Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Paling Ampuh dan Efektif

by Kyla Damasha on 6 Desember, 2019

Salah satu masalah gigi yang tak jarang dialami oleh orang adalah karang gigi. Dianggap sebagai salah satu timbulnya rasa tidak percaya diri, karang gigi ternyata juga masih banyak dianggap sepele. Padahal, apabila di diamkan secara terus-menerus, karang gigi juga bisa mengundang berbagai masalah kesehatan.

Bagi yang belum tahu, karang gigi atau yang dikenal sebagai kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Nah, karang gigi itu sendiri biasanya dapat terbentuk dari bawah gusi dan menyebabkan terjadinya iritasi pada gigi.

Selain itu, karang gigi juga membuat permukaan gigi menjadi lebih lengket karena plak yang telah berkembang dan menyebar luas.

Maka dari itu, pengobatan karang gigi ada baiknya untuk dilakukan sejak dini sebelum menjadi semakin parah. Memang sebagai cara instan, kamu bisa mengunjungi dokter untuk menyembuhkan karang gigi. Namun, tentunya biaya ke dokter tidaklah murah.

Nah, apabila kamu ingin menyembuhkan karang gigi dengan bujet yang lebih murah, kamu bisa menerapkan cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter yang akan kita bahas di dalam kesempatan kali ini.

Namun sebelum kita menuju ke pokok pembahasan mengenai cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter, ketahui dulu yuk beberapa efek yang akan terjadi apabila karang gigi tidak segera diobati.

(Baca juga: Dari Sikat Gigi Sampai Bersiul, Inilah Aturan Pemerintah Terkonyol di Dunia)
Efek Karang Gigi Apabila Tidak Segera Diobati
a. Menjadi Tempat Bersarang Bakteri

Efek karang gigi yang pertama adalah menjadi tempatnya bersarang bakteri. Perlu diketahui bahwa secara keseluruhan, karang gigi memiliki efek yang sangat serius pada kesehatan mulut, terutama jika karang gigi tersebut tumbuh di atas garis gusi.

Karena garis gusi merupakan tempat bagi bakteri untuk bersemayam, yang kemudian bisa menyusup ke dalam gusi sehingga membuanya menjadi rusak dan mengalami iritasi juga peradangan.

b. Menyebabkan Radang Gusi

Efek karang gigi selanjutnya yaitu menyebabkan radang gusi. Ketika radang gusi terjadi pada saat karang gigi masih ada, maka gusi tinggal menunggu waktu saja untuk terkena penyakit periodontitis.

Penyakit yang merupakan infeksi gusi itu dapat merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi dan pada akhirnya gigi kamu bisa tangga alias ompong. Perlu diwaspadai bahwa periodontitis merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh usia remaja.

Pada saat terjadinya periodontitis, maka bakteri akan menumpuk sebagai plak pada pangkal gigi yang membuat jaringan di sekitar gigi menjadi rusak dan menumbulkan abses serta berisiko menyebabkan kerusakan tulang.

c. Meningkatkan Risiko Gigi Tanggal

Ketika sistem pertahanan tubuh melakukan reaksi perlawanan terhadap bakteri yang terdapat di dalam kantong nanah gigi, maka secara bersamaan bakteri juga akan melepaskan zat pertahanan diri, yang mengakibatkan tulang gigi dan jaringan di sekitarnya bisa mengalami kerusakan.

Apabila didiamkan, maka bersiaplah untuk kehilangan gigi alias gigi tanggal, sekaligus mengalami penipisan tulang dimana gigi tertanam.

d. Memicu Penyakit Jantung dan Stroke

Munculnya penyakit jantung dan stroke juga dapat dipicu dari kesehatan gusi. Hal tersebut dikarenakan bakteri dan mikoorganisme yang berada di dalam plak gigi diduga dapat masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan reaksi peradangan.

Nah, kondisi ini bisa menjadi penyebab kerusakan dan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga risiko terkena penyakit jantung dan stroke meningkat.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter

Setelah mengetahui dari beberapa efek karang gigi yang tidak boleh disepelekan, sekarang saatnya kita mempelajari mengenai cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter.

Mungkin beberapa cara yang akan kita bahas kali ini tidak instan jika dibandingkan dengan pergi ke dokter sehingga kamu harus melakukannya secara rutin dan konsisten.

Tetapi menggunakan beberapa cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter ini justru akan cenderung lebih alami dan terbebas dari bahan-bahan kimia. Apa sajakah itu?

1. Baking Soda

Baking Soda - Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Paling Ampuh dan Efektif

Cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter yang pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Bagi sebagian orang, baking soda mungkin sudah tidak asing lagi.

Salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pengembang roti ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter menggunakan baking soda sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan 1 buah sendok baking soda yang dicampurkan dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta.

Setelah itu, ambilah sikat gigi dan jadikan baking soda sebagai pasta gigi. Gosok secara perlahan dan merata pada gigi hingga plak rontok dan membuat gigi menjadi lebih bersih dan putih.

(Baca juga: Vitamin yang Dibutuhkan Ibu Hamil Serta Asupan yang Baik Dikonsumsi)
2. Apel

Apel - Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Paling Ampuh dan Efektif

Cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter selanjutnya yaitu dengan menggunakan Apel. Buah yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B1 ini ternyata dikenal cukup ampuh dalam menghilangkan karang gigi lo.

Caranya pun sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencuci buah apel hingga bersih dan memakannya.

Mengkonsumsi buah apel secara rutin akan membuat gigi menjadi lebih sehat, kuat, dan terhindar dari terjadinya karang gigi.

3. Jeruk

Jeruk - Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Paling Ampuh dan Efektif

Kandungan vitamin C yang dikenal ampuh dalam menyembuhkan sariawan ternyata juga bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter yang mudah.

Hal tersebut disebabkan selain sariawan, vitamin c di dalam jeruk juga dikenal cukup efektif dalam melawan mikroorganisme dan menghilangkan plak pada gigi. Selain itu, kulit jeruk itu sendiri juga berkhasiat untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut tak sedap.

Cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan satu buah jeruk untuk diambil kulitnya.

Nah, bagian dalam dalam dari kulit jeruk tersebut hanya perlu kamu gosokan ke gigi. Lakukanlah secara rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

4. Daun Sirih

Daun Sirih - Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Paling Ampuh dan Efektif

Meskipun banyak orang yang tidak terlalu menyukainya, mengunyah daun sirih merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter yang ampuh lo.

Tidak hanya karang gigi, mengunyah daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut tak sedap yang terkadang membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Caranya yaitu dengan mengambil selembar daun sirih dan tumbuklah, namun jangan terlalu halus. Setelah itu kamu bisa mengunyahnya. Jika ingin, kamu juga bisa menambahkannya dengan satu batang cengkeh.

Kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan rutin melakukan check-up ke dokter setiap 3 bulan sekali. Butuh dana tunai, akses CekAja.com

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda