Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ini Buktinya Kalau Orang Sukses Memulai Bisnis Sejak Usia 20-an

by Ariesta on 6 September, 2016

entrepreneur muda _ pinjaman UKM - CekAja.com

Orang-orang selalu membicarakan entrepreneur sukses yang punya kisah-kisah menarik. Mulai dari Steve Jobs, Mark Zuckerberg hingga Oprah Winfrey, mereka semua dikenal karena berhasil meraih kesuksesan bahkan menjadi miliarder dunia. Tapi tahukan kamu, pada usia berapa mereka meraih kekayaan?

Masing-masing orang rupanya memiliki jalannya sendiri. Ada yang sejak usia 23 tahun mereka sudah kaya, namun ada yang baru kaya saat berusia 52 tahun. Tapi bagi kamu yang ingin kaya sejak muda dan sejahtera sampai tua, ada baiknya belajar dari miliarder yang meraih kekayaannya di usia muda. Semakin awal memulai, tentunya peluang untuk sukses juga makin terbuka lebar.

Deretan miliarder berikut mengajarkan kalau memulai bisnis memang harus dilakukan sejak usia 20-an.

Mark Zuckerberg

mark zuckerberg-CekAja.com

Usia saat menjadi jutawan           : 22 tahun

Usia saat menjadi miliarder          : 23 tahun

Mulai menggeluti bisnis di usia   : 20 tahun saat mendirikan Facebook

Jumlah kekayaan                             : US$44,6 miliar

Bersama dengan teman asrama selama mengenyam bangku kuliah di Universitas Harvard, Zuckerberg meluncurkan Facebook sebelum ulang tahunnya yang ke-20 pada Febuari 2004. Dua tahun kemudian, Zuckerberg mendapatkan satu juta dollar pertamanya dan di tahun berikutnya dia mencetak sejarah baru dengan menjadi miliarder termuda di dunia. Sampai saat ini Mark tetap menjadi Pimpinan Direksi dan CEO Facebook. (Baca juga: Masih Usia 20-an? Ini Tipsnya Agar Karier Kamu Melejit)

Bill Gates

bill gates - CekAja.com

Usia saat menjadi jutawan           : 23 tahun

Usia saat menjadi miliarder          : 31 tahun

Mulai menggeluti bisnis di usia   : 20 tahun saat mendirikan Microsoft

Jumlah kekayaan                             : US$75 miliar

Bill Gates mendirikan Microsoft di tahun 1975 atau tepatnya saat masih berusia 20 tahun. Ia tidak sendirian. Paul Alen yang merupakan rekan bisnisnya turut membantunya hingga Microsoft menjadi perusahaan software PC terbesar di dunia. Gates mendapatkan satu juta dollar pertamanya di usia 23 tahun. Pada tahun 1986, dia menjadi miliarder termuda dan saat ini dia merupakan orang terkaya di dunia.

Sir Richard Branson

sir-richard-branson

Usia saat menjadi jutawan           : 23 tahun

Usia saat menjadi miliarder          : 41 tahun

Mulai menggeluti bisnis di usia   : 22 tahun saat membangun toko Virgin Records

Jumlah kekayaan                             : US$4,9 miliar

Miliarder rendah hati asal Inggris ini mendapatkan satu juta dollar pertamanya saat berusia 23 tahun. Kekayaannya diraih setelah ia membuka jaringan toko Virgin Records (yang kemudian berubah nama menjadi Virgin Megastores) di tahun 1972. Bisnis Branson semakin berkembang setelah mendirikan Virgin Atlantic pada tahun 1980. Di usia 41 tahun, dia menyandang status sebagai miliarder dunia.

Steve Jobs

steve-jobs-speech_1980179a

Usia saat menjadi jutawan           : 23 tahun

Usia saat menjadi miliarder          : 40 tahun

Mulai menggeluti bisnis di usia   : 21 tahun saat mendirikan Apple bersama Wozniak dan Wayne

Jumlah kekayaan                             : US$10,2 miliar sampai tutup usia

Pada tahun 1976, tepat di usianya yang ke 21 tahun, Jobs mendirikan Apple Computer bersama pertnernya Steve Wozniak dan Ronald Wayne di garasi rumahnya di Los Altos. Di usianya yang masih 23 tahun, perusahaan yang didirikannya itu sudah bernilai jutaan dollar dan mencapai US$100 juta pada usia Jobs yang ke-25.

Evan Spiegel

dig-exec-evan-spiegel-hed-2015

Usia saat menjadi jutawan           : 23 tahun

Usia saat menjadi miliarder          : 25 tahun

Mulai menggeluti bisnis di usia   : 22 tahun saat mendirikan Snapchat

Jumlah kekayaan                             : US$2,1 miliar

Evan meninggalkan Universitas Stanford di tahun 2012 sebelum menyelesaikan studinya di bidang desain produk untuk lebih fokus pada Snapchat. Spiegel berusia 22 tahun saat dia benar-benar fokus mendirikan aplikasi Snapchat bersama Robert Murphy dan Reggie Brown. Uang sebanyak satu juta dollar masuk ke rekening Spiegel saat dia baru 23 tahun. Snapchat yang kebanyakan digandrungi oleh anak muda ini turut mengantarkannya menjadi miliarder di usai 25 tahun.

Sir Alan Sugar

sugar

Usia saat menjadi jutawan           : 24 tahun

Usia saat menjadi miliarder          : 68 tahun

Mulai menggeluti bisnis di usia   : 21 tahun saat mendirikan Amstrad

Jumlah kekayaan                             : US$1,8 miliar

Alan Michael Sugar merupakan pebisnis dan penasihat politik asal Inggris. Dia merupakan anggota klub miliarder dan merupakan salah satu orang terkaya di Inggris. Kekayaannya berasal dari perusahaan elektronik Amstrad. Setelah lulus sekolah di usia 16 tahun, Alan Sugar bekerja di Kementerian Pendidikan sebagai ahli statistik. Saat itu pulalah dia mulai menjual barang elektronik di belakang mobil dengan modal US$65 yang semuanya berasal dari tabungan. Pada usia 21 tahun, Sugar mendirikan Amstrad, perusahaan yang mengantarkannya menjadi miliarder. (Baca juga: Kalau Kamu Mau Kaya Seperti Miliarder Dunia, Ini Target yang Harus Dicapai)

Carlos Slim

carlos slim

Usia saat menjadi jutawan           : 25 tahun

Usia saat menjadi miliarder          : 51 tahun

Mulai menggeluti bisnis di usia   : 21 tahun saat memulai karier sebagai broker saham

Jumlah kekayaan                             : US$50 miliar

Carlos Slim masih berusia 21 tahun saat memulai karier sebagai broker saham di Meksiko. Pada 1965, dia mendirikan perusahaan broker saham Bursatil dan menjadi jutawan. Kekayaannya berasal dari diversifikasi portofolio dan beragam sektor bisnis mulai dari telekomunikasi, pendidikan, kesehatan, media, perhotelan, dan finansial. Di usia 51 tahun, Slim menjadi miliarder dan di antara tahun 2010-2013 dia dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia sebelum digeser oleh Bill Gates.

Mau kartu kredit yang memberikan diskon belanja, voucher hotel dan tiket pesawat gratis? Ajukan segera di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami