.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai wahana mulai dari taman bunga, air terjun buatan, area bermain anak, kolam air mancur hingga kolam renang.

Tempat ini juga cocok untuk dijadikan sebagai pelarian bagi para wara ibu kota yang ingin menikmati kesejukan di tengah kota. Lokasinya pun mudah dijangkau karena tak jauh dari bumi perkemahan Cibubur.

Hutan Kota Depok

Orang-orang biasa menyebutnya sebagai Cagar Alam, ya karena tempatnya berada di Jalan Cagar Alam, Pancoranmas, Depok. Di sini kamu akan menemukan sebuah hutan di tengah kota yang cukup luas yang bisa menjadi wahana untuk menepi mencari tempat sejuk yang dikelilingi area hijau pepohonan.

Bukan hanya itu saja, di Hutan Kota Depok ini juga kamu bisa sekalian berolahraga. Ada beberapa spot olahraga yang bisa kamu nikmati seperti lapangan voli, tenis, bulutangkis dan banyak lagi. Soal tempat kuliner, jangan khawatir deh, di area sekitar hutan ada banyak penjaja makanan yang enak-enak dengan harga cukup bersahabat.

(Baca juga: Bingung Wisata di Jakarta? Cek Hal-hal yang Sering Terlupakan Soal Ibukota!)
Pondok Zidane

Tak hanya menjadi lokasi wisata keluarga yang direkomendasikan. Pondok Zidane juga memiliki nilai lebih sebagai tempat wisata. Salah satu wahana utama di sini adalah outbond.

Bedanya outbond yang dipandu oleh tim berorientasi untuk membentuk pribadi-pribadi yang handal dari segi kecerdasan emosional, spiritual, hingga kecerdasan intelektual. Outbond yang ada di Pondok Zidane menggunakan metode experimental learning dalam bentuk simulai permainan, high rope hingga adventure.

Pondok Zidane menjadi salah satu tempat wisata di Depok yang memiliki fasilitas komplit. Selain arena outbond, ada juga arena lain mulai dari kolam renang, lapangan, aula, pemancingan, gazebo, musholah hingga areal parkir yang cukup luas.

So, buat kamu yang ingin merefresh otak sejenak, kamu bisa berkunjung ke sini baik bersama keluarga maupun orang lain. Lokasinya ada di Jl. Rawa Bengkok RT. 03 RW. 07 Kp. Prigi, Kel. Bedahan Sawangan, Depok.

Studio Alam TVRI

Jika kamu pernah melihat film-film kolosal Indonesia tahun 90-an, mungkin gak asing dengan spot-spot yang ada di Studio Alam TVRI. Ya, tempat ngadem yang sejuk di Depok ini berada di Jalan Raden Saleh No. 90, Depok.

Banyak wisatawan yang hampir setiap hari dan pekannya berkunjung ke lokasi ini untuk menikmati kesejukan pepohonan besar di sini. So, buat yang mau ngadem sambil piknik bersama keluarga, kamu bisa berkunjung ke sini.

Sebetulnya, masih banyak lokasi wisata alam yang ada di Depok. Tak terkecuali wisata setu. Maklum, Depok dikenal sebagai kota yang punya setu cukup banyak.

Dalam waktu dekat bahkan bakal ada bantuan sekitar Rp30 miliar dari Pemprov Jabar untuk merevitalisasi setu Rawa Kalong Cimanggis Depok yang bakal disulap menjadi sebuah wisata favorit.

Tak hanya setu, saat ini juga sedang dilakukan proses pembangunan tahap kedua alun-alun Kota Depok yang berlokasi di Grand Depok City sebagai arena untuk warga Depok yang ingin beraktivitas mulai dari olahraga basket, futsal, skateboard, sepeda, dan lainnya.

Di alun-alun yang dibuka secara publik pada tahun depan ini akan menjadi salah satu ruang publik terbesar di Depok.

Nah, buat warga Depok dan sekitarnya, mulai sekarang gak usah stres lagi mikirin kemacetan. Coba deh kamu melipir sejenak untuk berkunjung ke beberapa lokasi wisata di atas. Berminat? Kuy ah mumpung weekend!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.