Cara Cek Kadar Gula Darah di Rumah dengan Mudah dan Akurat

4 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Cara untuk cek kadar gula darah sepertinya memang perlu diketahui oleh setiap orang, khususnya bagi kamu yang menderita diabetes, guna mengetahui apakah kadar gula di dalam darah menurun atau justru meningkat.

Ketika kamu tengah melakukan pemeriksaan ke dokter, biasanya dokter akan meminta kamu untuk bisa melakukan tes sendiri di rumah selama beberapa kali dalam sehari.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak hanya penderita diabetes saja yang perlu mengetahui cara cek kadar gula darah, melainkan juga untuk kamu yang memiliki kondisi prediabetes ataupun yang baru merasakan gejala dari diabetes itu sendiri. Sebenarnya, cara cek kadar gula darah tidak terlalu sulit kok. Kamu bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah namun dengan hasil yang tetap akurat.

Cara Cek Kadar Gula Darah Sendiri di Rumah

Sebelum mengetahui cara cek kadar gula darah itu sendiri, yang pertama harus kamu ketahui yaitu peralatan apa saja yang dibutuhkan dan yang perlu kamu persiapkan. Nah, peralatan tersebut antara lain seperti:

  • Lanset (jarum kecil)
  • Perangkat lancing (untuk menahan jarum)
  • Alkohol swab
  • Strip uji
  • Meteran glukosa
  • Kotak portabel
  • Kabel untuk mengunduh data (jika diperlukan)

Setelah mengetahui berbagai peralatan yang dibutuhkan, maka selanjutnya yaitu dengan mengikuti langkah-langkah dari cara cek kadar gula darah, yaitu sebagaimana berikut ini:

  1. Cucilah tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir
  2. Letakan lanset ke dalam perangkat lancing
  3. Masukan strip tes ke meteran glukosa
  4. Usap ujung jari kamu dengan menggunakan alkohol swab
  5. Tusuk ujung jari dengan lanset agar darah dapat keluar dan diambil
  6. Letakan setetes darah pada strip tetes dan tunggu hasilnya. Nah, biasanya angka yang menunjukan kadar gula darah akan muncul di layar meteran dalam beberapa detik.

Cara Mendapatkan Hasil Cek Kadar Gula Darah yang Akurat

Cara cek kadar gula darah di rumah meskipun sangat mudah dilakukan, tetapi terkadang sering kali menjadi pertanyaan, apakah hasil cek kadar gula darah yang kita lakukan akurat? Jika kamu masih meragukan hasil dari cek kadar gula darah yang telah kamu lakukan, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar hasil menjadi lebih akurat, yaitu dengan mencatat hal-hal penting sangat melakukan tes.

  • Tanggal, waktu (sebelum atau sesudah makan) dan jam pengecekan
  • Obat yang diminum beserta dosisnya
  • Makanan yang dikonsumsi sebelum pengecekan
  • Olahraga harian yang dilakukan sebelum pengecekan

Selain itu, cara cek kadar gula darah juga sebaiknya dilakukan pada jari, dan bukan pada bagian yang lain. Melakukannya ketika puasa, sewaktu maupun 2 jam setelah makan juga biasanya akan memberikan hasil yang akurat. Hal tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana diet yang tengah kamu jalani bisa mempengaruhi hasil kadar gula darah.

(Baca juga: Beda Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa)

Tidak hanya itu, jangan lupa juga untuk mengecek gula darah setelah kamu mengkonsumsi karbohidrat sederhana atau makanan manis, dengan tujuan untuk memastikan bahwa kadar glukosa di dalam tubuh kamu tidak terlalu tinggi. Lakukanlah tes ini setiap kali kamu membuat perubahan pada rencana perawatan atau setiap kali kamu merasa sakit.

Jenis Tes Gula Darah yang Biasanya Dilakukan

Melakukan cara cek kadar gula darah mungkin belum lengkap apabila kamu tidak mengetahui apakah gula darah yang kamu miliki normal atau tidak. Maka dari itu, untuk mengetahui apakah gula darah kamu normal, maka ada beberapa tes darah yang bisa dilakukan. Perlu diketahui bahwa masing-masing dari tes darah ini memiliki metode dan kadar normal yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa pemeriksaan gula darah yang lazim dilakukan, yaitu:

A. Tes Gula Darah Puasa

Seperti dengan namanya, cara cek kadar gula darah satu ini mewajibkanmu untuk berpuasa terlebih dahulu. Biasanya, puasa yang disarankan untuk melakukan cek kadar gula darah membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam. Hal tersebut dikarenakan cek gula darah puasa dilakukan pada pagi hari, sehingga kamu tidak diperbolehkan untuk makan ataupun minum di tengah malam.

Sejauh ini, pemeriksaan gula darah puasa dianggap sebagai salah satu cara cek kadar gula darah yang cukup diandalkan dalam mendiagnosis penyakit diabetes. Kadar gula darah yang dianggap normal pada pemeriksaan satu ini adalah:

  • Normal: Di bawah 100 mg/dl
  • Prediabetes: 100-125 mg/dl
  • Diabetes: 126 mg/dl atau lebih

B. Tes Gula Darah 2 Jam Postprandial (PP)

Tes gula darah 2 jam postprandial merupakan kelanjutan dari tes gula darah puasa. Jika kamu sudah diambil contoh darah ketika berpuasa selama 8 jam penuh, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk makan seperti biasa. Kemudian selang 2 jam setelah makan, kadar gula darah kamu akan dicek kembali. Apabila kadar gula darah justru meningkat tajam, maka kamu tak perlu khawatir karena hal tersebut masih dianggap wajar, khususnya jika kamu baru selesai makan. Hal satu ini bisa terjadi, baik pada orang sehat maupun bagi penderita diabetes.

Hanya saja, pada orang sehat, kadar gula darah akan kembali normal setelah 2 jam setelah makan, yang disebabkan oleh hormon insulin karena bekerja dengan baik untuk menurunkan kadar gula darah. Nah, kondisi inilah yang tak terjadi pada penderita diabetes. Untuk penderita diabetes, hormon insulin sudah tidak bisa bekerja dengan normal sehingga kadar gula darah mereka akan tetap tinggi meski sudah selang 2 jam setelah makan. Berikut adalah kadar normal dari pemeriksaan gula darah 2 jam postprandial

  • Normal: Kurang dari 140 mg/dl
  • Prediabetes: 140-199 mg/dl
  • Diabetes: 200 mg/dl atau lebih

C. Tes Gula Darah Sewaktu

Cara cek kadar gula darah yang terakhir yaitu tes gula darah sewaktu. Tes gula darah satu ini dapat dilakukan kapanpun tanpa syarat dan tanpa harus melakukan puasa sebelumnya. Namun, pemeriksaan ini biasanya hanya bisa diterapkan oleh penderita diabetes saja. Jika kamu sudah memiliki alat cek gula darah di rumah, maka kamu bisa melakukannya secara mandiri. Inilah kategori kadar gula darah yang dianggap normal menurut tes gula darah sewaktu:

  • Normal: Di bawah 200 mg/dl
  • Diabetes: Lebih dari 200 mg/dl

Apabila kamu menderita diabetes dan sudah diberikan obat pengontrol gula darah, maka kadar gula darah yang kamu miliki diharapkan untuk berada di angka normal agar penyakit diabetes dapat terkendali dan mencegah terjadinya risiko komplikasi.

(Baca juga: Cara Cek Kadar Asam Urat beserta Pengobatannya)

Belum memiliki asuransi kesehatan untuk perlindungan kamu di masa depan? Yuk ajukan asuransi kesehatan terbaik dengan biaya premi terjangkau hanya di CekAja!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha