Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini 5 Peluang Usaha yang Laris Manis di Musim Hujan

by Sindhi Aderianti on 12 November, 2018

Hujan di hampir setiap hari bagi sebagian orang mungkin cukup mengganggu aktivitas. Namun siapa sangka, justru terdapat peluang usaha yang bisa dimanfaatkan di kala musim penghujan datang.

Ini 5 Bisnis Yang Laris Manis di Musim Hujan

Peluang usaha musim hujan ini tak semuanya tergolong ‘aji mumpung’, lho. Beberapa malah dapat terus bertahan sampai kapanpun.

Hanya saja, kebetulan omzetnya akan lebih banyak di saat-saat seperti sekarang. Apa sajakah peluang usaha musim hujan tersebut? Berikut ini referensinya untuk Anda.

1. Perlengkapan musim hujan

Berbeda dari biasanya, musim hujan otomatis mengharuskan seseorang memakai beragam perlengkapan anti air. Jas hujan adalah salah satu barang bawaan yang wajib dibawa oleh para pengendara motor, terutama untuk pengendara motor.

Payung juga menjadi kebutuhan yang tak kalah penting. Selain jas hujan dan payung, pakaian hangat pun dibutuhkan banyak orang.

Berhubung musim hujan membuat udara dingin, menghangatkan suhu tubuh dengan sweater atau jaket pasti akan terasa lebih nyaman. Nah, kebutuhan terhadap barang-barang tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha di musim hujan.

(Baca juga: Waspada, Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan)
2. Seblak pedas

Ketika hujan, biasanya paling enak ditemani dengan makanan hangat dan pedas. Seblak menjadi kuliner yang kini paling digemari.

Makanan khas kota Bandung ini satu porsinya berisi isian kerupuk rebus, kwetiau, telur, bakso, sosis, hingga ceker. Ditambah siraman kuah pedas yang amat menggugah selera.

Cara membuat Seblak Bandung tergolong mudah. Tak berbeda dengan cara menyajikan mi instan.

Salah satu bumbu utama selain bawang merah dan bawang putih, bumbu seblak juga bisa dikombinasikan dengan bebagai sayuran seperti daun bawang, tangkai seledri atau kemiri. Cara membuat Seblak Bandung tergolong mudah.

Tak berbeda dengan cara menyajikan mi instan. Maka tak heran kalau omzet peluang usaha musim hujan ini tak diragukan lagi, untungnya saja bisa mencapai 100 persen.

(Baca juga: 7 Tips Liburan di Musim Hujan)
3. Laundry

Peluang usaha musim hujan lain yang juga menguntungkan dari kedua belah pihak adalah laundry. Ketika hujan datang, tentunya jemuran lebih susah kering meski sudah dijemur lama bahkan seharian.

Dengan membuka usaha ini, orang-orang tak perlu lagi menghadapi masalah tadi. Tinggal serahkan semua pakaian kotor ke laundry, semua proses cuci hingga setrika pun beres.

Sekalipun musim hujan usai, usaha Anda bisa tetap berjalan, kok. Sebab jasa tersebut memang dibutuhkan banyak orang, terlebih bagi beberapa kalangan yang tinggal di lingkungan kost ataupun daerah perkotaan.

Pastikan setidaknya Anda memiliki 4 mesin cuci dan minimal 2 tenaga keja untuk membantu semua operasional usaha.

Banner KTA CekAja

4. Cuci kendaraan

Musim hujan membuat kendaraan cepat kotor karena air hujan yang membekas atau jalanan tergenang, membuat orang-orang enggan dan malas untuk berkali-kali membersihkan kendaraanya. Maka solusinya sudah pasti ke tempat yang bisa membersihkan kendaraannya meski ia harus mengeluarkan uang sebagai balas jasa.

Sebenarnya jasa cuci kendaraan ini sudah mulai marak, malah ada beberapa jasa pencucian yang melancarkan beragam strategi seperti garansi cuci gratis jika kendaraan pelanggannya kotor selama dua kali berturut-turut.

Tapi Anda tak usah khawatir kalah saing. Ciptakan sesuatu yang berbeda, seperti memberi jasa cuci kendaraan home service sehingga pelanggan tidak harus repot keluar rumah. Anda pun akan lebih diuntungkan karena tidak perlu menyewa tempat khusus yang memakan banyak biaya.

(Baca juga: Waspada Daftar Penyakit di Musim Hujan, Yuk Cek!)
5. Reparasi dan cuci sepatu

Tidak hanya baju, sepatu juga menjadi rentan kotor bahkan rusak saat musim hujan. Untuk itulah, banyak orang mencari-cari tempat reparasi sekaligus cuci sepatu mereka agar bisa dipakai kembali.

Beberapa jasa yang ditawarkan diantaranya adalah cleaning, unyellowing package, special treatment, deep cleaning untuk sepatu wanita, reglue  repair, repaint, serta leather care. Peluang usaha musim hujan ini bisa pula menjadi pilihan Anda yang ingin memulai usaha jangka panjang, mengingat jumlah kolektor sepatu khususnya sneaker yang meningkat, diikuti besarnya faktor keinginan agar sepatu kesayangannya itu tetap terawat.

Tergugah untuk menjalankan salah satu dari peluang usaha musim hujan yang disebutkan di atas? Daripada terus mengeluhkan aktivitas yang terhambat karena hujan dan banjir, lebih baik memanfaatkan peluang ini untuk ikut berbisnis. Hasilnya, lumayan sebagai investasi di masa depan!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.