Daftar Situs dan Tata Cara Apply Kartu Kredit Online

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Untuk memiliki kartu kredit, setidaknya kamu harus mengetahui daftar situs dan tata cara apply kartu kredit online agar tak lagi repot mendatangi bank.

Kartu kredit saat ini menjadi salah satu alat pembayaran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Perkembangan zaman yang kian pesat tentu saja juga dimanfaatkan oleh bank untuk memudahkan tiap nasabahnya yang hendak mengajukan kartu kredit secara online.

Hal ini juga dianggap sebagai bagian dari promosi yang dilakukan, demi menarik minat masyarakat agar menggunakan produk keuangan dari bank tersebut.

Cukup mengakses laman resminya dan mengisi form pengajuan kartu kredit, nasabah yang dianggap memenuhi syarat dapat mengajukan dan menggunakan kartu kredit online.

Cara seperti ini dianggap lebih efektif oleh nasabah ketimbang harus mendatangi langsung kantor cabang untuk sekedar apply kartu kredit.

Selain bank, kamu juga bisa mengajukan pembuatan kartu kredit online via marketplace atau situs perantara keuangan yang disebut fintech.

Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan apply kartu kredit online.

Untuk marketplace sendiri, saat ini baru Tokopedia saja yang menyediakan layanan tersebut.

Sedangkan untuk fintech, kamu bisa mencari informasinya terlebih dulu mengenai situs finansial yang terpercaya dan sudah mengantongi izin dari OJK.

Agar memudahkan kamu memilih lembaga mana yang menyediakan apply kartu kredit online terpercaya, berikut rekomendasi daftar situs dan tata cara apply kartu kredit online. Yuk, dicek!

(Baca Juga: 4 Kartu Kredit BCA Terbaik 2020)

Daftar Situs Kartu Kredit Online

Sebelum membahas bagaimana tata cara apply kartu kredit online, setidaknya kamu juga perlu mengetahui mana saja daftar situs kartu kredit online yang terpercaya dan memiliki banyak penawaran menarik.

Mengingat penggunaannya sendiri yang tergolong jangka panjang, sehingga kamu tidak bisa asal-asalan memilihnya agar tak berujung merugi.

Dan berikut pilihan daftar situs kartu kredit online yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Melalui Situs Perbandingan CekAja.com

Melalui Situs Perbandingan CekAja - Daftar Situs dan Tata Cara Apply Kartu Kredit Online

CekAja.com merupakan situs perbandingan atau fintech yang menyediakan layanan pengajuan kartu kredit online.

Salah satu yang termasuk dalam rekomendasi daftar situs kartu kredit online ini memiliki setidaknya 140 kartu kredit dengan penawaran terbaik dari berbagai mitra bank ternama, yaitu BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri, dan masih banyak lagi.

Saat mengunjungi situs CekAja.com, kamu bisa langsung memilih produk kartu kredit yang diinginkan berdasarkan nilai promosinya, reward, cashback, air miles, perjalanan, maupun belanja.

Inilah yang menjadi keunggulan CekAja sebagai situs perbandingan untuk nasabah yang ingin mengajukan tata cara apply kartu kredit online.

2. Melalui Situs Resmi Bank BRI

Daftar situs kartu kredit online lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah www.kartukredit.bri.co.id

Salah satu bank terbesar milik pemerintah ini, memiliki layanan yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya produk kartu kredit yang dimiliki oleh Bank BRI.

Mulai dari BRI Easy Card, BRI Platinum, BRI JCB Platinum, BRI Wonderful Indonesia, BRI World Access, BRI Touch, BRI Business Card, BRI Infinite, hingga BRI Corporate Card.

3. Melalui Situs E-Commerce Tokopedia

Pengajuan pembuatan kartu kredit online saat ini tak hanya bisa dilakukan melalui bank ataupun fintech.

Kamu juga bisa menggunakan layanan dari e-commerce atau marketplace seperti Tokopedia, yang bekerjasama dengan situs finansial, mulai dari Bank BRI, BNI, BCA, Mega, UOB, Citi, hingga OCBC NISP.

Semua nama yang telah disebutkan di atas saat ini telah terdaftar dalam laman apply kartu kredit online Tokopedia.

Namun, yang perlu di garis bawahi dalam pengajuannya sendiri, semua keputusan mengenai apply kartu kredit online murni berada di tangan bank.

Singkatnya, Tokopedia hanyalah perantara untuk mempermudah pengajuan kartu kredit online.

Dimana e-commerce tersebut tidak langsung bekerja sama dengan bank karena masih terdapat perantara lainnya yakni situs finansial.

4. Melalui Situs Standard Chartered Bank

Melalui Situs Standard Chartered Bank - Daftar Situs dan Tata Cara Apply Kartu Kredit Online

Standard Chartered Bank merupakan bank universal yang juga membuka cabangnya di Indonesia.

Bank ini menyediakan delapan produk kartu kredit online yang dikategorikan berdasarkan nilai cashback, reward, travel, dan lainnya.

Namun untuk saat ini, tata cara apply kartu kredit online hanya tersedia untuk produk Mastercard Premium saja.

Selebihnya hanya mencantumkan informasi terkait produk kartu kredit itu sendiri.

Dan bila kamu ingin menggunakan kartu kredit selain Mastercard Platinum, sebaiknya langsung mendatangi kantor cabang atau mengakses situs Standard Chartered.

5. Melalui Situs BCA

Melalui Situs BCA - Daftar Situs dan Tata Cara Apply Kartu Kredit Online

Daftar situs kartu kredit online berikutnya yang bisa kamu pilih adalah BCA.

Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ini, juga banyak dilirik oleh masyarakat yang ingin menggunakan kartu kredit, karena reward yang diberikan cukup menggiurkan.

Betapa tidak, melansir dari situs www.bca.co.id, BCA menyuguhkan program apply online berhadiah reward Rp 500 ribu, berlaku sejak 1 September 2019 sampai dengan 31 Desember 2020.

Program ini memungkinkan nasabah baru yang melakukan pengajuan kartu kredit melalui aplikasi online untuk terbebas dari uang iuran selama 1 tahun pertama.

(Baca Juga: Cara Meminta Kenaikan Limit Kartu Kredit dengan Mudah)

Tata Cara Apply Kartu Kredit Online

Tata cara apply kartu kredit online dari masing-masing penyedia produk kartu kredit sebetulnya hampir serupa.

Bahkan beberapa diantaranya memiliki tata cara yang sama yaitu dengan menyertakan dokumen pendukung lalu klik fitur “Ajukan Sekarang” atau “Apply Now”.

Sebagai contoh, kamu bisa mengikuti tata cara apply kartu kredit online dari CekAja.

Dimana mulanya kamu bisa menyiapkan dokumen, berupa:

  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor
  • Fotokopi slip gaji, tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir khusus pengusaha
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan (TDP) dan SIUP khusus pengusaha
  • Fotokopi keterangan izin praktik khusus profesional

Setelah semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap, barulah kamu bisa mengikuti tata cara apply kartu kredit online nya berikut ini:

  • Buka laman resmi cekaja.com/kartu-kredit
  • Pilih kartu kredit yang diinginkan melalui fitur “Tampilkan Semua” atau pilih berdasarkan promosi, rewards, cashback, air miles, dan lain-lainnya.
  • Kemudian sistem akan secara otomatis menampilkan pilihan kartu kredit dari berbagai bank lengkap dengan informasi besaran bunga per bulan, biaya tahunan, dan promo yang ditawarkan masing-masing kartu.
  • Jika tertarik akan salah satu produk kartu kredit yang ditawarkan, selanjutnya kamu bisa langsung mengklik “Ajukan Sekarang”.
  • Isi form aplikasi pengajuan mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, alamat email, hingga jumlah nominal penghasilan per bulan.
  • Centang persetujuan kerahasiaan data apabila kamu sudah membaca seluruh isinya dan klik “Ajukan Sekarang”.
  • Terakhir, kamu hanya tinggal menunggu kurang lebih satu hari kerja untuk nantinya customer service CekAja menghubungimu kembali terkait tata cara apply kartu kredit online.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri