Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ini 4 Hotel Murah untuk Keluarga di Solo, Dijamin Gak Bikin Kantong Jebol

by Ayunindya Annistri on 28 Oktober, 2019

Liburan bersama keluarga memang menyenangkan. Apalagi bila kamu bisa berkunjung ke kota Solo. Kota kelahiran presiden Joko Widodo ini memang belum setenar Yogyakakarta, namun keindahan alam dan budayanya mampu membius wisatawan untuk tidak segera beranjak dari kota tersebut.

liburan hotel murah solo

Satu atau dua hari saja tampaknya tak cukup untuk menelusuri keindahan kota Solo. Rumah bagi Kerajaan Mangkunegaraan dan Kasunanan ini masih sangat kental akan adat istiadat. Nah salah satu ikon tradisi yang tidak dapat dilepaskan dari Solo adalah batik.

Tips Liburan Murah ke Solo Bersama Keluarga

Nah, sebelum kamu memesan hotel murah untuk keluarga di Solo, ketahui beberapa tips berikut ini supaya liburanmu bersama keluarga jauh lebih berkesan.

1. Gunakan Transportasi yang Murah

Untuk bisa mendapatkan liburan murah ke Solo, kamu bisa memesan tiket pesawat ataupun kereta jauh sebelum hari keberangkatan. Hal itu bertujuan agar kamu bisa terhindar dari lonjakan harga.

Biasanya harga jual tiket sangat bergantung dari permintaan. Saat musim liburan panjang ,permintaan akan tinggi sehingga harga jual akan disesuaikan dengan ketersediaan tiket.

Ketika berada di Solo, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti Batik Solo Trans untuk menghemat biaya liburan. Untuk sekali jalan, kamu hanya dipungut biaya sekitar Rp4.500.

Modelnya sangat mirip dengan Transjakarta yang ada di Ibukota. Rute yang ditawarkan pun beragam, mencapai 8 rute perjalanan.

(Baca juga: Liburan Irit, Ini 7 Hotel Murah untuk Keluarga di Balikpapan)
2. Pilih Tempat Makan dengan Harga Terjangkau

Mencicipi makanan khas kota Solo tidak harus dilakukan di restoran mewah. Ada banyak warung kaki lima di Solo yang menghidangkan makanan lezat dengan harga relatif murah.

Bahkan beberapa diantaranya justru sangat populer di kalangan wisatawan. Misalnya saja Soto Gading, Mie Gajah Mas, dan Harjo Bestik.

3. Pilih Penginapan yang Nyaman dan Murah

Mengelilingi Solo memang tak bisa dilakukan dalam waktu sebentar. Untuk itu kamu memerlukan penginapan yang nyaman, terutama saat membawa keluarga. Namun perlu diingat, mendapatkan hotel yang nyaman dari segi pelayanan maupun tempat tidak hanya dari hotel bintang 5 saja.

Kamu juga bisa memilih hotel murah untuk keluarga di Solo melalui aplikasi online atau mencari hotel yang bekerja sama dengan online travel agency (OTA) seperti Airy Rooms maupun Red Doorz.

Melalui channel tersebut, kamu bisa mendapatkan harga yang bersahabat dan atmosfer menginap yang nyaman.

4 Hotel Murah untuk Keluarga di Solo

Berbincang mengenai penginapan, Solo punya sejumlah hotel murah untuk keluarga dengan fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan hotel bintang lima.

Tanpa berlama-lama, yuk intip hotel murah untuk keluarga di Solo dengan harga di bawah Rp 500 ribu!

1. Griya Bumbu

Adalah hotel murah yang terletak di Jalan Dr. Supomo. Hotel ini memiliki suasana yang sangat kental dengan unsur budaya Jawa.

Mungkin kalau kamu berasal dari luar Jawa akan langsung terkesima melihat interior desainnya yang begitu detil. Pada area ruang tamu atau ruang duduk, kamu dapat melihat aneka furnitur yang terbuat dari kayu dengan ornamen khas Jawa.

Mulai dari bale-bale untuk tempat duduk tamu dan kursi dari anyaman bambu juga kayu bisa ditemukan di Griya Bumbu. Selain itu, hotel murah untuk keluarga di Solo ini juga menggunakan atap bergaya rumah khas tradisional Jawa yakni Joglo.

Jika kamu tertarik menginap di Griya Bumbu, kamu bisa melakukan pemesanan hotel terlebih dahulu melalui aplikasi online. Karena biasanya hotel ini selalu diserbu oleh wisatawan luar Jawa, terlebih saat liburan akhir tahun.

Soal harga, tak perlu khawatir. Hotel Griya Bumbu memberikan paket menginap per malam yang cukup terjangkau mulai dari Rp 360 ribu.

2. Rumah Turi Hotel

Selain Hotel Griya Bumbu, pilihan hotel murah untuk keluarga di Solo lainnya adalah Rumah Turi Hotel. Dengan mengusung konsep ramah lingkungan, Rumah Turi Hotel menawarkan suasana yang sejuk ditengah panasnya kota Solo.

Hampir seluruh bangunan Rumah Turi Hotel dibuat semenarik mungkin untuk tamu yang ingin berswa foto. Mulai dari material bangunan yang didominasi oleh kayu, hingga beberapa sudut hotel yang di hias dengan pot tanaman.

Uniknya lagi, hotel murah yang berada di Jalan Sri Gading ini memiliki hujan buatan sendiri. Hujan ini berasal dari pompa air yang perlahan-perlahan turun dari atas genteng hotel.

Tak hanya itu, airnya pun turut keluar dari bawah jembatan yang berada di lantai dua. Beragam fasilitas yang ditawarkan oleh Rumah Turi Hotel bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 300 ribu per malam. Murah bukan?

(Baca juga: Mau Staycation di Hotel Tapi Belum Gajian? Cek Promo Ini!)
3. Omah Sinten Heritage Hotel

Mengusung gaya arsiktektur Jawa kuno, Omah Sinten Heritage Hotel yang berlokasi di Jalan Diponegoro itu menawarkan suasana khas tempo dulu. Seluruh area hotel dirancang dengan konsep ‘back to nature’ yang bakal membuat wisatawan betah berlama-lama menginap disana.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Omah Sinten bisa terbilang cukup lengkap. Tak hanya restoran dan coffee shop, hotel murah untuk keluarga di Solo ini juga memiliki fasilitas meeting room, bioskop mini, spa, dan taman bermain anak. Untuk jumlah kamar, hotel ini hanya menyediakan 10 kamar saja dengan harga per malam sekitar Rp 430 ribu.

Selain menginap, kamu juga bisa menikmati berbagai festival budaya yang kerap digelar oleh masyarakat sekitar kawasan Omah Sinten. Kamu juga bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang tak jauh dari hotel tersebut seperti Pasar Triwindu, Pura Mangkunegaran, serta Museum Batik Danar Hadi.

4. Rumah Batu Villa & Spa

Kalau hotel yang satu ini memang sangat cocok untuk sepasang kekasih yang ingin berbulan madu. Selain dikenal sebagai hotel murah untuk keluarga di Solo, Rumah Batu Villa & Spa juga terkenal memiliki nuansa Jawa yang tak kalah menarik dibandingkan dengan Rumah Turi dan Omah Sinten.

Memang jika dilihat dari luar, hotel ini tidak terlalu menunjukkan gaya tradisional Jawa, bahkan lebih terkesan bergaya modern. Namun begitu kamu memasuki area restoran, kamu pasti akan langsung terkesima melihat pernak-pernik dan desainnya yang kental akan unsur Jawa.

Selain itu, Rumah Batu Villa & Spa juga menawarkan tipe kamar yang beragam dan hampir seluruh tipenya mengusung konsep etnik Jawa, seperti Andesit Suite Room, Honeymooners Room, dan Candi Deluxe.

Kemudian ada pula tipe Bali Green Deluxe Room dan Bali Green Superior Room buat pengunjung yang ingin merasakan atmosfir Bali di tanah Jawa. Soal harga, hotel yang berada di Jalan Ovensari Raya itu masih terbilang murah.

Tarif per malamnya, Rumah batu Villa & Spa hanya mematok harga mulai dari Rp 370 ribu saja. Mengingat tahun 2019 akan segera berakhir, kamu harus menyiapkan dana liburan akhir tahun dari sekarang.

Kalau merasa kesulitan mengumpulkan dananya, coba akses CekAja.com dan temukan produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau