Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Daftar Dokter Kandungan Terbaik di Jakarta 2020

by Ayunindya Annistri on 25 Februari, 2020

Daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020 telah diperbarui di internet. Sehingga buat kamu yang ingin konsultasi masalah kehamilan enggak perlu lagi ragu akan kualitas dan pelayanan dari dokter yang termasuk dalam daftar tersebut.

Daftar Dokter Kandungan Terbaik di Jakarta 2020

Setiap wanita pasti menginginkan yang terbaik untuk dirinya sendiri dan calon buah hati saat dalam masa kehamilan. Ini dimaksudkan agar ketika persalinan nanti, bayi lahir dalam keadaan sehat begitupun sang ibu. Maka dari itu, memilih dokter kandungan tak bisa dilakukan sembarangan.

Mengapa Memeriksakan Kandungan itu Penting?

Di masa kehamilan, ada beberapa faktor yang membuat calon ibu mengalami keguguran, entah karena mengalami stres berlebih, gaya hidup yang tidak sehat, atau memang pernah memiliki riwayat keguguran.

Nah, untuk meminimalisir risiko terjadinya kondisi tersebut, tentu saja kamu harus rutin melakukan pemeriksaan kandungan di dokter. Ini termasuk salah satu upaya optimal yang dapat dilakukan guna menjaga kesehatan diri dan janin.

Sebab, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, seorang ibu yang tidak melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan selama kehamilan, dapat membuat bayi lahir dengan berat badan rendah atau bahkan meninggal.

Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Rata-rata para calon ibu menginginkan seorang dokter kandungan yang dapat memberikan edukasi secara terperinci seputar masalah janin dan kehamilan. Karenanya memilih dokter kandungan itu perihal kecocokan antara dokter dan pasien.

Kalau sampai saat ini, kamu masih bingung mana dokter kandungan yang tepat dan sesuai dengan keinginan serta kebutuhanmu, setidaknya perhatikan beberapa hal berikut yang dapat dijadikan acuan.

Sudah sepatutnya kamu menerima saran dari kerabat terdekat ataupun testimoni di internet mengenai mana dokter kandungan yang memiliki pelayanan dan rekam jejak terbaik. Sebab, menjadi seorang ibu yang tengah berbadan dua alias hamil bukan hanya perkara melahirkan saja. Lebih dari itu selama 9 bulan, kamu harus mampu menjaga calon buah hatimu agar tetap sehat hingga waktu yang ditentukan datang.

Penting juga bagi kamu untuk mencari dokter kandungan yang paham akan riwayat kesehatan tiap pasiennya. Sebagai contoh, saat ini kamu tengah mengandung namun juga mengidap penyakit tekanan darah tinggi. Sehingga perlu penanganan khusus dari ahlinya baik ketika mengandung maupun melahirkan.

Standar kenyamanan tiap ibu hamil dengan dokternya itu berbeda-beda. Oleh karenanya pada tahap awal, berganti-ganti dokter kandungan hingga mungkin mendapatkan satu yang sesuai keinginan itu adalah hal yang wajar.

Idealnya, pilihlah dokter kandungan yang memiliki respon cepat untuk tiap permasalahan selama masa kehamilan. Pastikan pula keputusan yang diambil oleh dokter tersebut khususnya dalam hal inisiasi menyusui dini (IMD) dan episiotomi, sesuai dengan keinginanmu.

(Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Bayi Meninggal dalam Kandungan)
Daftar Dokter Kandungan Terbaik di Jakarta 2020

Setelah mengetahui pentingnya memeriksakan kandungan hingga tips memilih dokter kandungan dengan pelayanan terbaik. Bagi kamu yang berdomisili Jakarta pasti sudah penasaran bukan mengenai rekomendasi daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020 versi CekAja? Nah, tanpa berlama-lama seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasinya khusus untuk kamu.

1. dr. Benny Johan Alamsyah Marpaung, Sp.OG

Benny Johan Alamsyah Marpaung termasuk dalam rekomendasi CekAja mengenai daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020, dengan total pengalaman kurang lebih 17 tahun. Ia pertama kali menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Sumatera Utara.

Saat ini, dr. Benny Johan Alamsyah Marpaung telah membuka praktiknya di 3 rumah sakit besar Jakarta. Mulai dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Rumah Sakit Bersalin Asih Kebayoran Baru, hingga Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta Selatan.

Layanan yang disediakan oleh Ahli Obstetri dan Ginekolog tersebut diantaranya adalah tes kehamilan, pemeriksaan fisik, konsultasi kehamilan, serta keluarga berencana (KB).

2. dr. Ivan Sini, Sp.OG

Nama dr. Ivan Sini mungkin sudah enggak asing lagi bagi kalangan selebritis tanah air. Ia termasuk dalam daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020 dan merupakan ahli bayi tabung di Indonesia yang sempat menangani beberapa pasangan artis, salah satunya adalah pasangan Cynthia Lamusu dan Surya Saputra.

Ivan Sini telah bergabung dengan Morula IVF Jakarta sejak 2006 dan sekarang beliau menjabat sebagai Medical Director. Selain itu, dokter dengan gelar spesialisasi MRANZCOG dan FRANZCOG ini juga membuka praktiknya di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat.

3. dr. Ridwan, Sp.OG

Mendapat banyak respon positif dari forum ibu hamil di internet, sukses membuat dr. Ridwan masuk dalam daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020. Beliau menyediakan layanan tes kehamilan dan konsultasi, USG, hingga melahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Lulusan pendidikan Kedokteran Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Universitas Indonesia ini tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia serta Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia.

4. dr. Arman Djajakusli, Sp.OG

Ada pula nama dr. Arman Djajakusli dalam daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020 berikutnya. Ia menyediakan layanan suntik KB, tes kehamilan, melahirkan normal dan masih banyak lagi seputar kandungan di dua tempat praktek, yakni Rumah Sakit Harapan Bunda dan Rumah Sakit Evasari Rawamangun.

Menurut beberapa review di internet, dokter kandungan yang dulu menempuh pendidikan di Universitas Hasanuddin ini dinilai memiliki cara penyampaian informasi seputar kehamilan yang sangat terperinci dan juga ramah.

Sehingga banyak diantara bumil, sapaan akrab untuk ibu hamil merasa puas akan konsultasi yang dilakukan bersama dr. Arman Djajakusli.

5. dr. Stella Shirley Mansur, Sp.OG

Kalau kamu merasa lebih nyaman berkonsultasi dengan dokter wanita, maka memilih dr. Stella Shirley Mansur sebagai dokter ‘langganan’ untuk memeriksakan kandunganmu adalah langka yang tepat.

Bagaimana tidak? Salah satu alumni pendidikan dokter di Universitas Indonesia ini memang sudah terkenal akan kualitasnya dalam melayani ibu hamil, sehingga pantas saja bila dr. Stella Shirley Mansur masuk dalam daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020.

Untuk saat ini, ia membuka praktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk dengan layanan seputar kandungan dan rahim.

6. dr. Maria Ratna Andijani, Sp.OG

Menurut hasil review di platform Alodokter, dr. Maria Ratna Andijani dinilai sangat informatif dalam memberikan ilmu-ilmu seputar kandungan pada pasiennya. Beliau menyelesaikan pendidikan kedokteran Spesialis Obstetri dan Ginekologinya di Universitas Indonesia.

Layanan kesehatan yang diberikan oleh dr. Maria Ratna Andijani meliputi konsultasi kebidanan dan kandungan. Saat ini, ia membuka praktik di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk dan Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong.

7. dr. Liva Wijaya, Sp.OG

Liva Wijaya, Sp.OG juga termasuk dalam daftar dokter kandungan terbaik di Jakarta 2020. Ia merupakan anggota dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi serta Ikatan Dokter Indonesia. Saat ini, beliau membuka praktek di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran dengan layanan medis berupa permasalahan kandungan dan rahim.

8. dr. Paulus Kusuma Gunawan, Sp.OG

Dokter kandungan terbaik di Jakarta yang terakhir dalam rekomendasi CekAja adalah dr. Paulus Kusuma Gunawan. Beliau merupakan komisaris utama di Rumah Sakit Hermina Jatinegara.

Enggak hanya membuka praktik di rumah sakit tersebut, dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Universitas Indonesia ini juga membuka praktiknya di Rumah Sakit Pluit Penjaringan, Jakarta Utara.

Layanan medis yang diberikan oleh dr. Paulus Kusuma Gunawan meliputi konsultasi kehamilan, tes kehamilan, USG, program keluarga berencana (KB), dan persalinan.

Manfaatkan Asuransi Kesehatan untuk Persalinan

Mengingat biaya persalinan yang cukup menguras isi dompet, kamu tentu membutuhkan asuransi kesehatan untuk meng-covernya. Maka dari itu, selagi kehamilanmu masih dini, persiapkan asuransi kesehatan yang banyak memberikan manfaat. Di mana asuransi jenis ini biasanya tersedia satu paket dengan asuransi jiwa.

Salah satu produk asuransi kesehatan yang dapat kamu gunakan adalah dari CekAja.com. Melalui situs ini, kamu bisa melakukan pengajuan asuransi secara online dengan premi murah. Jadi, enggak bakal membuat kondisi finansialmu bersama pasangan merosot jauh.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau