Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hal-hal yang Bikin Resolusi Tahun Baru Tidak Tercapai

by Miftahul Khoer on 19 Desember, 2019

Biasanya, menjelang tahun baru, banyak orang akan membuat resolusi. Sayangnya, hanya sebagian kecil orang saja yang benar-benar bisa mewujudkan resolusi tahunan tersebut. Menurut penelitian, sebagian besar orang akan melupakan resolusi tahun barunya begitu memasuki bulan Februari. Oleh karena itu, tidak heran kalau bagi sebagian orang resolusi tahun baru sudah dianggap sebagai omong kosong belaka.

resolusi tahun baru

Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu? Di akhir tahun membuat resolusi yang luar biasa hebat dan sangat bersemangat menjalaninya saat tahun baru. Mulai melembek saat memasuki seperempat tahun, sudah lupa sama sekali saat tengah tahun, dan baru teringat kembali saat akhir tahun berikutnya?

Jadi sebenarnya apa sih penyebab utama resolusi tahunan tidak tercapai? Berikut ini hal-hal yang membuat resolusi tahun baru tidak tercapai.

1. Terlalu muluk

Salah satu resolusi tahun baru tidak tercapai adalah karena target yang terlalu muluk. Tentu saja impian itu tidak ada batasnya dan kita memang sebaiknya bermimpi setinggi mungkin. Akan tetapi, ketika menentukan target, sebaiknya kita juga realistis dan menyesuaikan dengan kemampuan diri. Target yang terlalu muluk hanya membuatnya menjadi sulit dicapai dan akhirnya membuat kita malas untuk mengejarnya.

Sebaiknya bagi impianmu ke dalam beberapa langkah dan tahapan. Misalnya untuk tahun ini, kamu bisa memulai untuk mencapai tahapan pertama terlebih dahulu, baru nanti ditingkatkan di tahun berikutnya. Bukannya membuat target yang teramat sangat tinggi dan berwacana untuk mencapainya dalam waktu satu tahun saja.

(Baca juga: Sederet Event Seru Buat Menghabiskan Malam Tahun Baru di Jakarta)
2. Tidak membuat target bulanan

Hal berikutnya yang membuat resolusi tidak tercapai adalah karena tidak membuat target bulanan. Masih ingat tentang pembagian di poin pertama? Setelah membuat target tahunan, sebaiknya kita bagi-bagi lagi menjadi target yang lebih ringan dan membuat target bulanan. Dengan demikian, arah kemajuan kita dalam menjalankan resolusi akan lebih terukur dan kita juga bisa melihat perkembangannya dengan jelas. Hal ini baik supaya kita melihat hasil, maka kita tidak akan lagi merasa kalau apa yang kita kerjakan adalah sia-sia.

3. Tidak menentukan jadwal harian

Setelah menentukan target bulanan, kita juga harus membuat target harian. Hal ini dilakukan terutama untuk latihan pendisiplinan diri. Dengan adanya jadwal harian yang jelas, kita akan selalu tahu apa yang harus dilakukan. Kamu bisa membuat target bulanan sekaligus di awal tahun saat kamu membuat resolusi, kemudian membuat jadwal harian setiap bulan disesuaikan dengan evaluasi pencapaian bulan sebelumnya. Hal ini akan membuatmu lebih mudah dalam menjalankan resolusi serta terlihat lebih masuk akan dan tidak terlalu muluk lagi.

4. Tidak serius

Salah satu alasan resolusi tidak tercapai adalah kamu sendiri tidak serius saat menentukannya. Bisa jadi hal ini disebabkan karena kamu ikut-ikutan saja, atau hanya iseng sekadar formalitas saat membuatnya. Kamu tidak benar-benar meniatkan diri untuk melakukan itu dan tidak mengharapkan hasil. Tipe resolusi macam inilah yang biasanya sudah langsung terlupakan begitu memasuki bulan Februari. Kalau kamu benar-benar serius akan resolusimu, kamu bahkan tidak perlu memberitahu orang lain. Cukup untuk dirimu sendiri saja dan kamu akan benar-benar menjalankannya.

(Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru Makin Hemat dengan 7 Promo Kartu Kredit Ini)
5. Menunda-nunda

Mungkin hal ini adalah alasan dari banyak sekali kegagalan. Pada awalnya kamu menunda dengan mengatakan “Ah, mulai tahun depan saja habis tahun baru.” Begitu masuk tahun baru kamu mengatakan “Ah, mulai besok saja.” Keesokan harinya kamu mengatakan “Mulai bulan depan saja.” Tak terasa, waktu berjalan begitu cepat dan kamu terlalu sibuk menunda-nunda. Akhirnya kamu belum sempat melakukan apa-apa, tahunnya keburu udah mau ganti lagi. Kemudian menyesal. Dan berjanji untuk mulai tahun depan lagi. Begitu seterusnya selama bertahun-tahun.

Kalau kamu memang mau berubah, sebenarnya kamu tidak perlu menunggu tahun baru untuk melakukan perubahan itu. Mulai dari sekarang saja.

Nah itulah beberapa alasan yang membuat resolusi tahun baru tidak tercapai. Penyebab utamanya ya dirimu sendiri. Mulai sekarang, berhentilah mencari alasan dan mulailah hari ini juga. Lakukan sesuatu setiap hari. Di akhir tahun nanti, kamu akan terkejut dengan hal-hal yang berhasil kamu capai sepanjang tahun sehingga untuk tahun baru berikutnya, kamu sudah bisa memasuki babak berikutnya.

Untuk kamu yang butuh pencerahan finansial, jangan lupa cek berbagai informasi finansial di CekAja.com!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.