Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Dengan Tips Ini Kamu Bisa Mengulur Waktu Saat Ditagih Debt Collector

by Surtan Siahaan on 9 Desember, 2015

debt collector _ kartu kredit - CekAja.com

Menurut penelitian, dua dari 10 pemilik kartu kredit berisiko terancam terlilit utang dan tidak mampu membayar tagihan. Hal ini terjadi karena cara penggunaan kartu kredit yang keliru.

Akibatnya, pemilik kartu kredit tersebut harus berhadapan dengan debt collector alias penagih utang. Jika kamu sedang mengalami masalah satu ini, jangan panik. Ketimbang harus kabur dan mengindari debt collector, sejumlah langkah ini bisa kamu terapkan saat menghadapi mereka:

Ingatkan batasan wewenang saat diancam

Beberapa penagih utang akan menggunakan cara lama agar kamu membayar: intimidasi. Oleh karenannya, cari tahu batasan apa yang menjadi wewenang dan larang penagih utang. Berdasarkan aturan OJK, penagih utang dilarang melakukan sejumlah cara termasuk intimidasi saat menagih utang.

Batasan itu di antaranya menelepon berulang kali, menelpon sebelum jam delapan pagi dan di atas jam 9 malam, menelpon saat berada di kantor, mengancam untuk menuntut dan menggunakan kekerasan secara fisik dan verbal. Jika mereka melampaui batasan tersebut, ingatkan bahwa mereka melanmggar aturan.

(Baca juga: Kamu Bisa Bebaskan Utang Kartu Kredit Pakai Transfer Balance, Bagaimana Caranya?)

Rekam pertemuan

Usahakan untuk merekam pembicaraan baik melalui telepon atau tatap muka. Jika dimungkinkan gunakan rekaman video saat bertemu. Rekaman ini sangat berguna sebagai bukti jika mereka melanggar aturan dan etika.

Jika kamu berani, rekaman ini juga bisa digunakan untuk balik menakuti penagih utang yang nakal sehingga mudah untuk dinegosiasi.

Selalu minta berbicara dengan SPV

Jika penagih utang sampai mendatangi rumah kamu, ulur waktu dengan meminta bicara langsung dengan supervisor mereka. Atasan penagih
biasanya juga lebih mudah diajak bernegosiasi. Mereka juga lebih cenderung dapat memberikan solusi ketimbang hanya menagih utang.

(Baca juga: Trik Atasi Utang Kartu Kredit)

Minta surat tertulis

Sebelum mengontak kamu, agensi penagih utang biasanya akan mengirimkan surat resmi. Isinya berupa jumlah utang, nama kreditur dan langkah yang akan dilakukan jika kamu benar-benar tidak bisa melunasi utang.

Jangan mau melakukan pembicaraan sebelum mereka mengirimkan surat itu. Setidaknya hal ini akan memberi kamu waktu lebih lama untuk menyiapkan dana.

Lakukan negosiasi

Cobalah untuk bersikap jujur. Dengan tidak berlebihan, katakan pada penagih utang bahwa kamu benar-benar dalam keadaan tidak mampu saat ini.

Minta mereka untuk melakukan penjadwalan utang. Jika berhasil memperoleh perpanjangan pembayaran, minta lagi pengurangan jumlah cicilan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami