Cara Daftar Pinjaman BRI untuk UMKM beserta Jenis-jenis Produk Pinjamannya

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Bagi kamu yang saat ini tengah memiliki usaha kecil namun belum memiliki modal untuk mengembangkannya, cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM yang akan kita bahas kali ini mungkin akan diperlukan.

Di tengah pandemi seperti saat ini, kondisi finansial sebagian besar orang sepertinya memang sedang tidak stabil, termasuk para pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang turut berjuang untuk bertahan.

Namun beruntungnya, mencari pinjaman untuk menambah modal usaha ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan.

Karena, saat ini sudah banyak bank-bank yang menawarkan pinjaman untuk UMKM dengan persyaratan dan cara pengajuan yang tidak terlalu sulit. Salah satunya seperti bank BRI.

(Baca Juga: Jenis Pinjaman Bank BRI)

Tak hanya itu, bank BRI juga memiliki sejumlah program pinjaman untuk UMKM yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lho. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut lagi?

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM beserta jenis-jenis pinjamannya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengembangkan usaha. Yuk kita simak bersama!

Jenis-jenis Pinjaman UMKM Bank BRI

Sebelum kita membahas tentang cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM, alangkah lebih baiknya jika kamu turut mengetahui tentang jenis-jenis UMKM dari Bank BRI itu sendiri.

Dilansir dari laman bri.co.id, Bank BRI menyediakan tiga kategori pinjaman UMKM yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu Pinjaman Mikro, Retail Menengah, dan Pinjaman Program.

1. Pinjaman Mikro

Pinjaman Mikro terbagi menjadi dua, yaitu KUR (Kredit Usaha Mikro) dan Kupedes. Sesuai dengan namanya, KUR merupakan jenis pinjaman dari bank BRI yang diperuntukan bagi pelaku usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi, dengan batas pinjaman mencapai Rp500 juta.

Sementara itu, Kupedes adalah jenis pinjaman yang diperuntukan bagi semua sektor ekonomi, baik itu badan usaha maupun individu, selama memenuhi persyaratan yang diberlakukan.

Selain bisa dijadikan sebagai modal usaha, pinjaman Kupedes itu sendiri juga dapat digunakan sebagai biaya keperluan lainnya lho, mulai dari biaya pendidikan, renovasi rumah, hingga hal-hal yang bersifat konsumtif.

Persyaratan Pinjaman KUR

  • Memiliki usaha produktif, layak, serta setidaknya telah berjalan secara aktif kurang lebih minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit apapun dari perbankan, kecuali untuk keperluan konsumtif, seperti kartu kredit, KPR, KKB, dan lain-lain
  • Memiliki Surat Izin Usaha
  • Memiliki dokumen lainnya yang dibutuhkan, seperti KTP dan Kartu Keluarga

Keuntungan Pinjaman Kupedes

  • Dana pinjaman dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan
  • Berlaku untuk semua sektor usaha
  • Bunga bersaing
  • Persyaratan pinjaman yang mudah
  • Pelunasan cicilan dapat disesuaikan dengan kemampuan
  • Berkemungkinan mendapatkan bonus untuk para peminjam yang dapat membayar angsuran tepat waktu.
  • Pinjaman disertai dengan asuransi, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Persyaratan Pinjaman Kupedes

  • Memiliki pengalaman usaha setidaknya minimal 1 tahun
  • Melampirkan legalitas usaha (minimal surat keterangan usaha dari Kepala Desa/Lurah/Pasar)
  • Melengkapi identitas diri yang diminta, seperti KTP atau SIM

Selama kamu memenuhi seluruh persyaratan yang diminta, kamu dapat langsung melakukan cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM satu ini melalui online, yaitu dengan mengunjungi situs Bank BRI secara langsung.

2. Pinjaman Retail Menengah

Selain pinjaman Mikro, bank BRI juga memiliki jenis pinjaman lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu pinjaman untuk Retail Menengah.

Pinjaman satu ini juga memiliki dua kategori, yaitu Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi. Sesuai dengan namanya, Kredit Modal Kerja merupakan salah satu jenis pinjaman yang memang diperuntukan bagi pelaku usaha yang membutuhkan modal tambahan untuk biaya operasional usaha.

Sementara itu, Kredit Investasi merupakan fasilitas kredit jangka menengah atau jangka panjang untuk membiayai barang modal atau aktiva tetap perusahaan.

Untuk kedua jenis pinjaman ini, tidak terdapat batas nominal pinjaman. Namun, tetap harus disesuaikan dengan kemampuan dari peminjamnya itu sendiri.

Keuntungan Kredit Modal Kerja

  • Proses yang cepat dan mudah
  • Suku bunga yang bersaing

Keuntungan Kredit Investasi

  • Permohonan kredit yang dapat diajukan di seluruh kantor cabang di Bank BRI
  • Periode pinjaman dapat disesuaikan dengan arus kas perusahaan
  • Batas kredit yang terbilang sangat besar, yaitu mulai dari Rp100 juta sampai dengan Rp4 miliar
  • Pelunasan pinjaman dapat dilakukan secara mencicil
  • Diberlakukannya masa tenggang
  • Suku bunga yang bersaing

Cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM satu ini bisa kamu ketahui dan lakukan dengan mengunjungi situs dari bank BRI secara langsung.

Namun umumnya, cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank BRI secara langsung yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Pinjaman Program

Nah, jenis pinjaman untuk UMKM dari bank BRI yang akan kita bahas terakhir adalah pinjaman program, yang merupakan jenis pinjaman untuk suatu program tertentu, sehingga tidak semua orang dapat mengajukan pinjaman di sini.

Pinjaman Program UMKM Bank BRI itu sendiri hadir dalam tiga kategori yang bisa kamu jadikan pilihan sesuai kebutuhan, yaitu Kredit Pangan, Resi Gudang, dan Kredit Kemitraan.

Kredit Pangan merupakan salah satu jenis pinjaman yang diperuntukan bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang pangan.

Sementara itu, Resi Gudang adalah jenis pinjaman yang diperuntukan bagi Petani, Kelompok Tani, Gapoktan, maupun Koperasi, yang menjadi resi gudang sebagai jaminannya.

Jangka waktu cicilan pinjaman maksimum 6 tahun dengan plafon maksimum 70 persen dari nilai resi gudang.

Sedangkan Kredit Kemitraan adalah jenis pinjaman untuk membiayai modal kerja dan atau pembelian aktiva tetap dalam rangka meningkatkan produksi penjualan.

Persyaratan Kredit Pangan

  • Usaha telah berjalan aktif selama kurang lebih 1 tahun atau selama 2 kali siklus tanam
  • Sektor Ekonomi Produksi sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Dinas yang berwenang di daerah masing-masing serta memenuhi dokumen yang telah ditetapkan, seperti Akta Pendirian Usaha, TDP, SIUP, SITU, dan IUMK
  • Melampirkan identitas diri

Persyaratan Resi Gudang

  • Merupakan anggota petani
  • Melampirkan dokumen legal dari yang berwenang
  • Memiliki komunitas yang aktif

Persyaratan Pinjaman Kemitraan

  • Memiliki usaha yang produktif selama kurang lebih 1 tahun dan layak untuk dibiayai, namun belum memenuhi persyaratan perbankan
  • Melampirkan Surat Keterangan Usaha dari kepala Desa atau Lurah atau Pasar
  • Tidak sedang menerima pinjaman kemitraan dari BUMN lainnya

Cara Daftar Pinjaman BRI untuk UMKM

Setelah membahas tentang beberapa jenis pinjaman UMKM yang disediakan oleh Bank BRI, sekarang barulah saatnya kita membahas tentang cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM.

Di dalam cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM, kamu hanya perlu mengunjungi laman resmi Bank BRI di https://bri.co.id/, kemudian klik menu “UMKM” dan klik “Pinjaman”.

Setelah itu, secara otomatis laman akan membawamu ke jenis-jenis pilihan pinjaman UMKM yang tersedia sekaligus lokasi tempat dimana kamu bisa mengajukannya.

Umumnya, cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM dapat diajukan dengan mengunjungi kantor cabang dari Bank BRI itu sendiri yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

(Baca Juga: Tips Agar Pinjaman BRI Diterima)

Selain itu, cara daftar pinjaman BRI untuk UMKM juga bisa dilakukan melalui CekAja.com lho. Tak hanya sebatas pinjaman saja, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa mengajukan produk dari Bank BRI lainnya lho, seperti kartu kredit.

Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online sepenuhnya, tentu hal ini tidak akan merepotkanmu untuk meluangkan waktu ke luar rumah, bukan?

Hanya dengan duduk manis di depan komputer atau laptop, pengajuan pinjaman sudah dapat dilakukan dengan cepat dan mudah kapanpun dan dimanapun.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan pinjaman pilihanmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang keuntungannya.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha