Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Meningkatkan Followers Instagram dengan Cepat, Gak Perlu Pakai Jasa Beli!

by Ayunindya Annistri on 1 Maret, 2020

Instagram menjadi media sosial beken bagi orang-orang yang ingin populer di dunia maya. Maka tak heran bila banyak pengguna aktifnya yang ingin mencari tahu cara meningkatkan followers Instagram tanpa harus menggunakan jasa beli.

cara meningkatkan followers instagram

Instagram Jadi Salah Satu Media Sosial Populer di Indonesia

Menurut data We Are Social, Indonesia menjadi negara keempat dengan total pengguna Instagram sebanyak 63 juta orang. Selayaknya kamera polaroid yang menjadi simbol utama, media sosial ini bermakna foto instan yang dapat dilihat oleh orang lain di seluruh penjuru dunia.

Enggak cuma itu, Instagram juga dikenal sebagai toko online bagi para pebisnis hingga tren endorse dari sekedar upload foto yang dilakukan oleh influencer ternama.

Sebut saja Awkarin yang dikenal sebagai salah satu selebgram populer dengan total pengikut hingga 5,3 miliar. Di usianya yang tergolong muda, ia mampu meraup pundi-pundi rupiah yang mungkin bisa puluhan juta setiap harinya berkat endorse produk.

Bila kamu ingin menjadi lebih terkenal seperti Awkarin dengan memiliki pengikut hingga ribuan orang, mungkin dengan menerapkan cara meningkatkan followers Instagram yang dirangkum oleh CekAja dari berbagai sumber di bawah ini adalah langkah yang tepat.

Keuntungan Memiliki Banyak Followers

Memiliki followers banyak tentu menjadi impian banyak pengguna Instagram. Karena selain dianggap populer, memiliki banyak pengikut bisa membuat kamu menerima tawaran endorse dari berbagai produk yang dijual oleh online shop.

Enggak cuma menerima endorse saja, kalau kamu ingin memulai suatu bisnis yang membutuhkan banyak peminat, maka Instagram adalah tempatnya. Apalagi bila saat ini akun pribadi kamu telah banyak di follow oleh orang dari berbagai wilayah di Indonesia. Menguntungkan bukan?

(Baca Juga: Mengulik Sejarah Instagram, Media Sosial Paling Banyak Digandrungi Masa Kini)
Cara Meningkatkan Followers Instagram dengan Cepat

Mungkin bagi sebagian pengguna Instagram, dengan hanya sekedar berbagi foto dan story mengenai aktivitas yang sedang dilakukan adalah hal menyenangkan meski jumlah followers tak seberapa.

Namun berbeda jika kita berbicara mengenai selebgram atau pebisnis yang mengandalkan media sosial bernuansa ungu biru tersebut sebagai ladang untuk meraup untung.

Mereka bakal melakukan segala cara meningkatkan followers Instagram dengan cepat walau harus menggunakan jasa beli pengikut. Padahal tanpa menggunakan jasa pun, followers Instagram bisa bertambah banyak bila mengetahui dan paham akan aturan mainnya.

Berikut CekAja rangkum dari berbagai sumber mengenai cara meningkatkan followers Instagram dengan cepat. Yuk, simak!

1. Follow new account dari Instagram influencer

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam mengikuti cara meningkatkan followers Instagram adalah dengan mengikuti akun-akun baru secara acak di Instagram influencer atau selebriti.

Kamu bisa menambahkan setidaknya 10 akun baru dengan jeda waktu 10 menit sebelum nantinya mem-follow akun yang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari banned dari pihak Instagram atas aktivitas penambahan jumlah pengikut yang tergolong tidak wajar.

2. Lakukan follow dan unfollow sewajarnya

Perlu diketahui ketika kamu mem-follow akun baru dengan jumlah pengikut banyak, bukan berarti akun tersebut bisa selamanya masuk dalam siklus pertemanan kamu di Instagram. Sebab, kamu bisa memanfaatkan fitur unfollow.

Untuk melakukan kiat ini, mulanya kamu harus menerapkan trik follow-unfollow. Maksudnya, kamu bisa mengikuti akun baru itu terlebih dulu kemudian di unfollow, dan follow kembali hingga beberapa kali dengan selang waktu dua menit agar tidak disuspend.

Cara meningkatkan followers Instagram yang satu ini dinilai jitu karena efeknya bakal langsung kamu terima tanpa mempengaruhi penambahan jumlah following.

3. Buat konten menarik dan posting di waktu yang tepat

Setiap orang tentu menyukai sebuah tampilan visual yang menarik, khususnya pada postingan Instagram. Oleh karena itu, untuk membuat jumlah pengikutmu meningkat tajam, butuh totalitas yang terarah dalam menghadirkan suatu konten.

Karena memposting konten menarik saja tidak cukup. Pasalnya dibutuhkan timing yang tepat agar mendapatkan banyak like dan komentar. Bahkan jika memungkinkan, foto atau video yang kamu unggah tersebut bisa muncul di fitur Explore, yang juga dapat dilihat oleh akun tak dikenal lainnya.

Menurut sebuah studi, waktu terbaik untuk memposting foto maupun video di Instagram yaitu pada hari Rabu diantara jam 2 dini hari dan 5 sore. Sementara waktu yang kurang tepat untuk mengunggah sebuah postingan di Instagram yakni pada pukul 9 pagi dan 6 sore.

4. Gunakan caption dan hashtag

Cara meningkatkan followers Instagram berikutnya adalah dengan selalu menggunakan caption yang bagus dan disertai hashtag. Kedua hal ini juga menjadi penting agar akunmu banyak mendapatkan like dan komentar baik dari circle yang sama atau mungkin berbeda.

Idealnya, kamu bisa membuat caption dalam bentuk guyonan untuk memikat khalayak sehingga mereka tertarik untuk berkomentar di akun Instagram mu.

Sertakan pula hashtag atau tagar yang umumnya digunakan sebanyak 11 hingga 30 hashtag dalam satu foto untuk mengundang interaksi dari pengguna lainnya.

5. Sajikan visual yang bagus dengan filter berkualitas

Mungkin sebagian orang belum memahami bila cara meningkatkan followers Instagram dengan cepat juga bisa dilakukan melalui sajian visual menarik dari feed Instagram yang dimiliki.

Karena seringnya mereka hanya sekedar mengunggah sebuah foto ataupun video tanpa diedit terlebih dulu dengan filter yang bagus. Hasilnya postingan Instagram pun sepi dari like dan komentar.

Untuk membuat foto-foto mu terlihat keren di feed Instagram, kamu bisa mengeditnya dengan berbagai aplikasi yang kini tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Mulai dari VSCO Cam, Adobe Photoshop Lightroom, Afterlight, Snapseed, hingga Prisma.

Namun terkadang tidak semua filter yang disediakan oleh aplikasi edit foto tersebut gratis, sehingga kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk beberapa filter dengan kualitas yang lebih bagus.

(Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed)
6. Gunakan ‘Instagram Stories’ untuk memperlihatkan postingan baru

Tak hanya berfungsi untuk memamerkan aktivitas yang tengah dilakukan, fitur Instagram Stories juga bisa kamu manfaatkan sebagai ajang menambah followers, like dan kolom komentar dari postingan terbaru yang diunggah.

Dengan fitur ini, kamu bisa mengekspos postingan terbaru milikmu di akun pribadi agar dapat dikunjungi oleh pengguna lainnya. Dan bila memungkinkan, kamu bisa meminta followers mu untuk saling bertukar stories mengenai unggahan foto di feed terbaru. Sehingga bukan hanya kamu saja yang diuntungkan melainkan pula dia yang menjadi pengikutmu di media sosial tersebut.

Bagaimana gampang bukan cara meningkatkan followers Instagram? Mengenai penggunaan filter berbayar, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit untuk membelinya.

Bingung akan pengajuan kartu kredit? Tenang saja, karena sebetulnya kamu bisa apply kartu kredit di fintech terpercaya seperti CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang dan nikmati berbagai kemudahan dengan kartu kredit pilihanmu!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau