Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Aman dan Lebih Untung Ikut Lelang Mobil Bekas

by Kartika Ratnasari on 28 November, 2017

lelang mobil - CekAja.com

Meski kondisi mobil masih sangat bagus, banyak orang yang belum yakin untuk membeli kendaraan lewat lelang mobil bekas. Ada cara aman dan strateginya agar lebih untung.

Apa yang biasanya dilakukan seseorang ketika ingin membeli mobil bekas? Datang ke showroom? Melihat iklan jual kendaraan di koran atau internet? Atau mencari informasi dari kenalan yang mau menjual mobilnya? Cara-cara tersebut menjadi alternatif yang paling banyak dipilih untuk membeli kendaraan mobil.

Namun ternyata, ada cara yang lebih menggiurkan lagi, yaitu membeli kendaraan di balai lelang. Memang, tidak semua orang berminat ketika harus membeli kendaraan roda empat di pelelangan. Pasalnya, mobil-mobil di pelelangan terkenal akan mobil yang dilepas dengan kondisi apa adanya.

Ikut lelang mobil bekas, ini triknya supaya untung besar

Meski demikian, bukan berarti semua mobil yang dijual dalam pelelangan berkualitas buruk. Jika kita tahu trik-nya, membeli mobil lewat cara lelang bisa lebih menguntungkan. Berikut tip yang bisa membantu kita mendapatkan mobil secara aman dan murah melalui balai lelang.

1. Bandingkan harga mobil di pasaran

Kebanyakan orang membeli mobil secara lelang dengan tujuan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun tak jarang pula mobil yang dibeli lewat balai pelelangan maalah lebih mahal dibandingkan mobil di showroom.

Untuk menghindari hal ini, calon pembeli sebaiknya mencari informasi harga mobil di pasaran. Harga rata-rata pasaran tersebut bisa menjadi patokan kita ketika melakukan penawaran. Dengan trik ini, kita tak akan mendapatkan mobil hasil lelang dengan harga lebih mahal dari harga pasaran.

2. Teliti ketika memilih

Seperti yang telah disebut di atas, karena mobil yang dijual adalah bekas, mobil di pelelangan biasanya memiliki kondisi yang tidak benar-benar bagus. Maka dari itu, kita harus ekstra teliti saat memilihnya.

Biasanya sebelum hari pelelangan tiba, akan diadakan open house selama 2-5 hari. Di sinilah para calon pembeli diberi kesempatan untuk melihat detail kondisi mobil. Mulai dari mengecek mobil hingga memeriksa kelengkapan dokumen yang dilelang oleh balai lelang.

Meski pihak balai lelang akan memberitahu kekurangan dari mobil-mobil yang dilelang, pastikan kita juga paham untuk menilai dan membedakan secara detail mana kendaraan yang masih bagus dan tidak. Jika kita tidak begitu paham, sebaiknya bawa teman yang benar-benar mengerti soal mobil.

3. Jangan membeli dengan penuh emosi

Dalam dunia lelang, tak jarang terjadi kerjasama antar peserta lelang untuk menghancurkan harga lelang demi keuntungan pribadi dan kelompok mereka. Maka dari itu, jangan sampai emosi dan terbawa arus sehingga membeli mobil dengan harga yang lebih mahal dari harga pasaran.

Hal ini terjadi pada pelelangan mobil KPK beberapa waktu lalu, dimana beberapa mobil justru terjual dengan harga tidak wajar. Sebelum benar-benar mengikuti pelalangan, cobalah untuk pergi ke beberapa pelelangan untuk melihat dan lebih mengenal beberapa pemainnya.

4. Jika menang lelang, segera bawa mobil ke bengkel

Jika dalam proses lelang kita menjadi pemenang, segera bawa mobil yang dipilih ke bengkel yang dipercaya. Meski secara kasat mata fisiknya terlihat baik, tak ada salahnya untuk memeriksanya dan menghindari kerusakan yang lebih besar yang tentunya akan memakan biaya lebih mahal.

Serba-serbi dan prosedur lelang mobil

Lelang mobil menjadi alternatif tepat jika kita berencana untuk membeli kendaraan secara tunai. Balai pelelangan sendiri merupakan sarana yang memfasilitasi pemilik dan calon pembeli, dan menjadi bursa mobil bekas dengan penjualan cara lelang.

Mobil yang dijual dalam pelelangan tersebut merupakan mobil yang sudah dibeli secara kredit, namun pihak debitur tidak sanggup untuk membayar angsuran kepada kreditur sehingga mobil yang telah mereka cicil sebagian terpaksa dilelang.

Mobil-mobil yang dijual di balai pelelangan terdiri dari berbagai macam merek dan tipe. Misalnya terdapat 250 mobil yang dilelang, paling tidak terdapat 20 banyak pilihan untuk satu jenis mobil.

Mobil yang dijual juga terdiri dari berbagai kondisi, mulai dari apa adanya hingga kondisi yang masih prima, calon pembeli bisa memilih sesuai keinginan dan sesuai bujet. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan membeli mobil di balai lelang, di antaranya seperti berikut:

1. Tersedia banyak pilihan

Biasanya mobil yang dijual di balai lelang adalah mobil dari perusahaan-perusahaan besar yang meiliki banyak kendaraan lama dan butuh dana cepat untuk kelanjutan oeprasional mereka. Namun tak menutup kemungkinan juga kendaraan yang dijual berasal dari perorangan.

Hal ini membuat pilihan mobil di balai lelang lebih banyak dan variatif. Sehingga calon pembeli bisa menyesuaikan kebutuhan dan dana yang dimiliki saat membelinya.

2. Harga lebih murah dari harga pasaran

Harga yang ditawarkan di balai pelelangan jauh lebih murah dari harga pasaran. Bahkan perbedaannya bisa mencapai Rp5 juta hingga Rp20 juta per unitnya. Tentu harga yang ditawarkan disesuaikan dengan kondisi mobil dan jumlah permintaan pasar terhadap mobil tersebut.

3. Proses mudah dan hemat waktu

Proses pelelangan juga tidak seribet dan berbelit-belit seperti yang dibayangkan banyak orang. Biasanya calon pembeli cukup menitipkan Rp5 juta untuk mendaftar sebagai peserta lelang. Beberapa hari sebelum hari pelelangan, para peserta lelang dipersilakan untuk melihat-lihat kondisi mobil yang akan dilelang.

Pada hari pelelangan, pihak balai lelang akan menyertai data-data yang akurat dari masing-masing mobil, sehingga calon pembeli bisa mengetahui secara rinci kondisi mobil yang hendak dibeli.

Jika menang lelang, peserta bisa langsung membayar secara tunai unit mobil dan membawanya pulang. Jika tidak menang, maka uang pendaftaran akan dikembalikan kepada peserta lelang.

Tentang Penulis