Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Politik dengan Gaji Fantastis!

by Ayunindya Annistri on 11 November, 2019

Menjanjikan, itulah satu kata yang bakal kamu dapatkan terkait dengan pekerjaan jurusan Ilmu Politik. Maka tak heran, bila beberapa universitas ternama di Indonesia membuka kuota lebih untuk jurusan tersebut.

Ilmu Politik adalah sebuah jurusan yang tidak hanya mempelajari kehidupan politik saja, melainkan juga sosial, ekonomi, hingga agama dari berbagai perspektif. Kajian utama dari jurusan ini meliputi demokrasi, hak asasi manusia, serta etika sosial politik.

Menariknya lagi, ternyata Ilmu Politik merupakan salah satu ilmu tertua di dunia yang mana beberapa gagasan dari ilmu ini telah diubah seiring perkembangan zaman. Sehingga, lulusan ilmu politik tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari pekerjaan jurusan ilmu politik, karena ada banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan.

Mata Kuliah yang Diajarkan di Jurusan Ilmu Politik

Sebelum membahas apa saja pekerjaan jurusan Ilmu Politik, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini. Kira-kira apa sajakah itu?

  • Pengantar Ilmu Politik
  • Pengantar Antropologi
  • E-Governance
  • Teori Perbandingan Politik
  • Nasionalisme dan Resolusi Konflik
  • Perempuan dan Politik
  • Media dan Pemasaran Politik
  • Politik Identitas dan Multikulturalisme
  • Pengantar Globalisasi
  • Komunikasi Politik
Universitas yang Memiliki Jurusan Ilmu Politik

Latar belakang pendidikan yang diemban, menjadi penentu keberhasilan mu kelak dalam mendalami bidang pekerjaan jurusan Ilmu Politik. Saat ini, ada banyak universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Ilmu Politik dengan akreditasi A. Sehingga, kamu tak perlu lagi bersusah payah hingga ke luar negeri untuk berkuliah.

1. Universitas Indonesia

Menempati peringkat ke 601 versi The Time Higher Education, Universitas Indonesia layak dipertimbangkan sebagai universitas tempat kamu menuntut ilmu, khususnya dalam bidang politik.

Akreditasi untuk jurusan Ilmu Politik di UI sendiri juga telah A, dengan kualitas pengajaran yang memenuhi standar nasional. Bahkan, untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan hingga ke jenjang Magister, UI juga telah menyiapkan program S2 Ilmu Politik dengan jangka waktu kelulusan tak lebih dari 3 tahun.

2. Universitas Brawijaya

Universitas berikutnya adalah Universitas Brawijaya. Untuk jurusan Ilmu Politik, UB menggabungkan ketiga program studi sekaligus yaitu Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Hubungan Internasional atau dijuluki PPHI.

UB berhasil mencetak banyak mahasiswa berprestasi, terutama untuk program studi tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya kejuaraan yang berhasil diraih, salah satunya adalah menjadi juara 1 pada Festival Essay Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya.

3. Universitas Gajah Mada

Universitas yang berada tepat di kota pelajar alias Yogyakarta tersebut, juga memiliki jurusan Ilmu Politik dengan akreditasi A. Bahkan UGM juga berhasil menyandang predikat sebagai salah satu universitas terbaik dunia untuk 2020 versi The Time Higher Education.

Terdapat 3 peminatan yang mana salah satunya bisa kamu pilih jika berkuliah di jurusan ini, mulai dari irisan state dan society, proses penyelenggaraan pemerintahan formal dalam ranah negara, serta proses pemerintahan dalam ranah masyarakat.

Untuk jalur masuknya, UGM membuka pendaftaran melalui SNMPTN, SBMPTN, PBU Sarjanan, UTUL UM UGM, dan Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program). Universtas ini juga menyediakan beasiswa loh untuk calon mahasiswa FISIPOL (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik).

(Baca Juga: Deretan Profesi Kerja yang Cocok Buat Sarjana Lulusan Ilmu Filsafat)
Rekomendasi Pekerjaan Jurusan Ilmu Politik

Dengan banyaknya universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan program studi Ilmu Politik, tentu kamu tidak perlu khawatir lagi akan bekerja sebagai apa dan dimana saat lulus nanti. Karena ada begitu banyak bidang pekerjaan jurusan Ilmu Politik yang bisa kamu perani. Bonusnya lagi, gaji yang diterima bahkan lebih dari Rp 3 juta.

1. Anggota Legislatif

Meskipun syarat menjadi anggota legislatif tidak ditentukan jurusan pendidikannya, namun alangkah lebih baik bila kamu memiliki latar belakang di bidang Ilmu Politik. Mengingat tugas utama dari anggota legislatif yakni menangani segala urusan pemerintahan yang jelas masih terkait dengan politik negara.

Sehingga hal tersebut menjadi keunggulan utama untuk kamu yang ingin mencoba pekerjaan jurusan Ilmu Politik ini. Soal gaji, setiap bulannya anggota legislatif bisa menerima hingga belasan juta rupiah dan sudah termasuk tunjangan.

2. Jurnalis Politik

Media besar di Indonesia banyak membutuhkan lulusan Ilmu Politik untuk berkarir sebagai jurnalis politik. Hal ini karena politik menjadi salah satu topik pembahasan menarik untuk diperbincangkan. Maka dari itu, mendalami pekerjaan jurusan Ilmu Politik ini butuh seorang tenaga profesional yang memiliki pemikiran kritis dan pintar dalam meyampaikan opini ke publik.

Pun mengenai gaji, seorang jurnalis politik bisa menerima tiap bulannya sekitar Rp 6 juta lebih khusus media besar seperti Harian Kompas dan The Jakarta Post

3. Public Relations (PR)

Public Relations atau disebut pula spesialis hubungan masyarakat merupakan pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan Ilmu Politik. Karena seorang PR profesional dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang mumpuni, terutama saat menggiring atau membentuk opini publik terkait pekerjaan mereka.

4. Staf Badan Intelijen Negara

Pekerjaan jurusan Ilmu Politik selanjutnya adalah staf Badan Intelijen Negara. Pekerjaan ini memanfaatkan ilmu politik untuk menilai bagaimana  sebuah wilayah yang mengalami lonjakan gejolak politik dapat berkembang.

Satu diantara tugas seorang analisis intelijen negara ialah menganalisis pola kepemimpinan dan dukungan rakyat. Selain itu, seorang staf intelijen juga harus tanggap terutama dalam menganalisa sebuah risiko yang mungkin mengancam keamanan negara.

Bekerja sebagai staf intelijen negara memang menjanjikan. Pasalnya, selain dipuji dan dijuluki sebagai agen rahasia negara, gaji yang bakal diterima pun cukup mencengangkan. Menurut kabar yang beredar, seorang staf intelijen negara dapat menikmati gaji setiap bulannya hingga puluhan juta rupiah. Hal ini jelas sebanding dengan tugas yang diemban oleh mereka.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau