Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Dia Cara Upload Foto di Instagram Web dari Laptop dengan Mudah

by Nadhillah Kusindriani on 15 Juni, 2020

Meski hingga kini Instagram belum menyediakan fitur resmi untuk upload foto dan video lewat laptop, namun kamu sudah bisa menggunakannya, loh! Terlebih, cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah. Lantas, bagaimana cara upload foto di Instagram web dari laptop? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Gampang Banget! Ini Dia Cara Upload Foto di Instagram Web dari Laptop

Cara Upload Foto di Instagram Web dari Laptop

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa kamu kini sudah bisa mengupload foto dan video ke Instagram melalui laptop. Dan menariknya, ada beberapa cara upload foto di Instagram web dari laptop yang bisa kamu gunakan, yang di antaranya yaitu:  

Tanpa Menggunakan Aplikasi

Tanpa Menggunakan Aplikasi - Gampang Banget! Ini Dia Cara Upload Foto di Instagram Web dari Laptop

Meski sebagian orang ada yang mengatakan, kalau untuk bisa mengupload foto dan video di Instagram web melalui laptop memerlukan aplikasi tambahan, namun ternyata ada cara yang lebih mudah yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi.

Untuk itu, di bawah ini merupakan cara upload foto di Instagram web dari laptop tanpa menggunakan aplikasi apapun, yaitu:

  1. Buka browser (sebaiknya Google Chrome)
  2. Buka situs Instagram.com dan Log In akun Instagram milikmu
  3. Masuk ke laman Profile kamu
  4. Klik kanan dimana saja, lalu muncul Pop Up dan pilih Inspect atau Inspect Element (Ctrl + Shift + I)
  5. Kemudian laman Inspector Tool akan terbuka dan membagi layar browser menjadi dua bagian. Umumnya, Inspector Tool terletak di bagian kanan layar
  6. Setelah itu, cari dan klik ikon berbentuk handphone dan layar tablet yang terletak di pojok kiri atas laman Inspector Tool, atau yang terletak di sebelah tulisan Elements
  7. Setelah klik ikon tersebut, kemudian tampilan Instagram web kamu akan berubah menjadi tampilan smartphone
  8. Apabila kamu ingin merubahnya sesuai dengan tampilan layar ponselmu, langsung saja cari tulisan Responsive di tampilan Instagram bagian kiri atas, lalu pilih tampilan layar ponsel yang kamu inginkan
  9. Balik ke laman Inspector Tool, kemudian pilih sub menu Performance
  10. Lalu klik ikon Refresh dan muncul tanda + di bagian tengah bawah tampilan Instagram web
  11. Setelah itu, close laman Inspector Tool dan kamu sudah bisa upload foto di Instagram web dari laptop
(Baca Juga: Cara Membuat Konten Slide Instagram Nyambung)
Menggunakan Aplikasi

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui cara upload foto di Instagram web dari laptop tanpa menggunakan aplikasi, kini saatnya untuk kamu mengetahui cara upload foto di Instagram web menggunakan beberapa aplikasi tambahan. Adapun beberapa aplikasi tambahan tersebut, di antaranya:

BlueStacks App Player

BlueStacks App Player - Gampang Banget! Ini Dia Cara Upload Foto di Instagram Web dari Laptop

Aplikasi pertama yang digunakan untuk upload foto di Instagram web adalah BlueStacks App Player. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi emulator Android yang dapat digunakan dan dijalankan di komputer atau laptop yang berbasis Windows atau Mac.

Menariknya, aplikasi ini juga dapat menjalankan beberapa aplikasi Android melalui layar komputer, seperti misalnya berbagi foto dan video Instagram secara gratis dan untuk upload foto di Instagram web.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini kamu juga dapat mengupload foto dan video ke Instagram web melalui laptop atau komputer. Untuk itu, di bawah ini merupakan cara mengupload foto dan video ke Instagram web, yaitu:

  • Unduh dan install aplikasi BlueStacks terlebih dahulu
  • Log in BlueStacks menggunakan akun Google milikmu
  • Masuk ke Play Store lalu cari aplikasi Instagram
  • Setelah itu, install aplikasi Instagram ke aplikasi BlueStacks milikmu
  • Jika sudah berhasil di install, selanjutnya buka aplikasi tersebut dan tampilan BlueStacks akan secara otomatis berubah menjadi tampilan smartphone
  • Masuk ke Instagram web dan kamu bisa langsung mengupload foto dari laptop
Flume

Flume - Gampang Banget! Ini Dia Cara Upload Foto di Instagram Web dari Laptop

Aplikasi berikutnya adalah Flume. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi khusus untuk klien Instagram yang menggunakan Mac dengan fitur lengkap. Tidak hanya itu, aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar.

Kamu bisa memilih salah satu dari dua versi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Namun tentu saja, apabila kamu menggunakan aplikasi berbayarnya, kamu sudah pasti mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Seperti misalnya, upload foto di Instagram web, postingan carousel multi-gambar, filter-filter yang lengkap, mengelola profil Instagram hingga aktivitas akun.

Deskgram

Deskgram - Gampang Banget! Ini Dia Cara Upload Foto di Instagram Web dari Laptop

Aplikasi yang terakhir adalah Deskgram. Aplikasi ini merupakan aplikasi desktop yang dapat digunakan untuk Instagram, baik melalui Windows ataupun Mac. Hampir sama dengan aplikasi Flume, Deskgram juga tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar.

Apabila kamu menggunakan Deskgram versi gratis, kamu hanya bisa mendapatkan beberapa fitur layaknya Instagram web biasa, seperti melihat gambar atau foto, memberikan komentar dan menyukai gambar.

Sedangkan, apabila kamu menggunakan Deskgram versi berbayar, kamu bisa upload foto di Instagram web atau video ke Instagram. Hanya saja, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar $3 per bulannya.

Kelebihan Instagram dari Media Sosial Lainnya

Seperti yang diketahui, Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di hampir seluruh dunia.

Hal tersebut dikarenakan, Instagram tidak hanya menawarkan banyak fitur menarik, tetapi juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media sosial lainnya. Beberapa kelebihan Instagram tersebut, di antaranya:

  • Gratis
  • Mudah digunakan
  • Memiliki banyak fitur menarik, seperti effect, Instagram Story, Instagram Live dan lain sebagainya
  • Dapat terkoneksi dengan media sosial lainnya
  • Dapat digunakan untuk media promosi bisnis
  • Dapat mengunggah foto dan video yang menjadi fitur unggulan dari Instagram
  • Dapat digunakan dalam bentuk privasi (private)
  • Dan lain sebagainya.
(Baca Juga: Cara Meningkatkan Followers Instagram dengan Cepat)

Nah, beberapa informasi terkait Instagram dan cara upload foto di Instagram web dari laptop sudah kamu ketahui di atas. Kamu bisa upload foto di Instagram web menggunakan aplikasi tambahan ataupun tidak.

Namun, jika kamu ingin membeli laptop baru atau bahkan ingin aplikasi tambahan dan mendapatkan fitur yang lengkap, kamu bisa memakai versi berbayar dari aplikasi tersebut. Agar proses pembelian aplikasi lebih mudah, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Tetapi, apabila kamu belum memiliki kartu kredit, jangan khawatir. Sebab, kini kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat melalui CekAja.com.

Terlebih, sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis