11 Cara Menghemat Baterai Android Paling Mudah dan Efektif

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Cara menghemat baterai Android perlu kamu ketahui agar baterai HP yang digunakan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Ada beberapa cara mudah yang kerap tidak kamu sadari bisa membantu menghemat penggunaan baterai.

HP merupakan salah satu benda terpenting yang perlu dimiliki hampir semua orang. Selain untuk mempermudah sambungan komunikasi tak langsung, HP juga kini digunakan untuk berbagai aktivitas lainnya.

Mulai dari mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan, membayar tagihan melalui aplikasi, belanja online, berolahraga, dan lain sebagainya.

Dalam satu genggaman, kamu bisa melakukan banyak hal sekaligus. Maka dari itu, kini hampir semua orang memiliki HP.

Karena kecanggihan teknologi pada HP semakin maju, sebagian besar HP diproduksi sebagai smartphone alias telepon pintar.

Sistem operasi pada smartphone terpopuler adalah Android, Windows dan iOS. Di antara ketiga sistem operasi itu, jumlah pengguna smartphone Android cukup besar yakni lebih dari 2 miliar pengguna (data pada pertengahan tahun 2019).

Android memiliki banyak pengguna karena sistem operasi yang dirasa lebih sederhana, mudah digunakan, menjangkau smartphone dari berbagai harga (mulai dari yang murah hingga sangat mahal), dan lain sebagainya.

Kapasitas Baterai Android

Selain itu, baterai Android juga terbilang awet. Kini, kapasitas baterai Android berkisar antara 3000 mAh hingga yang paling terbesar yakni 6000 mAh.

Fungsi baterai sebagai sumber tenaga pada pengoperasian HP sangat penting. Sehingga besar daya dan ketahanan baterai menjadi pertimbangan penting bagi konsumen yang hendak membeli HP.

Tapi, tahukah kamu bahwa besaran daya baterai Android tidak selamanya menjamin keawetannya?

Sebagai contoh, ada perbandingan HP Android dengan daya 3800 mAh dengan HP Android berdaya 4010 mAh justru memiliki ketahanan baterai yang sama.

Hal ini disebabkan oleh jumlah core dan teknologi pabrikasi yang berbeda-beda.

Jadi, kurang tepat rasanya jika hanya mengukur ketahanan baterai dari jumlah daya baterai yang tercantum pada iklan.

Sebab, kualitas produksi pabrikan dari berbagai merk HP juga menentukan ketahanan baterainya.

Baterai HP Android juga bisa mengalami penurunan peforma bahkan mengalami kebocoran.

Ini tentu akan mengganggu penggunaan HP, karena baterai akan lebih cepat habis meskipun sudah diisi dayanya (di-charge) dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, cara menghemat baterai Android perlu kamu ketahui untuk menjaga ketahanan HP yang kamu miliki.

(Baca Juga: Daftar Smartphone Terlaris di Dunia 2020 Didominasi oleh 3 Merk Ini!)

Cara Menghemat Baterai Android

Kita terkadang menggunakan HP dengan semaunya. Karena tidak memahami sistem kerja dan hal-hal yang mempengaruhi daya baterai, muncullah kebiasaan buruk pada penggunaan HP yang membuat baterai Android cepat habis.

Berikut ini beberapa cara menghemat baterai Android yang bisa kamu lakukan:

1. Turunkan Tingkat Kecerahan HP

Cara menghemat baterai Android yang pertama adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan atau brightness pada HP Androidmu.

Cara ini sangat mudah dilakukan dan cukup efektif menghemat baterai Android. Biasakan diri untuk menggunakan HP pada tingkat kecerahan sedang, sehingga baterai tidak cepat habis.

2. Tutup Aplikasi yang Bikin Boros Baterai

Selanjutnya, tutup aplikasi yang jarang kamu gunakan tetapi menguras penggunaan baterai.

Misalnya, jika kamu memiliki aplikasi Facebook yang berada dalam posisi membuka akun, maka tutup aplikasi dengan meng-log out akun tersebut agar aplikasi tidak bekerja terus menerus.

3. Matikan Sinyal Radio yang Tidak Digunakan

Setiap HP Android tentu memiliki beberapa fitur yang melibatkan sinyal radio, seperti fitur NFC, Bluetooth, GPS, WiFi, dan lain sebagainya.

Selalu cek keaktifan fitur-fitur ini sebagai salah satu cara menghemat baterai Android. Jika tidak digunakan, sebaiknya segera matikan sinyalnya agar tidak membuat baterai Android boros.

4. Hapus Aplikasi Dari Daftar Recent Apps

Aplikasi terkini yang baru saja kamu buka biasanya akan masuk ke dalam mode multi-task pada HP Android.

Fitur ini memungkinkanmu untuk kembali ke aplikasi tersebut tanpa harus menunggu waktu loading ulang ke halaman utama aplikasi.

Nah, jika aplikasi sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya kamu menghapus aplikasi tersebut dari daftar Recent Apps.

Cara menghemat baterai Android yang satu ini bisa dilakukan dengan menekan tombol menu utama pada home screen, lalu geser aplikasi yang hendak dihapus dari daftar Recent Apps.

5. Matikan Fitur Upgrade Aplikasi Otomatis

Cara menghemat baterai Android lainnya adalah dengan mematikan fitur upgrade aplikasi yang biasanya dilakukan secara otomatis.

Kamu cukup mengupgrade aplikasi secara manual, sesuai dengan aplikasi yang kamu mau. Selain membuat baterai boros, fitur upgrade aplikasi otomatis juga membuat kuota internetmu terkuras.

6. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Kini, HP Android juga dilengkapi dengan fitur live wallpaper yang memungkinkanmu memasang wallpaper bergerak dengan format gif yang menarik.

Meskipun begitu, live wallpaper juga membuat baterai bekerja ekstra karena harus menampilkan wallpaper bergerak dengan warna yang beragam.

Maka dari itu, cara menghemat baterai Android sebaiknya diterapkan dengan menghindari penggunaan live wallpaper.

(Baca Juga: Fitur Rahasia Smartphone iPhone dan Android yang Belum Kamu Ketahui)

7. Matikan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Perlu

Setiap aplikasi pasti didesain dengan kemunculan notifikasi otomatis, agar pengguna tertarik untuk membuka kembali aplikasi tersebut.

Jika kamu ingin menerapkan cara menghemat baterai Android, maka sebaiknya matikan notifikasi aplikasi yang tidak diperlukan atau dirasa tidak penting.

Misalnya seperti aplikasi media sosial pribadi. Sedangkan untuk notifikasi aplikasi yang berhubungan dengan kontak pribadi seperti chat messanger, e-mail, dan sejenisnya, dibiarkan aktif agar kamu dapat terhubung dengan mudah.

8. Percepat Screen Timeout

Kemudian, cara menghemat baterai Android lainnya adalah mempercepat jeda waktu standby pada layar HP Android alias screen timeout.

Jika biasanya kamu menggunakan screen timeout selama 1 menit, maka cobalah kurangi menjadi 15 detik atau 30 detik saja. Dengan begitu, baterai HP akan lebih hemat lebih dua kali lipat.

9. Kurangi Penggunaan HP Pada Posisi Standby

Penggunaan HP Android yang membuatnya berada pada posisi standby terlalu lama juga bikin boros baterai.

Misalnya memutar video, melakukan panggilan telepon, dan memutar audio dengan speaker HP. Kurangi penggunaan aplikasi yang berkaitan dengan tiga hal tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan perangkat tambahan seperti earphone untuk meminimalisir kerja baterai HP Android.

10. Aktifkan Mode Malam

Cara menghemat baterai Android yang ke-sepuluh adalah dengan mengaktifkan mode malam. Mode malam akan merubah tampilan HP dengan background berwarna gelap, sehingga lebih irit baterai.

Kamu bisa mengatur keaktifan mode malam pada jam yang kamu inginkan. Misalnya mulai dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi.

11. Gunakan Fitur Power Saving

Terakhir, kamu juga bisa melakukan cara menghemat baterai Android dengan menggunakan fitur power saving.

Fitur ini memungkinkan HP tetap bekerja dengan meminimalisir penggunaan fitur yang tidak dibutuhkan. Seperti mematikan sinyal radio, mematikan beberapa aplikasi tambahan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara menghemat baterai Android termudah yang bisa kamu lakukan.

Jika kamu membiasakan diri untuk menggunakan HP Android dengan baik, maka baterai akan lebih awet dan umur ketahanan HP akan lebih lama lagi.

Ada banyak produk HP Android dengan kapasitas baterai tinggi yang bisa kamu pilih dan miliki sekarang juga. Caranya dengan membeli menggunakan kartu kredit cicilan ringan yang ada di CekAja.

CekAja memiliki rekomendasi kartu kredit terbaik dari berbagai penyedia ternama yang disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jika kamu berminat, ajukan saja dengan mengisi formulir pengajuan online. Proses dijamin cepat dan mudah, karena kamu tak perlu repot-repot datang ke kantor cabang perusahaan penyedia kartu kredit.

Cukup tunggu pengajuan disetujui, dan kartu kredit akan dikirimkan ke alamat tempat tinggalmu. Gampang banget, kan?

Yuk, segera bandingkan dan ajukan kartu kredit hanya melalui CekAja!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah