Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cek 5 Tips Dagang di Instagram Dijamin Laris Manis

by Miftahul Khoer on 8 Juli, 2019

Kehadiran media sosial seperti Instagram selain mampu mengubah pola interaksi sosial masyarakat, ternyata juga bisa menjadi media pemasaran yang ampuh dalam berbisnis. Belakangan, perusahaan-perusahaan besar juga ikutan dagang di Instagram untuk mempromosikan produk-produknya.

Dagang Instagram

Instagram saat ini memang menjadi salah satu media sosial paling populer. Di Indonesia saja, jumlah pengguna Instagram mencapai sekitar 150 juta. Artinya, ini menjadi peluang yang cukup besar dan efektif untuk memanfaatkan Instagram sebagai media atau sarana mempromosikan produk usaha.

Nah, buat kamu yang sedang merintis usaha kecil-kecilan, ada baiknya manfaatkan Instagram sebagai srategi promosi usaha kamu. Berikut lima cara dagang di Instagram yang cukup ampuh mendongkrak penjualan. Kuy cek.

  1. Manfaatkan Instagram ads

Sejak diluncurkan pada Oktober 2013 lalu, fitur Instagram Ads menjadi sasaran para pebisnis untuk mempromosikan produk usahanya. Pada 2017 saja, Instagram telah mempunyai sekitar 1 juta lebih pengiklan aktif. Angka ini melesat dari data Februari 2016 yang hanya memiliki 200.000 pengiklan.

Fitur Instagram Ads memudahkan siapa saja untuk mengiklankan produknya agar bisa dilihat orang secara luas. Banyak keungulan ketika kamu mempromosikan bisnis di fitur ini agar sampai kepada target konsumen. Beberapa keunggulannya seperti bentuk iklan yang diakses melalui foto atau video yang dipastikan mudah dicerna oleh warga net.

(Baca juga: Jangan Panik, Ini Dua Langkah Mudah Pulihkan Akun Instagram yang Diretas)

Selain itu, kamu juga bisa menentukan secara spesifik kategori pengguna Instagram yang ingin kamu incar agar dagangan kamu bisa diterima. Dan yang tak kalah penting lagi adalah fitur Instagram Ads bisa meningkatkan engagement usaha karena bisa mengarahkan pengguna untuk mengunjungi situs atau web bisnis kamu. Dengan demikian, ketika produk-produk kamu diiklankan, maka orang secara mudah bisa melihat produk-produk yang kamu promosikan.

  1. Ngiklan di akun info daerah

Saat ini semakin banyak akun info daerah yang mengunggah peristiwa-peristiwa terkini macam @jktinfo yang pengikutnya sudah lebih dari 1,6 juta. Ada juga @infobdg yang pengikutnya mencapai lebih dari 651.000, @depok24jam yang hampir 200.000 pengikut serta masih banyak lagi akun-akun info daerah lainnya.

Hadirnya akun-akun info daerah tersebut bahkan seringkali mengalahkan kecepatan dalam memberikan informasi ketimbang media-media online yang mainstream. Oleh karena itu, akun-akun info daerah selalu menjadi referensi bagi banyak orang untuk memeroleh informasi terkini di daerahnya.

(Baca juga: Tak Harus Jadi Selebgram, Ini Cara Lain Dapatkan Uang di Instagram)

Nah, inilah peluang yang cukup efektif untuk dagang di Instagram biar usaha kamu terpromosikan dengan baik. Kamu bisa mempromosikan usaha kamu di akun-akun info daerah tersebut. Biasanya, engagement akun-akun tersebut cukup tinggi dan cocok untuk mengiklankan bisnis kamu. Selain itu, biasanya harga iklannya juga relatif terjangkau dan sepadan dengan tingkat keterjangkauannya.

  1. Gunakan gimmick give away

Semua orang pasti senang diberikan hadiah. Apalagi ketika diberikan sebuah produk tertentu secara cuma-Cuma alias gratis.

Nah, strategi pemberian hadiah atau give away bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produk usaha. Kamu bisa memulai memberikan give away di akun resmi usaha kamu, Instagram Ads, akun info daerah dan tentunya akun para influencer.

Gimmick give away yang biasa dilakukan adalah dengan cara memberikan hadiah bagi yang beruntung hanya dengan cara mengunggah ulang unggahan, like hingga mengajak beberapa teman untuk melakukan hal yang sama.

Ada juga dengan cara memberikan komentar terbaik dari sebuah unggahan produk usaha kamu. Apapun dan bagaimana pun caranya, yang jelas gimmick give away perlu kamu coba ketika dagang di Instagram untuk lebih mengenalkan usaha yang kamu geluti.

  1. Berikan diskon/promo khusus buat followers

Siapa sih yang gak suka dengan barang diskonan? Rasanya tidak ada orang yang menolak belanja lebih murah dari harga normal.

Tapi intinya, buat kamu yang ingin memaksimalkan bisnis lewat Instagram jangan lupa untuk melakukan cara konvensional ini, yakni dengan memberikan diskon dan promo khusus.

Kamu bisa mulai memberikan diskon ketika kamu meresmikan usaha untuk pertama kalinya, saat akhir tahun dan untuk momen-momen tertentu saat ulang tahun berdirinya bisnis yang kamu jalankan misalnya.

Selain itu, kamu juga bisa berikan promo khusus di hari-hari tertentu seperti ramadan, lebaran, tahun baru, hari natal dan momen lainnya. Untuk mengoptimalkan iklan tersebut tentunya kamu harus memanfaatkan Instagram biar promosi kamu bisa diterima banyak orang.

  1. Kasih endorse ke akun influencer

Cara terakhir yang sudah seringkali dilakukan banyak orang dan perusahaan adalah mempromosikan produk usaha kamu kepada para influencer atau selebgram. Kita tahu, para pengikut selebgram dan influencer biasanya mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

Maka nggak heran jika banyak perusahaan seringkali memakai jasa selebgram dan influencer untuk mempromosikan usahanya.

(Baca juga: Mau Tambah Penghasilan dengan Jadi Influencer Instagram? Ini Tipsnya!)

Lalu bagaimana dengan tarifnya? Ya, memang tarif mengiklan produk kepada selebgram dan influencer biasanya cukup tinggi. Dengan demikian kamu harus pandai-pandai memilih siapa influencer dan selebgram yang bisa kamu ajak kerja sama.

Paling tidak kamu bisa berikan endorsement produk usaha kamu untuk diulas oleh mereka. Misalnya, kalau kamu punya usaha kosmetik, maka kamu bisa kirimkan beberapa paket kosmetik secara gratis biar bisa diulas oleh influencer dan selebgram.

Andalkan KTA buat modal

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan promosi dagangan kamu melalui Instagram. Saat ini, mungkin cara efektif selain ngiklan di media mainstream yang tarifnya sangat tinggi bisa dialihkan dengan mempromosikannya lewat media sosial, salah satunya Instagram.

Jangan pernah jadikan alasan keterbatasan modal promosi menunda geliat bisnis yang kamu rintis. Karena lewat CekAja.com, urusan permodalan bisa diatasi melalui produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami