Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Cara Mengelola Gaji 3 Juta Agar Tetap Hidup Layak di Jakarta

by Estrin Vanadianti Lestari on 10 November, 2019

Ketika kamu mendapatkan gaji bulanan, mungkin hal yang akan kamu pikirkan selanjutnya adalah, mikirkan apakah kamu bisa hidup dengan layak dengan gaji tersebut, selama sebulan ke depan? Terlebih, jika kamu hidup atau bekerja di DKI Jakarta, yang rata-rata penghasilannya adalah Rp3 jutaan per bulan, dengan biaya hidup yang cukup besar. Lantas, dengan penghasilan sekian, bagaimana cara mengelola gaji 3 juta, agar kamu bisa tetap hidup layak di Jakarta?

Jika kamu memiliki pemikiran atau prinsip hidup yang tepat, kamu juga bisa loh sukses hanya dengan gaji 3 jutaan. Apalagi kota Jakarta merupakan pusatnya bisnis, dimana kota ini juga menjadi tempat berkumpulnya para perantau seluruh Indonesia, untuk mencari pekerjaan. Nah, sebelum mengetahui lebih dalam terkait cara mengelola gaji 3 juta, yuk simak dulu sekilas informasi tentang penetapan gaji di Jakarta.

UMP DKI Jakarta

DKI Jakarta memiliki Upah Minimun Provinsi (UMP) yang ditetapkan pada tahun 2019, yakni sebesar Rp3,9 juta. Namun kabarnya, UMP DKI Jakarta akan naik sekitar 8,51% di tahun 2020, menjadi sebesar Rp4,2 juta, seperti yang dilansir dari laman kompas.com.

Akan tetapi, umumnya para pekerja di Jakarta yang baru lulus atau fresh graduate (lulusan SMA, SMK atau S1), akan mendapatkan gaji yang lebih rendah dari UMP. Namun, hal tersebut tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Sehingga, rata-rata angka untuk gaji seorang pekerja di DKI Jakarta, adalah sekitar 3 jutaan.

Tips dan Trik Cara Mengelola Gaji 3 Juta

Nah pertanyaannya, apakah dengan gaji 3 jutaan tersebut, kamu bisa mendapatkan kehidupan yang layak di kota metropolitan ini? Dan jawabannya, tentu saja bisa! Karena dengan menerapkan cara mengelola gaji 3 juta berikut ini, dijamin kamu juga bisa mendapatkan kesuksesan finansial yang baik. Pensasaran yuk intip caranya di sini:

1. Alokasikan Penghasilan Dengan Cerdas

Cara mengelola gaji 3 juta yang pertama adalah dengan cara mengalokasikan penghasilan dengan cerdas. Adapun tips praktis dalam cara mengelola gaji 3 juta dengan formula 40-30-20-10, yang rinciannya bisa kamu lihat berikut ini:

2. Jangan Lupa Sisihkan Dana Darurat

Cara mengelola gaji 3 juta agar kamu tetap bisa hidup layak di Jakarta selanjutnya adalah dengan menyisihkan dana darurat. Dana ini akan sangat berguna, jika suatu saat kamu jatuh sakit, kecelakaan, menjadi korban bencana, atau mungkin jika kamu tiba-tiba di PHK dari tempatmu bekerja.

Untuk angkanya, kamu bisa sesuaikan dan perhitungkan sendiri. Minimal, dana darurat ini mampu menalangi kebutuhan hidupmu selama 2-3 bulan ke depan. Sehingga, setidaknya jika dalam sebulan kamu menghabiskan dana Rp2,5 juta untuk bertahan hidup, berarti kamu harus memiliki dana darurat yang harus diendapkan sekitar Rp5-7,5 juta.

Dalam hal ini juga kamu harus konsisten, bahwa uang endapan tersebut tidak boleh kamu gunakan untuk keperluan lain, selain untuk hal-hal yang darurat.

(Baca Juga: 7 Tips Belanja Hemat Bulanan Bagi Karyawan Kantor)

3. Sisihkan Tabungan di Awal Gajian

Berikutnya, cara mengelola gaji 3 juta agar kamu tetap bisa sukses finansial adalah tetapkan tekad untuk selalu menyisihkan tabungan di awal gajian. Artinya, ketika waktu gajian tiba, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah memisahkan uang tabungan dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

Nah, agar uang tabunganmu tidak tercampur dengan dana lainnya, kamu bisa pisahkan dengan menyimpan uang tabungan di rekening lain. Kamu bisa membuat rekening lebih dari satu, yang dikhususkan untuk tabungan saja. Untuk rekening tabungan, usahakan pilih rekening yang bebas biaya administrasi dan tidak memiliki kartu ATM.

4. Hidup irit dan sederhana

Cara mengelola gaji 3 juta, ternyata bisa dilakukan secara sederhana juga loh, yakni dengan cara hidup irit. Irit bukan berarti kamu pelit ya. Karena hidup irit di sini adalah dengan memanfaatkan hal-hal yang ada untuk membantu menjaga finansialmu tetap utuh.

Misalnya, dengan cara membawa bekal ke kantor. Selain lebih sehat, membawa bekal juga bisa mengurangi pengeluaranmu untuk konsumsi. Karena, makanan bikinanmu sendiri tentunya akan lebih murah ketimbang makanan beli di luar, dan tentunya lebih higienis juga.

Selanjutnya, hidup irit dengan cara menggunakan transportasi umum kota. Karena saat ini fasilitas trasportasi umum sudah sangat nyaman, murah, dan bisa terintegrasi dengan transportasi lainnya. Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum, kamu juga telah mengurangi tingkat kemacetan, dan polusi udara di kota.

5. Mempunyai pekerjaan sampingan

Cara mengelola gaji 3 juta selanjutnya, kamu bisa mencari pekerjaan tambahan atau sampingan, selain dari pekerjaan utama. Hal tersebut dilakukan untuk, membantu memenuhi kebutuhan finansialmu yang masih belum sempurna.

Kamu bisa mencari pekerjaan part time, di malam hari, atau pekerjaan freelance yang bisa kamu kerjakan di rumah ketika sedang libur kerja, dan lain-lain. Atau bahkan kamu juga bisa sambil berdagang atau berbisnis kecil-kecilan.

Nah, untuk memulai bisnis, kamu tidak perlu mengorbankan tabunganmu untuk dijadikan modal usaha. Karena saat ini, kamu sudah bisa melakukan pinjaman dana tunai cepat, dengan bunga ringan tanpa jaminan, aman, terpercaya dan proses cepat, hanya di Cekaja.com. Yuk, segara ajukan pinjaman dana tunai cepat di Cekaja.com sekarang!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk