Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari, Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

by Miftahul Khoer on 22 November, 2019

Selain Desa Penari, Desa Hantu juga menjadi perbincangan hangat di Indonesia beberapa waktu lalu. Pasalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menemukan adanya desa-desa fiktif penerima anggaran Dana Desa setiap tahunnya.

Petani Desa Beras Panen - CekAja

Meski begitu, di beberapa negara, tidak terkecuali Indonesia tetap memiliki desa sungguhan dan sungguh-sungguh indah. Mau tahu desa apa saja dan berada di mana? Simak daftarnya!

  • Desa Bibury, Inggris

Desa bibury inggris - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Desa kuno ibarat pisau bermata dua. Seperti Desa Bibury di Inggris yang juga menjadi tujuan wisata banyak traveler dari berbagai belahan dunia. Desa ini paling cocok dikunjungi saat musim semi dan menawarkan keindahan yang unik, bak negeri dongeng.

Kenapa musim semi? Karena saat itu, banyak bunga bermunculan yang tentu membuat desa tersebut makin indah dan berwarna, di antara rasa tua akibat bangunan-bangunan yang dilestarikan dan dirawat sejak zaman dahulu.

  • Desa Pariangan, Indonesia

Desa pariangan indonesia - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Siapa bilang Indonesia hanya punya desa fiktif atau desa yang berbau mistis dan horor? Nyatanya, Indonesia punya desa yang bahkan dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia oleh salah satu media internasional.

(Baca juga: Peluang Usaha Sampingan di Desa Paling Menguntungkan)

Desa Pariangan merupakan pemukiman tradisional masyarakat Minangkabau. Letaknya di Tanah Datar, 100 kilometer (km) dari Kota Padang. Bangunan tua dengan atap khas Minang menjadi daya tarik di desa ini. Belum lagi ada sebuah mesjid ratusan tahun yang menjadi pusat kegiatan di desa tersebut.

  • Desa Oia, Yunani

Desa Oia Yunani - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Yunani selama ini terkenal dengan Kepulauan Santorini. Di pulau tersebut ada Desa Oia yang menjadi salah satu desa dengan pemandangan terindah di dunia. Lokasi Oia memungkinkan wisatawan menyaksikan kaldera Santorini dan pemukiman bernuansa putih yang tak pernah gagal menjadi objek foto keren dan siap mengisi halaman media sosial kamu.

  • Desa Penglipuran, Indonesia

Desa panglipuran indonesia - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Desa adat memang selalu memukau dan Indonesia memiliki banyak sekali desa adat. Salah satu desa adat terindah adalah Desa Penglipuran di Bangli, Bali. Pemukiman tradisional ini bukan hanya indah, namun juga disebut sebagai salah satu desa paling bersih di dunia.

Penglipuran merupakan kawasan wisata yang sangat populer. Tetapi desa ini tetap bisa mempertahankan sisi tradisional dan kelestarian lingkungannya. Penataan desa dan bangunan tradisionalnya masih terjaga utuh. Begitu juga dengan 75 hektare hutan bambu dan 10 hektare perkebunan yang masih terawat, juga jadi ciri khas Penglipuran di mata dunia.

  • Reine, Norwegia

Reine Norwegia - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Norwegia terkenal sebagai lokasi untuk menemukan Aurora indah yang menjadi fenomena alam. Namun, siapa sangka negara pemilik fasilitas pendidikan terbaik ini, juga memiliki desa yang indah.

Reine, desa tercantik di Norwegia menawarkan pemandangan pegunungan dengan desain rumah-rumah unik berwarna merah dan putih. Panoramanya yang indah tentu membuat kamu tidak ingin berkedip.

  • Juzcar, Spanyol

Juzcar spanyol - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Siapa bilang Desa Smurf hanya ada di dalam cerita? Sebuah desa di Spanyol, bernama Juzcar dikenal sebagai Desa Smurf karena seluruh pemukiman di sana dicat dengan warna biru untuk merayakan rilisnya film Smurf.

Bertahun-tahun kemudian, warga Juzcar masih mempertahankannya. Tempat ini pun menjadi salah satu desa wisata yang populer di Spanyol. Meski desa ini merupakan desa tematik dan buatan, jangan sepelekan keindahan desa ini.

  • Giethoorn, Belanda

Giethoorn belanda - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Belanda memang menjadi negara yang sangat menarik, modern namun tetap menjaga banyak hal yang berbau tradisional.

Banyak desa indah di Belanda, salah satunya Giethoorn yang sering kali disebut sebagai Venesia-nya Belanda. Tidak heran, warga yang tinggal di desa ini beraktivitas dengan naik perahu karena rumah-rumah warga dihubungkan dengan sungai. Desa ini juga pernah menjadi desa paling bersih di dunia.

  • Desa Hallstatt, Austria

Hallstatt Austria - Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari Ini Deretan Desa Terindah di Dunia

Hallstatt merupakan salah satu pemukiman tertua di Eropa yang dijuluki sebagai desa paling indah karena panoramanya yang luar biasa. Desa Hallstatt ini menawarkan keindahan panorama danau yang tiada duanya.

Desa ini terletak di antara Kota Graz dan Salzburg. Perpaduan keindahan danau yang menenangkan dan suasana pegunungan bisa bikin hati kamu tenang. Banyak artis Indonesia yang keliling Eropa menyempatkan mampir ke desa ini.

(Baca juga: Predikat Desa Terbersih di Dunia Berhasil Diraih Desa Penglipuran Bali, Kok Bisa?)

Kalau kamu sudah pernah mengunjungi yang mana saja? Kalau tabungan kamu belum cukup untuk keluar negeri mungkin bisa mulai dari yang ada di Indonesia dulu ya.

BRI Wonderful Indonesia

Manfaatkan kartu kredit BRI Wonderful Indonesia untuk memenuhi kebutuhan piknik kamu dan keluarga. Kartu tersebut merupakan kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata.

Sesuai namanya, beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati kalau menggunakan kartu kredit BRI Wonderful Indonesia untuk bepergian antara lain double Point untuk membayar kamar hotel, paket travel, dan tiket maskapai penerbangan. Serta auto-conversion Traveloka Point setiap kali kamu membeli tiket pesawat atau memesan kamar hotel lewat Traveloka.

Sementara buat kamu yang baru pertama kali memiliki kartu BRI Wonderful Indonesia, nikmati welcome bonus 500 Traveloka point. Asyik bukan?

Miliki kartu kredit BRI Wonderful Indonesia dengan mengajukannya secara online lewat CekAja.com di sini.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.