Cara Transfer Uang Tanpa ATM dan Rekening, Gak Ribet Ko!

Saat ini, sudah banyak cara transfer uang tanpa ATM dan rekening, yang bisa menjadi alternatif mudah dan cepat, yang bisa kamu coba.

Jika biasanya warga perkotaan, mengandalkan kartu kredit sebagai alat transaksi paling mudah, beda halnya untuk warga pedesaan, yang masih awam dan kesulitan akses.

Pasalnya, mereka mungkin agak sedikit lebih sulit, untuk mengirim dan menerima uang dengan cara online seperti ini.

Oleh karena itu, kita membutuhkan berbagai cara alternatif lainnya, yang lebih fleksibel, cepat, mudah dan aman. Sehingga, saat melakukan sistem pembayaran, bisa dilakukan siapapun, walaupun tidak menggunakan ATM dan rekening.

(Baca Juga: Tips Mengelola Dompet Digital)

Untungnya, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi banyak inovasi yang dilakukan untuk menjadi solusi kemudahan transaksi keuangan saat ini.

Cara Lain Transfer Uang Tanpa ATM dan Rekening

1. Transaksi Melalui Aplikasi Gratis

Cara transfer uang tanpa ATM dan rekening di era digital marketing 4.0 dengan menggunakan aplikasi gratis di smartphone, apa pun bisa dilakukan lewat gadget termasuk transaksi perbankan.

Kini semua bank meluncurkan aplikasi yang memungkinkan nasabah bertransaksi tanpa harus beranjak dari kantor atau rumah.

Bahkan banyak perusahaan start-up bermunculan yang bergerak di bidang aplikasi dompet digital.

Berikut beberapa aplikasi populer yang banyak digunakan pengguna Android dan iOS:

  • Flip

Kelebihan utama Flip yaitu bisa transaksi antar bank secara free, tidak dipotong biaya admin dan dapat digunakan selama 24 jam.

Selain itu, rekening penerima tidak diharuskan memiliki akun Flip untuk bisa menerima uang.

Tingkat keamanannya juga tak perlu diragukan karena sudah terdaftar di Bank Indonesia sehingga perpindahan uang akan aman.

  • OVO

Kelebihan utama OVO yaitu jika pengguna ingin top up saldo untuk pembayaran transaksi bisa melakukan top up secara cash atau offline ke mitra minimarket.

OVO juga bisa mengirim saldo ke rekening bank lain dengan mudah, namun transaksi akan dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi.

Namun, jika transfer ke sesama OVO tidak dikenakan biaya apapun.

  • Jenius BTPN

Aplikasi mobile banking ini milik Bank BTPN yang menawarkan kelebihan gratis 25 kali biaya transfer antar bank untuk 2 bulan pertama bergabung.

  • DANA

Kelebihan aplikasi dompet digital yang sudah populer di Indonesia ini yaitu sumber uang untuk transaksi bukan dari top up saldo, melainkan dari fitur DANA yang sudah terkoneksi dengan kartu debit kamu.

Untuk biaya transfer, gratis untuk 10 kali transfer pertama antar bank. Setelah itu, dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi.

2. Melalui Minimarket

Cara transfer uang tanpa ATM dan rekening kedua bisa melalui minimarket. Metode ini cocok untuk warga pedesaan yang masih awam dan kesulitan akses internet, caranya pun sangat mudah.

Sejauh ini, kemudahan ini tersedia di Alfamart dan Indomaret sebab sudah banyak tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Kamu hanya perlu mengisi formulir yang diberikan pihak minimarket, isi dengan identitas diri yang jelas dan terperinci.

Lalu, bawa uang sesuai nominal yang kamu ingin kirimkan. Menariknya, transfer uang lewat Alfamart atau Indomaret ini bisa menggunakan pecahan uang berapapun.

Mulai dari pecahan koin hingga lembaran Rp100 ribu. Namun, transfer uang dibatasi hingga Rp5 juta saja. Setelah itu, jangan lupa meminta kode MTCN (Money Transfer Control Number) dari pihak minimarket.

MTCN merupakan kode penerimaan uang yang diberikan ke kamu setelah transaksi, untuk kamu berikan pada penerima uang agar penerima bisa mencairkan uang yang kamu kirimkan lewat minimarket terdekat.

3. Kantor Pos

Cara transfer uang tanpa ATM dan rekening ketiga bisa melalui Kantor pos. Jika kantor pos dikenal sebagai media untuk mengirimkan surat atau barang. Ternyata, kantor pos juga bisa digunakan untuk mengirim uang yang disebut dengan wesel.

Untuk layanan kirim uang tanpa bank terdapat beberapa jenis wesel yang bisa dipilih, yakni sebagai berikut:

  • Weselpos Instan

Weselpos instan mampu mengirim uang secara instan atau cepat dan bersifat real time. Untuk pengirimannya, cukup menggunakan PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat) yang akan dikirim secara langsung dari si pengirim pada si penerima.

  • Weselpos Kemitraan

jenis wesel yang bekerjasama dengan pihak lain. Sehingga tak heran jika tarif administrasi yang harus dibayar pun sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

  • Weselpos Tunai

Dikenal dengan sebutan Cash to Account, cara kirim uang tanpa bank melalui wesel pos.

Pengiriman yang dilakukan secara tunai melalui kantor pos (real time). Nantinya, si penerima uang dapat mengambil uangnya melalui rekening bank.

  • Wesel Prima

Dimana jenis weselpos ini mengirimkan uang dengan cara menggunakan surat pemberitahuan, kemudian akan diantar ke pihak penerima.

Jadi, si pihak penerima ini hanya mendapatkan surat pemberitahuan saja, untuk pengambilan uang harus datang secara langsung ke bank.

4. Western Union

Cara transfer uang tanpa ATM dan rekening selanjutnya melalui Western Union. Western union merupakan jasa pengiriman uang yang sudah banyak digunakan dengan skala internasional.

Jaringannya tersebar di seluruh dunia sehingga biasa digunakan sebagai layanan transfer uang di luar negeri.

Kelebihan metode ini, uang yang kamu kirim melalui cabang Western Union terdekat, bisa langsung diambil oleh penerima di cabang western union lainnya di seluruh dunia.

Cara kerjanya pun sama seperti metode transfer via minimarket, cukup dengan mengisi formulir dan dapatkan bukti transaksi serta Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) untuk dikirimkan pada penerima agar bisa mengambil uang di cabang Western Union terdekat.

Mudah dan Praktis

Dari berbagai alternatif cara transfer uang tanpa ATM dan rekening di atas, kamu akan dimudahkan dalam melakukan transaksi online tanpa terkendali dengan masalah rekening atau ATM dan batas antar negara.

Sehingga, kamu tidak perlu repot lagi untuk memastikan rekening si penerima uang.

Demikian ulasan tentang cara transfer uang tanpa ATM dan rekening. Apapun metode yang kamu pilih, tetaplah berhati-hati apalagi ketika membawa uang dalam jumlah yang besar.

Pilihlah metode yang murah dan mudah dijumpai disekitar kamu.

Namun, jika kamu warga perkotaan dan ingin cara yang lebih praktis dengan memanfaatkan kartu kredit yang kamu miliki, hal itu tetap bisa dimanfaatkan loh.

(Baca Juga: Keuntungan Dan Kerugian Kartu Kredit)

Sebab, kamu bisa transfer dana dari kartu kredit langsung ke rekening bank atau lainnya.

Memang, kartu kredit jika digunakan secara bijak akan mendatangkan berbagai keuntungan dan kemudahan.

Untuk kamu yang tertarik memiliki kartu kredit, segera ajukan secara online melalui CekAja.com yuk!

Berbagai penawaran menarik produk kartu kredit terbaik Indonesia bisa kamu bandingkan terlebih dahulu melalui CekAja.com

Tunggu apalagi? segera kunjungi laman CekAja.com