Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cek 5 Daftar Buku Tentang Startup dan Serba-serbinya

by Nadhillah Kusindriani on 13 Februari, 2020

Merintis sebuah startup tentu bukan perkara yang mudah. Kamu perlu mempelajari banyak hal dari beberapa sumber terpercaya, salah satunya adalah buku. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja daftar buku tentang startup yang berkualitas.

daftar buku tentang start up

Sebuah peribahasa mengatakan “Buku adalah Jendela Dunia”. Hal itu benar adanya, karena semakin banyak membaca buku maka kamu semakin banyak tahu akan sesuatu hal. Bahkan, kamu akan mengetahui hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah kamu dengar.

Bagi kamu yang ingin menginjakkan kaki di dunia startup, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu ulasan lengkap mengenai startup yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu.

Apa itu Startup?

Jika berbicara tentang startup, tentu kata tersebut sudah tidak asing di telinga kita. Terlebih, beberapa perusahaan startup kini sedang naik dan berkembang pesat di Indonesia. Namun, apakah kamu tahu definisi startup yang sebenarnya?

Pada dasarnya, startup merupakan perusahaan yang baru berdiri dan sedang berada pada fase penelitian dan pengembangan dalam mencari dan menemukan target pasar yang tepat. Jika dilansir dari Wikipedia, startup merupakan istilah yang ditujukan untuk semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Istilah startup mulai populer di internasional pada masa bubble dot-com, tepatnya pada 1998 hingga 2000. Sebab, pada masa itu banyak sekali perusahaan dot-com berdiri di waktu yang bersamaan pada periode tersebut.

Perusahaan startup juga tak jarang dikaitkan dengan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi. Hal tersebut dikarenakan banyak perusahaan startup yang memanfaatkan internet sebagai media untuk mengembangkan bisnisnya.

Untuk bisa mengetahui perusahaan seperti apa yang masuk ke dalam kategori startup, berikut karakteristik yang perlu kamu ketahui, yaitu:

(Baca Juga: Mengulas Pengertian Startup Hingga Perkembangannya di Indonesia)
Jenis-jenis Startup

Sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu startup dan bagaimana ciri-ciri perusahaan startup itu sendiri. Namun, kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis startup, khususnya yang sedang berkembang di Indonesia. Di bawah ini jenis-jenis startup dan ulasannya, yuk simak!

  • Startup Perdagangan

Salah satu contoh startup perdagangan adalah aplikasi ­e-commerce. Di mana, aplikasi ini menjadi media untuk transaksi jual-beli barang yang saat ini banyak beralih ke platform online.

  • Startup Properti

Saat ini banyak sekali situs-situs properti, seperti Rumah.com atau Rumah123.com. Situs semacam itu, merupakan bentuk dari pergerakan startup pada bidang properti yang sudah dilakukan oleh orang Indonesia.

  • Startup Game

Startup game atau perusahaan baru yang bergerak di bidang permainan ini sedang digandrungi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bermain game di smartphone sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang.

  • Startup Insurance

Startup di bidang asuransi ini memberikan pelayanan yang tidak di dapat jika kamu mengajukan asuransi secara konvensional. Beberapa pelayanan yang diberikan di antaranya rujukan rumah sakit terdekat dan berkualitas, dokter terpercaya dan beberapa layanan kesehatan lain yang bermanfaat.

  • Startup Sekuritas

Contoh startup yang bergerak di bidang sekuritas adalah Bareksa.com. Startup Sekuritas ini berkemungkinan untuk seseorang berinvestasi dan melakukan jual-beli secara online.

Daftar Buku tentang Startup

Jika definisi dan jenis-jenis startup sudah kamu ketahui, kini saatnya mengulas lima daftar buku tentang startup yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

1. The Hard Thing About Hard Things

The Hard Thing About Hard Things - Cek 5 Daftar Buku Tentang Startup dan Serba-serbinya

Penulis : Ben Horowitz

Penerbit : HarperBusiness

Tebal : 304 halaman

Kisaran Harga : Rp103.000,-

Daftar buku tentang startup yang pertama adalah The Hard Thing About Hard Things. Buku ini menceritakan tentang kesulitan serta kebijaksanaan di dalam startup. Dimana buku ini merupakan sebuah sintesis dari blog populer yaitu Ben’s Blog.

Buku ini menyajikan secara lengkap semua hal mengenai sistem kerja perusahaan, mulai dari memecat orang, merekrut orang, exit strategy hingga bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang hebat ada di dalam buku ini.

The Hard Thing About Hard Things menjadi buku marketing terbaik yang wajib dibaca oleh semua orang yang ingin belajar tentang bisnis. Karena dalam buku ini, Ben Horowitz menceritakan pengalamannya bersama Marc Andreessen Horowitz saat menghadapi masa-masa tersulitnya merintis sebuah bisnis.

2. Zero To One

Zero To One - Cek 5 Daftar Buku Tentang Startup dan Serba-serbinya

Penulis : Peter Thiel

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 244 halaman

Kisaran Harga : Rp116.000,-

Daftar buku tentang startup selanjutnya adalah Zero To One. Buku marketing yang satu ini berkisah tentang Peter Thiel yang membangun sebuah bisnis yang bergerak di bidang teknologi.

Buku ini juga mengungkap bahwa ide terbaik merupakan ide yang belum banyak dilakukan dan dieksekusi orang. Hal tersebut bertujuan agar produk yang diciptakan nantinya menjadi sesuatu yang baru, fresh dan pelopor dari produk-produk lainnya yang serupa.

Menurut Peter, hal paling penting yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam bisnis adalah bagaimana kita belajar untuk mementingkan kepentingan pribadi diantara banyaknya pilihan.

Buku marketing yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang idealis di tengah kebutuhan masyarakat. Sebagai penulis buku Zero To One dan Co-Founder PayPal, Peter Thiel juga dikenal sebagai investor awal perusahaan besar dan berkelas yaitu Facebook.

3. The Lean Startup

The Lean Startup - Cek 5 Daftar Buku Tentang Startup dan Serba-serbinya

Penulis : Eric Ries

Penerbit : Bentang Pustaka (DTP)

Tebal : 440 halaman

Kisaran Harga : Rp120.000,-

Ketiga ada The Lean Startup yang masuk ke dalam daftar buku tentang startup. Buku karangan Eric Ries ini berisi tentang penuturan-penuturan tentang metodologi dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan saat membangun startup.

Buku ini merangkum pengalaman Eric Ries selama bekerja di Silicon Valley, yang kemudian dijadikan pedoman untuk orang-orang yang ingin membangun bisnis yang bergerak dalam bidang teknologi.

Buku karangan Eric ini sangat cocok apabila dibaca oleh kamu yang ingin membangun sebuah startup setelah bekerja di perusahaan sebelumnya. Karena, ketika kamu membangun sebuah perusahaan, kamu juga menjual suatu produk.

Maka dari itu, para founder perusahaan juga harus mempelajari strategi pemasaran yang baik untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

4. Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days

Sprint How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days - Cek 5 Daftar Buku Tentang Startup dan Serba-serbinya

Penulis : Jane Knapp

Penerbit : Simon & Schuster, Inc.

Tebal : 274 halaman

Kisaran Harga : Rp297.000,-

Daftar buku tentang startup yang kelima adalah Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days. Buku ini berisi metode untuk menjawab bagaimana cara mengeksekusi sebuah ide.

Tidak hanya itu, buku ini juga memberi tahu bagaimana ide-ide tersebut diubah menjadi sebuah produk yang digunakan oleh banyak orang.

Sprint menggunakan pendekatan Google untuk memberikan informasi kepada seluruh entrepreneur di dunia yang memiliki impian untuk membuat suatu produk berdasarkan problem yang ingin diselesaikan.

Mengingat Jake Knapp, John Zeratsky dan Braden Kowitz merupakan design partner di Google Ventures. Maka dari itu, buku ini menjadi semacam panduan dari pakar di Google Ventures.

(Baca Juga: Contek Trik Bisnis dari 4 Pendiri Startup Sukses)
5. The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google

The Four The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google - Cek 5 Daftar Buku Tentang Startup dan Serba-serbinya

Penulis : Scott Galloway

Penerbit : Portfolio

Tebal : 320 halaman

Kisaran Harga : Rp108.000,-

Terakhir ada The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google yang masuk ke dalam buku tentang startup yang berkualitas. Buku ini berisi tentang cara dan strategi empat perusahaan teknologi terbesar di dunia mampu “menggenggam” dunia.

Empat perusahaan teknologi raksasa tersebut di antaranya Facebook, Apple, Amazon, dan Google. Semua yang berhubungan dengan mereka akan dibahas lengkap oleh Scott Galloway, seorang pengamat dunia teknologi.

Buku tentang startup ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bersaing dengan keempat perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut. Tidak hanya itu, buku ini bisa jadi panduan mu, sebelum menjalin kerjasama atau hanya ingin hidup nyaman di bawah naungan mereka.

Nah, lima daftar buku tentang startup sudah kamu ketahui di atas. Bagaimana, sangat menarik bukan? Terlebih buku-buku tersebut juga menceritakan kisah sukses dari tokoh-tokoh hebat di dunia.

Untuk mendapatkan buku ini sangat mudah, kamu bisa menemukannya di toko buku atau di beberapa e-commerce. Kamu juga bisa membelinya melalui beberapa metode pembayaran seperti kartu kredit.

Jangan khawatir jika belum memilikinya, kamu bisa langsung ajukan di CekAja.com. Perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis