Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Alternatif Cara Pulang Kampung Bila Tiket Mudik Sudah Habis

by Surtan Siahaan on 15 Juni, 2016

kehabisan tiket mudik _ kartu kredit - CekAja.com

Lebaran masih tiga pekan lagi. Meski masih lama, banyak orang sudah tidak sabar untuk mudik. Maklum, momen yang hanya ada setahun sekali ini benar-benar ditunggu karena waktu di mana seluruh anggota keluarga besar berkumpul untuk merayakannya. Bagi mereka yang sudah pegang tiket mudik, yang perlu disiapkan tinggal kesehatan dan kebutuhan-kebutuhan kecil lainnya. Tapi, bagi mereka yang belum punya tiket, sepertinya harus mulai berpikir keras untuk merealisasikan rencana pulang kampung.

Maklum, sebulan sebelum Lebaran, tiket kereta api biasanya sudah ludes. Sementara, menjelang libur harga tiket pesawat akan melejit tinggi. Nah buat kamu yang sedang pusing memikirkan rencana pulang kampung, ini tips yang bisa membantumu:

Widget TRV Insurance

Cek tiket di agen perjalanan

Bila tiket di konter resmi maupun website perusahaan terkait sudah habis, coba cari melalui agen-agen resmi. Ada banyak agen tiket maupun agen perjalanan online yang bisa kamu telusuri. Jika beruntung, siapa tahu masih ada sisa tiket yang batal digunakan oleh pembelinya. Namun, jika pun ada tiket yang tersisa kamu sudah tidak bisa memesan tempat duduk maupun memilih kelas.

(Baca juga: 5 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mobil Dibobol Maling)

Kehabisan tiket? coba lakukan estafet

Bagi kamu yang kehabisan tiket baik itu menggunakan kereta api, bus maupun pesawat, sebenarnya masih ada kesempatan kok mudik dengan sekian alat transportasi tersebut. Caranya dengan mencari alternatif stasiun, terminal atau bandara kota lain sebagai titik keberangkatan. Misalnya, jika kamu mudik dengan kereta api, coba cari stasiun yang dekat dengan kota kamu namun jumlah pemudiknya jauh lebih sedikit.

Contohnya, bila kamu ingin mudik ke daerah Jawa Tengah, kemungkinan untuk mendapatkan tiket kereta dari Jakarta cukup susah. Untuk itu, kamu bisa cari alternatif keberangkatan lainnya seperti dari stasiun Bandung. Cara untuk melihat ketersediaan tiket pun lebih mudah lantaran bisa dipantau secara online.

Ikut program mudik gratis

Bila upaya di atas tidak berhasil, mengapa tidak memanfaatkan kegiatan mudik gratis yang ada di kotamu. Banyak kok instansi maupun perusahaan yang memberikan fasilitas ini. Contohnya, bila kamu berencana mudik dengan kereta namun kehabisan tiket, coba ikut program mudik gratis Kementerian Perhubungan.

Ada juga program mudik gratis sejenis yang diadakan perusahaan swasta seperti Sido Muncul atau Telkomsel.

(Baca juga: Serba-serbi KTA Syariah, Pinjaman Dana Halal dengan Berbagai Kelebihan)

Gunakan kendaraan pribadi

Bila seluruh alternatif transportasi publik sudah tidak bisa diakses dan kamu memang harus mudik, alternatif cara yang bisa dilakukan adalah mudik dengan kendaraan pribadi. Disarankan untuk menggunakan mobil dibandingkan motor terlebih bila jarak yang harus ditempuh cukup jauh.

Sebab, mobil lebih aman, sehat dan punya kapasitas besar bila ingin mudik bersama keluarga. Nah, agar tidak terjebak macet, coba tentukan dari sekarang rute keberangkatanmu. Coba cari dan pelajari titik-titik kemacetan dan jalur alternatif untuk menghindarinya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami