Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Faktor Penyebab Ancaman di Bidang Ekonomi yang Patut Diwaspadai

by Vera Khairifah on 15 Juni, 2020

Kondisi perekonomian suatu Negara adalah indikator terpenting untuk mengukur kesejahteraan warganya. Namun untuk menjaga kondisi perekonomian yang stabil bahkan meningkat tidaklah mudah. Sebab ada beberapa faktor penyebab ancaman di bidang ekonomi yang patut diwaspadai.

Faktor Penyebab Ancaman di Bidang Ekonomi yang Patut Diwaspadai

Pada dasarnya, faktor penyebab ancaman di bidang ekonomi terbagi menjadi dua bagian besar. Yakni faktor internal dan eksternal.

Faktor penyebab ancaman di bidang ekonomi secara internal adalah masalah ekonomi yang terjadi di dalam negeri. Seperti sistem ekonomi yang tidak jelas, kondisi politik dan hukum dalam negeri, kurangnya ketersediaan infrastruktur, banyaknya pengangguran, dan inflasi.

Sedangkan faktor penyebab ancaman di bidang ekonomi secara eksternal adalah faktor yang mengancam perekonomian sebuah Negara dari luar (negera lain). Di antaranya sumber daya manusia (SDM) yang kalah saing, masalah ekonomi Negara berpengaruh, dan ketidaksiapaan menghadapi globalisasi.

Berikut kami jelaskan detil lengkapnya.

Faktor Penyebab Ancaman di Bidang Ekonomi
1. Sistem Perekonomi yang Tidak Jelas

Faktor penyebab ancaman di bidang ekonomi yang pertama adalah sistem perekonomian suatu Negara yang yang diatur di dalam Undang-Undang mempersulit masuknya investor asing.

Oleh karenanya, pemerintah harus mengevaluasi kembali aturan tersebut. Sehingga Negara memiliki Undang-Undang di bidang ekonomi yang mempermudah investor untuk berinvestasi. Namun di sisi lain sistem perekonomian tersebut juga masih berpihak pada rakyat dan pengusaha dalam negeri.

2. Kondisi Politik dan Hukum

Bidang ekonomi sebuah Negara juga dipengaruhi oleh kondisi politik dan hukum. Jika kondisi politik dalam pemerintahan didominasi oleh partai-partai tertentu, maka ada kemungkinan lahirnya kebijakan yang hanya menguntungkan segelintir pihak.

Pun dengan ketidakmampuan pemerintah mengatasi masalah dalam negeri juga akan berpengaruh pada kondisi ekonomi. Misalnya seperti penanganan penyebaran virus Covid-19 di beberapa negara yang terkesan carut marut.

Demikian pula dengan kondisi hukum dalam negeri. Apabila terjadi pengusutan maupun penyelesaian kasus hukum yang tidak adil, maka hal ini dapat menimbulkan protes rakyat secara besar-besaran. Yang kemudian berimbas pada ketidakstabilan kondisi ekonomi Negara tersebut.

3. Pembangunan Infrastruktur Tidak Merata

Pembangunan infrastruktur yang tidak merata juga menjadi faktor penyebab ancaman di bidang ekonomi. Hal ini  akan menyebabkan beberapa daerah tertinggal, dan kegiatan ekonominya terhambat. Sehingga berpengaruh pada perbedaan pendapatan daerah tersebut.

Ketimpangan ekonomi antar daerah inilah yang kemudian menimbulkan urbanisasi yang membuat persebaran penduduk juga tidak merata.

Selain membangun infrastruktur di semua daerah, pemerintah juga disarankan membuka beberapa BUMN dan memberikan izin bagi perusahaan swasta untuk berinvestasi di daerah tertinggal.

(Baca Juga: Penjelasan Tarif PPh 26 dan Cara Hitungnya)
4. Banyaknya Pengangguran

Salah satu faktor penyebab ancaman di bidang ekonomi secara internal adalah soal angka pengangguran yang tinggi. Sebab, pengangguran tidak memberikan kontribusi pada ekonomi Negara.

Untuk mengatasinya, pemerintah harus mempermudah akses pendidikan berkualitas di semua daerah dengan biaya yang terjangkau. Juga, dibutuhkan pelatihan khusus untuk calon pekerja agar mereka semakin bertalenta, dan ketersediaan lapangan pekerjaan yang perlu diperbanyak.

5. Inflasi

Inflasi adalah kondisi di mana naiknya harga atau suku bunga. Ini disebabkan oleh perubahan harga di pasar dunia, permintaan yang tinggi, terlambatnya produksi dan distribusi.

Inflasi menyebabkan nilai mata uang menjadi lebih rendah. Negara yang mengalami inflasi secara otomatis bidang ekonominya akan terpuruk.

6. Daya Saing SDM Rendah

Ancaman di bidang ekonomi eksternal ini menyebabkan banyaknya pengangguran. Kemampuan tenaga kerja dari SDM lokal yang terbatas membuatnya kalah bersaing dengan tenaga kerja luar negeri.

Akibatnya, masyarakat memiliki kontribusi yang kurang dalam bidang ekonomi Negara karena tidak bekerja, atau bekerja dengan level jabatan yang rendah. Solusi dari masalah ini adalah dengan meningkatkan kualitas SDM dengan skill mumpuni, agar mampu bersaing dengan tenaga kerja dari seluruh dunia.

(Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham)
7. Ketergantungan Pada Negara Berpengaruh

Ekonomi Negara berkembang tentu akan cepat terimbas pada gejolak ekonomi dari Negara maju yang berpengaruh. Indonesia sendiri masih bergantung pada Negara Adidaya Amerika Serikat dalam bidang ekonomi.

Misalnya, inflasi yang dialami Amerika Serikat berpengaruh pada nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika. Sedangkan Negara yang mandiri secara ekonomi dengan angka produksi barang dan daya beli yang tinggi seperti Tiongkok tidak akan terpengaruh oleh Negara lain.

8. Tidak Siap Menghadapi Globalisasi

Globalisasi merupakan era kemajuan zaman yang melibatkan teknologi dalam kehidupan sosial dan ekonomi dunia. Negara yang tidak siap menghadapinya dipastikan akan jauh tertinggal dalam bidang ekonomi. Sebab teknologi yang maju akan mempermudah dan mempercepat kegiatan ekonomi maupun transaksi ekonomi.

Untuk siap menghadapi globalisasi, dibutuhkan pelatihan penggunaan fasilitas teknologi di masyarakat.

Mulai dari sekolah pintar yang melibatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, pelatihan produksi barang dengan mesin canggih, akses internet berkualitas di semua daerah untuk seluruh masyarakat, pelatihan penggunaan gadget dan teknologi lainnya dalam transaksi ekonomi, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa penyebab ancaman di bidang ekonomi yang patut diwaspadai. Selain mengandalkan fasilitas dari pemerintah, dibutuhkan pula keinginan yang kuat dari masyarakat untuk menjadi SDM berkualitas agar ekonomi sebuah Negara menjadi maju.

Selain bertekad untuk sukses di bidang ekonomi dengan mandiri dalam hal finansial, kamu juga harus mulai menjaga pengeluaran mu saat ini. Jika kamu memerlukan dana secara cepat, kini kamu bisa mengajukan nya melalui CekAja.com

CekAja.com menyajikan berbagai pinjaman cepat terbaik dari bank di Indonesia dengan bunga yang terjangkau. Pilih sesuai kebutuhan dan ajukan secara mudah via online sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast