Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Empat Tips Irit Atur Belanja Bulanan Untuk Ibu Muda

by Rafly Aditia on 12 Desember, 2015

belanja di bulan ramadhan_kartu kredit - CekAja.com

Belanja bulanan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para ibu-ibu untuk memenuhi kebutuhan di rumah. Biasanya, anggaran bulanan untuk belanja kebutuhan hidup sehari-hari ini sudah dipisahkan sejak awal kamu dan pasangan kamu saat menerima gaji pad akhir atau awal bulan.

Bagi kamu yang masih berstatus sebagai ibu muda, seringkali keinginan dan nafsu berbelanja memuncak ketika telah memasuki pasar swalayan. Tidak jarang juga, anggaran yang telah kamu siapkan sudah habis sebelum semua kebutuhan yang kamu miliki terbeli.

Nah, untuk itu kamu harus punya strategi khusus untuk mengirit belanja bulanan dimana selama ini sering sekali membuat kamu lupa daratan ketika berada di pasar swalayan. Ini dia empat tips irit atur belanja bulanan untuk ibu muda;

 

Catat kebutuhan bulanan

Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah dengan cara mencatat barang-barang atau apapun itu yang kamu dan keluarga kamu butuhkan setiap bulannya dengan perincian yang detil dan jelas.

Ini berguna agar kamu tidak belanja di luar hal-hal yang kamu butuhkan nantinya ketika kamu sudah berada di pasar swalayan. Catatan ini akan mengingatkan kamu bahwa kebutuhan adalah prioritas utama dalam berbelanja bukannya keinginan.

(Baca juga: Cara Perpanjang STNK Online dan Bayar Lewat ATM)

 

 

Beli produk tak bermerek

Salah satu tips untuk mengirin biaya belanja bulanan kamu dan keluarga kamu di rumah adalah dengan cara membeli produk-produk kebutuhan rumah tangga yang tidak memiliki merek.

Apa saja contohnya? Kamu bisa membeli minyak, gula, tissue, camilan dan hal-hal lainnya yang tidak memiliki merek terkemuka. Produk-produk seperti ini biasanya merupakan produk yang dilabeli dan oleh toko swalayan dimana kamu berbelanja. Biasanya, produk-produk seperti ini memiliki harga yang lebih murah dibanding produk bermerek lainnya.

 

Tidak ada salahnya mencoba belanja online

Selama ini yang ada dipikiran kamu saat berbelanja untuk kebutuhan bulanan kamu harus datang ke pasar swalayan untuk membeli semua produk yang kamu dan keluarga kamu butuhkan di rumah. Padahal, untuk memenuhi kebutuhan tersebut tidak melulu seperti itu.

Saat ini sudah banyak online store yang juga menyediakan barang-barang konsumsi rumah tangga. Tentunya, dengan memanfaatkan hal ini kamu bisa irit dalam biaya transportasi yang kamu keluarkan saat kamu pergi ke toko swalayan.

 

Manfaatkan promo tertentu

Kamu bisa memanfaatkan promo-promo yang ada saat membeli barang kebutuhan bulanan rumah di pasar swalayan. Caranya adalah kamu harus cukup jeli melihat papan pengumuman atau apapun itu terkait barang-barang yang promo atau sedang diskon.

Manfaatkan pembelian produk seperti buy 1 get 1, diskon 50 persen dan sebagainya. Kamu juga bisa memaksimalkan promo yang diberikan oleh kartu kredit yang kamu miliki saat berbelanja bulanan.

(Baca juga: Apa Itu Suku Bunga Kredit dan Pengaruhnya pada Pinjaman?)

 

 

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami