Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Bikin Udara Rumah jadi Sejuk Tanpa Pendingin Udara

by Ariesta on 17 Juni, 2017

tips rumah sejuk _ KPR - CekAja.com

Sebagai negri beriklim tropis, Indonesia hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dam musim kemarau. Saat musim kemarau, suhu udara bisa mencapai 34 derajat celcius.

Jika saat siang hari suhu udara di luar rumah mencapai 32 derajat celcius, di dalam rumah bisa mencapai 28 derajat celsius. Artinya di rumah pun kita bisa tetap kegerahan. Jika di bulan puasa, cuaca yang terik bisa makin memberatkan ibadah.

Akhirnya AC pun jadi solusi. Tapi sayangnya AC memakan daya listrik yang besar sehingga tagihan listrik pun membengkak. Belum lagi efek buruk kerusakan lingkungan karena memicu global warming. Agar hemat listrik tanpa pendingin ruangan, berikut solusi yang bisa dilakukan.

Meninggikan plafon

Plafon yang rendah membuat rumah terkesan sempit dan sesak. Kalau plafon rumah setinggi tiga meter atau bahkan kurang, tinggikan sampai minimal empat meter.

Plafon tinggi memberikan lebih banyak udara yang masuk ke rumah. Agar lebih sejuk, tambahkan lubang ventilasi sebagai akses sirkulasi pertukaran udara. Plafon tinggi juga memberikan efek luas dan lega.

Ventilasi silang

Trik ventilasi silang cukup umum digunakan untuk membuat rumah lebih sejuk. Cara kerjanya, posisi jendela atau dua ventilasi letaknya harus berhadapan dalam satu ruangan.

Dengan ventilasi silang, sirkulasi udara tetap lancar karena udara kotor yang panas cepat keluar dan berganti dengan udara bersih yang bersuhu dingin.

Menggunakan kaca film

Kaca film biasa digunakan untuk jendela gedung-gedung perkantoran. Tujuannya untuk mengurangi sengatan terik matahari yang masuk ke ruangan.

Cara ini juga bisa diterapkan di rumah, terutama rumah yang menghadap ke arah barat di mana sengatan akan sangat terasa di siang hari.

Menanam banyak tanaman

Tanaman di kenal sebagai produsen oksigen. Tanaman yang rindang dapat menghalangi sinar matahari sekaligus membuat rumah jadi sejuk. Namun kalau halaman rumah kecil, bisa disiasati dengan menanam tanaman merambat meletakaan pot gantung.

Meletakan tanaman di dalam ruang seperti lidah buaya, lidah mertua, dan sirih gading juga bisa menyerapa racun dalam udara. Selain sejuk, risiko terkena penyakit kritis juga berkurang.

Menempelkan alumunium foil foam di langit-langit

Alumunium foil bisa meredam panas dan mensirkulasi udara panas dengan baik. Selain itu instalasi alumunium foil foam di langit-langit juga dapat meredam suara yang ditimbulkan hujan. Harganya juga terjangkau.

Memasang turbin ventilator

Turbin ventilator atau biasa juga disebut heksos biasanya diletakkan di atap kamar tidur atau kamar mandi. Angin yang berembus ditangkap sirip kipas dan mengalir ke ruangan.

Udara yang bergerak perlahan dari kipas melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga udara di dalam ruangan jadi tidak terlalu panas. Jika dipasang di kamar mandi, turbin ventilator juga bermanfaat mengusir kelembaban.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami