Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Fakta-fakta tentang Leukimia yang Serang Anak Denada

by Tisyrin N. T on 18 Juli, 2018

Kabar menyedihkan datang dari dunia selebriti. Putri dari penyanyi Denada yang bernama Shakira Aurum diberitakan terserang penyakit leukimia. Penyakit tersebut terdengar mengerikan karena merupakan salah satu jenis penyakit kanker. Ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang penyakit ini.

penyakit mematikan _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Leukimia merupakan kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih adalah sel darah yang memiliki fungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Sel darah putih ini dihasilkan oleh bagian sumsum tulang belakang.

Pada penderita leukimia, sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal dan jumlahnya pun berlebihan. Karena jumlahnya berlebihan, bisa terjadi penumpukan di sumsum tulang. Sel abnormal juga bisa tersebar ke berbagai organ tubuh lain.

Nah, inilah beberapa fakta penting tentang leukimia yang CekAja.com rangkum dari berbagai situs kesehatan terpercaya.

Jenis Leukimia

Terdapat setidaknya empat jenis leukimia yang paling sering terjadi, yaitu:

Leukemia limfotik akut

Penyakit ini berkembang sangat cepat dan berbahaya, mengingat sel darah putih abnormal bisa menyebar ke organ tubuh lain. Ini merupakan jenis leukimia yang lebih sering ditemukan pada anak-anak, terutama anak laki-laki. Namun, selain sering terjadi pada anak-anak yang usianya dibawah 15 tahun, kerap ditemukan pula pada orang dewasa yang berusia di atas 45 tahun.

Leukemia limfotik kronis

Sebaliknya, leukimia jenis ini menyebar dengan lebih lambat. Artinya, butuh waktu bertahun-tahun. Leukemia limfotik kronis hanya dialami orang dewasa. Leukemia limfotik kronis biasanya hanya bisa terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut. Mengapa? Karena pasien kerap tak merasakan gejala.

Leukemia mielogen akut

Leukemia mielogen akut juga terjadi pada sumsum tulang dan menyebar dengan cepat. Tak hanya sel darah putih saja yang diproduksi abnormal, tetapi juga sel darah merah dan keping darah. Jumlah sel darah yang normal terkalahkan dengan cepat oleh jumlah sel-sel abnormal.

Leukemia mielogen kronis

Leukemia mielogen kronis tumbuh dengan lebih lambat. Berbeda dengan jenis leukimia lainnya, penyakit ini dikaitkan dengan kromosom abnormal yang bernama kromosom Philadelphia.

Bintik-bintik merah tanda leukimia

Salah satu tanda leukimia adalah munculnya bitnik merah pada kulit. Selain itu, penderita juga seringkali merasa kelelahan serta menggigil. Lebih lengkapnya, inilah tanda leukimia:

  • Demam atau menggigil
  • Muntah-muntah
  • Sakit kepala
  • Lemas atau lelah terus menerus
  • Keringat berlebihan
  • Nyeri di tulang atau sendi
  • Muncul infeksi
  • Berat badan turun
  • Gampang mengalami pendarahan seperti memar atau mimisan
  • Bintik-bintik merah di kulit
  • Pembengkakan pada kelenjar limpa

Paparan zat kimia picu leukimia

Penyebab leukimia memang belum diketahui secara pasti. Namun, ada faktor-faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tersebut. Faktor-faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko leukimia meliputi:

  • Faktor keturunan atau genetika
  • Pernah menjalani pengobatan kanker
  • Paparan radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu
  • Merokok

Kopi pada Ibu hamil berkaitan dengan leukimia

Sebuah penelitian dari American Journal of Obstetrics & Gynecology menunjukkan konsumsi lebih dari dua gelas kopi setiap hari pada ibu hamil akan meningkatkan potensi bayi mengidap leukimia sampai 60 persen. Sedangkan apabila ibu hamil mengonsumsi lebih dari 4 gelas kopi, akan meningkatkan risiko anak terkena leukimia hingga 72 persen.

Peneliti melakukan pengamatan pola minum kopi pada ibu dari anak yang terkena leukimia. Kandungan kafein dalam kopi memang bisa diterima Ibu, tetapi tidak bagi janin.

Pastikan Anda dan keluarga sudah mendapatkan perlindungan kesehatan terbaik. CekAja.com akan membantu Anda menemukan asuransi kesehatan yang paling tepat. Yuk cek!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami