Fasilitas Bandara Changi Singapura yang Bikin Mager Balik ke Indonesia

Bandara Changi, Singapura memiliki beragam fasilitas yang tak hanya memberi kenyamanan tapi juga hiburan untuk setiap pengunjung dari berbagai negara. Tak heran, bandara dengan kode SIN tersebut hampir selalu dinobatkan menjadi bandara terbaik di dunia.

Advertisement

Menurut perusahaan riset maskapai dan bandara, Skytrax berikut ini adalah 10 bandara terbaik di dunia sepanjang tahun 2019:

  1. Singapore Changi Airport (Singapura)
  2. Tokyo International Airport Haneda (Jepang)
  3. Incheon International Airport (Korea Selatan)
  4. Hamad International Airport (Qatar)
  5. Hong Kong International Airport (Hong Kong)
  6. Central Japan International Airport (Jepang)
  7. Munich Airport (Jerman)
  8. London Heathrow Airport (Inggris)
  9. Narita International Airport (Jepang)
  10. Zurich Airport (Swiss)

Meski negaranya tak lebih besar dari Pulau Jawa, Negeri Singa selalu membuat nyaman siapa pun yang datang untuk berlibur atau melakukan business trip.

Jangankan berkeliling negaranya, hanya transit di bandara pun sudah amat menghibur. Mulai dari tempat menginap, bioskop, kolam renang, taman bunga, sampai air terjun semua bisa kamu nikmati secara cuma-cuma.

  • Menginap gratis di Changi

Ada banyak alasan mengapa Changi dinobatkan menjadi bandara terbaik di dunia. Salah satunya karena bandara ini punya fasilitas menginap yang super nyaman dan gratis.

Untuk tempat istirahat yang bebas digunakan tanpa harus membayar sepeser pun, bisa kamu temukan di Terminal 1, yaitu di Snooze Lounge, Transit East Level 3, dan Transit Area.

(Baca juga: Kereta Bandara Layani Penumpang Sampai Stasiun Manggarai, Liburan jadi Lebih Mudah)

Pengunjung bebas menggunakan fasilitas ini misalnya ketika transit panjang, delay cukup lama, menunggu waktu check in hotel, atau sedang backpacking.

Jika kamu memiliki bujet lebih, ada sejumlah lounge berbayar yang bisa dijadikan tempat menginap. Lounge-lounge tersebut menawarkan fasilitas dan layanan kelas internasional. Selain itu, para tamu juga bakal dimanjakan lidahnya dengan sajian lezat yang terdiri dari beberapa menu andalan seperti laksa Singapura.

  • Berenang di kolam rooftop

Jika punya banyak waktu untuk stay di bandara, coba refreshing dengan berenang. Khusus penumpang pesawat di Terminal 1, kamu akan disuguhkan fasilitas berupa kolam renang rooftop.

Kolam renang ini berada tak jauh dari Aerotel Airport Trasit Hotel, di lantai 3, dekat Gate D. Namun sebelum nyebur, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp181 ribu terlebih dahulu.

Selain berenang, pengunjung juga bisa menimkati area jacuzzi, atau sekadar nongkrong di bar.

  • Nonton bioskop dan main video game

Siapa bilang kalau bioskop cuma ada di mal? Di bandara sekelas Changi pun ada. Ya, penumpang kini bisa dengan bebas menonton film lama atau terbaru secara gratis di Terminal 2 dan 3.

Selain itu, penggemar games juga bakal dimanjakan dengan entertainment deck, yakni area dengan fasilitas berupa Xbox 360 dan PlayStation 3. Caranya bila ingin bermain selagi menunggu penerbangan, cukup datang ke Terminal 2.

  • Kebun bunga dan kupu-kupu

Uniknya lagi bandara ini pun memiliki beberapa kebun yang menghadirkan kurang lebih seribu kupu-kupu dari 40 spesies. Jika ingin menikmatinya, pengunjung cukup datang ke ruang tunggu keberangkatan di Terminal 2 dan 3.

Selain mempunyai Butterfly Garden, bandara internasional Singapura ini juga menawarkan berbagai taman bunga mulai dari matahari, lily, anggrek, hingga kaktus.

The Sunflower Garden yang berlokasi di Terminal 2, Departure Transit Lounge lantai 3 terbilang paling ramai dikunjungi untuk berwisata selfie.

  • Jewel Changi

Resmi dibuka pada awal 2019 kemarin, Jewel Changi ibarat one stop entertainment bagi para pengunjung bandara. Kamu bisa shopping di beberapa toko ritel, menikmati kuliner lezat, atau menjelajahi atraksi wisata seperti HSBC Rain Vortex, air terjun dalam ruangan tertinggi sedunia dengan ketinggian 40 meter.

(Baca juga: Resmi Beroperasi, Ini Rute dan Harga Tiket Kereta Bandara Baru Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu)

Di sekelilingnya juga terdapat taman dalam ruangan empat lantai bernama Shiseido Forest Valley. Arena bermain seperti Manulife Walking Nets, Bouncing Nets, Hedge Maze, Mirror Maze, dan Discovery Slides.

Tak heran kan mengapa Changi dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia? Belum menjelajah ke negaranya saja, pengunjung sudah dimanjakan oleh bergam fasilitas luar biasa. Malah tak sedikit yang bisa dinikmati secara gratis.

Jalan-jalan kemanapun, jangan lupa selalu lindungi dirimu dengan asuransi perjalanan. Pilih, bandingkan, dan beli asuransi tersebut hanya di CekAja.com!

Advertisement