Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Cara Menghitung PPh 21 Tanpa Harus Pandai Berhitung

by Surtan Siahaan on 13 August, 2017

tips belanja hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Mengitung PPh 21 merupakan salah satu pekerjaan utama staf payroll sebuah perusahaan.

Pekerjaan ini biasanya digarap oleh lulusan fakultas ekonomi jurusan akutansi atau perpajakan yang seharusnya sudah mengetahui cara menghitung PPh 21 di luar kepala. Namun, ilmu yang diperoleh saat kuliah terkadang terbatas. Lebih apes lagi kalu kita sebenarnya tidak terlalu pandai berhitung.

Bagi yang hidup di zaman sekarang, bersyukurlah pada kemajuan teknologi. Sebab, seluruh aspek kehidupan bahkan tugas manusia saat bekerja semakin dimudahkan oleh kehadiran teknologi.

Termasuk bagi orang yang bekerja sebagai akuntan atau staf payroll sebuah perusahaan. Teknologi yang dimaksud adalah aplikasi penghitung PPh 21 yang sangat mudah digunakan. Salah satu penyedia aplikasi PPh 21 yang akan kita bahas adalah Online Pajak. Seperti dikutip dari situs resminya, Onlne Pajak merupakan aplikasi pajak yang dikembangkan PT Achiles Advanced System.

Aplikasi yang ditawarkan oleh Online Pajak merupakan aplikasi pajak resmi yang dikembangkan oleh PT Achilles Advanced System dan disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak melalui Surat Keputusan No. KEP-193/PJ/ 2015. Online Pajak juga menjadi aplikasi resmi untuk membantu perusahaan, konsultan pajak dan keuangan serta e-commerce berdasarkan SK No. 72/PJ/2016.

10 Keuntungan menghitung pajak penghasilan orang pribadi di Online Pajak

  1. Perhitungan otomatis dan terjamin akurasinya. Meskipun menggunakan mesin, perhitungan PPh 21 di Online Pajak selalu disesuaikan dengan peraturan pajak terbaru dan tarif dasar progresif. Cukup masukkan data gaji karyawan, dalam sekali klik hasil perhitungan PPh 21 sudah tersaji dengan akurat. Karena aplikasi ini berbasis online, kita tak perlu menginstal software apapun. 
  1. Dilengkapi dengan fitur karyawan tetap dan karyawan tidak tetap. Di sebuah perusahaan terdapat beberapa kategori karyawan seperti karyawan tetap, karyawan tidak tetap, tenaga ahli dan lain sebagainya. Aplikasi online pajak memiliki fitur yang menyesuaikan denga semua jenis status karyawan. Dengan mengubah status karyawan pada fitur, perhitungan PPh 21 pun langsung disesuaikan dengan informasi tersebut. 
  1. Terdapat metode perhitungan gaji bersih dan kotor. Pengguna dapat memilih untuk menghitung PPH 21 menggunakan metode perhitungan gaji bersih atau gaji bruto (gross). 
  1. Dilengkapi fitur bonus, pesangon, pensiun, BPJS Ketenagakerjaan & BPJS Kesehatan. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur penghitungan pajak untuk BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta pesangon dan pensiun. 
  1. Pengguna dapat melakukan impor data karyawan dari e-SPT atau software HR. Cukup sekali input, data karyawan dari software HR dapat dipindahkan ke aplikasi ini secara mudah. Pengguna pun terhindar dari memindahkan data yang sama berulangkali. 
  1. Pembuatan slip gaji elektronik secara otomatis. Cukup satu kali klik, pengguna aplikasi dapat membuat slip gaji karyawan secara otomatis dan gratis setelah melakukan penghitungan pajak. 
  1. Pembuatan laporan e-SPT dan bukti potong PPh 21 secara otomatis. Setelah melakukan input data dan penghitungan PPh 21 melalui aplikasi Online Pajak, pengguna bisa langsung membuat e-SPT dan bukti potong PPh 21 tanpa harus menggunakan aplikasi lain.
  2. Perhitungan PPh pasal 21 dari bulanan hingga tahunan. Perhitungan bisa dilakukan baik secara bulanan hingga tahunan.
  3. Akses multi pengguna dan multi perusahaan. Aplikasi Online Pajak bisa digunakan untuk sekian user dari satu perusahaan yang sama atau sejumlah perusahaan dengan pemilik yang sama.
  4. Bisa melakukan pembuatan ID billing, setor dan lapor pajak online (e-filling) secara gratis di online pajak. Tanpa perlu repot datang dan mengantre di Kantor Pajak Pratama, pengguna dapat melakukan e-filling secara online.

menghitung anggaran - CekAja.com

5 langkah mudah menggunakan aplikasi online pajak

Isi data karyawan

Masukkan seluruh data seperti nama, NPWP, status pernikahan, jumlah tanggungan,

Masukkan data status karyawan

Masukkan detil status apakah karyawan tetap atau kontrak atau bahkan karyawan tak berkesinambungan seperti freelancer atau tenaga ahli dan konsultan. Pilih juga metode penghitungan gaji apakah menggunakan perhitungan gaji kotor atau gaji bersih. Lalu, pilih tanggal aktif kontrak karyawan.

Input data BPJS Ketenagakerjaan

Selanjutnya, bila proporsi iuran BPJS Kesehatan yang ditanggung karyawan berbeda dengan peraturan (biasanya terjadi ketika ada negosiasi). Jika tidak ada perubahan, kolom ini bisa dilewati. Masukkan data BPJS Kesehatan karyawan seperti tanggal mulai mendapatkan BPJS Kesehatan, jenis BPJS yang diperoleh karyawan dan dasar perhitungan BPJS Kesehatan baik menggunakan gaji atau upah.

Masukkan besaran gaji karyawan

Input detail gaji seperti gaji pokok, tunjangan, bonus dan THR, honorarium untuk divisi sales hingga tunjangan fasilitas seperti biaya perumahan, kesehatan, Pendidikan, pulsa, mobil dan lain sebagainya.

Dapatkan hasil perhitungan

Setelah semua data dimasukkan, klik dan tunggu beberapa saat, hasil perhitungan PPh pasal 21 pun langsung disajikan.

Sebagai kesimpulan, penggunaan aplikasi online pajak sangat mudah untuk dikerjakan. Bahkan, pemula yang tidak memiliki kemampuan berhitung dan akutansi bisa melakukannya dengan cepat.  Hal ini tentu membantu kalangan pemberi kerja yang memiliki keterbatasan sumber daya manusia khususnya di divisi payroll dan perpajakan.

Dengan aplikasi pajak ini, pengguna pun tak perlu lagi menghitung pajak secara manual menggunakan excel yang sering memakan waktu cukup lama.

Selain itu, dari sisi ekonomis, aplikasi perhitungan pajak online di Online Pajak juga sangat membantu penggunannya. Karena, seluruh fasilitas perhitungan yang diberikan dapat digunakan tanpa pungutan biaya alias gratis.

Selain aplikasi perhitungan PPh 21, Online Pajak juga memiliki produk lain yakni PPh final 1%, e billing dan pajak pay, PPh pasal 23 dan bukti potong, jasa konsultan pajak, e-filling WP badan dan e-filling WP pribadi. Untuk menggunakan layanan Online Pajak sangat mudah. Caranya cukup dengan mendaftar menggunakan alamat email perusahaan.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami