Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

5 menit waktu bacaan

Ini Cara Melakukan Pendaftaran Universitas Terbuka

by lhmdi on 16 July, 2016

universitas ternama - CekAja.com

Bila ingin melanjutkan pendidikan dari strata 1 (S1) menuju Strata 2 (S2), bisa melakukan pendaftaran di Universitas Terbuka (UT).

Universitas Terbuka sendiri merupakan alternatif bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana setelah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat seperti SMK dan STM.

Bila tertarik melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Terbuka, terdapat beberapa fakultas yang bisa dituju. Beberapa di antaranya adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selain pendidikan sarjana Strata 1 terdapat juga program lanjutan yaitu Strata 2 (S2) bagi yang ingin melanjutkan pendidikan dari S1. Berikut beberapa program magister yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka dan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin kuliah S2.

  1. Program sudi Bahasa Inggris

Program ini merupakan program yang baru di Universitas Terbuka. Pendaftaran di universitas terbuka untuk Bahasa Inggris sendiri pada tahun 2017 telah dibuka pada tanggal 13 Maret hingga 5 April 2017.

Sementara itu, tes masuk tahap pertama sendiri sudah dimulai pada tanggal 6 Mei 2017. Sementara itu pendaftaran tahap kedua dibuka pada tanggal 13 April – 23 Mei 2017, dan pelaksanaan tes yang sudah dimulai pada 10 Juni 2017.

Meskipun pendaftaran Universitas Terbuka Magister Bahasa inggris telah berlalu, setidaknya ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang akan mendalami ilmu bahasa Inggris untuk tahun 2018 nanti.

  1. Magister Administrasi Publik

Pilihan berikutnya dengan mengambil Magister administrasi publik di Universitas Terbuka. Program ini dibuka bagi masyarakat yang tertarik untuk memecahkan permasalahan publik yang rumit dengan biaya pendidikan terjangkau.

Untuk bisa mengikuti program kuliah ini dapat dilakukan dengan cara belajar jarak jauh. Pendaftaran tahap pertama untuk tahun 2017 sendiri sudah  dimulai pada tanggal 13 Maret hingga 5 April 2017 dan tahap dua yang dimulai pada tanggal 13 April hingga 23 Mei 2017.

  1. Magister Manajemen

Bagi kamu yang tertarik dengan manajemen, maka dapat mengikuti program Magister Manajemen dari Universitas Terbuka. Ada empat pilihan bidang yang bisa kamu ikuti, yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Manajemen Pendidikan.

Melalui situs resmi Universitas Terbuka, informasi pendaftaran untuk program ini masih berlanjut dan bisa dilakukan secara online atau daring.

  1. Program Magister Pendidikan Matematika

Ingin mengolah kemampuan matematika kamu lebih baik lagi? universitas Terbuka menawarkan program Magister pendidikan matematika. Universitas Terbuka mengklaim, melalui pendidikan yang mereka berikan mampu meningkatkan mutu serta kualitas individu dalam mengolah angka.

Program yang disingkat menjadi MPMT-UT ini juga diklaim tepat bagi guru atau dosen yang bertugas dan meningkatkan kemampuan didik mereka.

  1. Magister Manajemen Perikanan

Pilihan berikutnya yang bisa kamu coba adalah Magister manajemen Perikanan. Program kuliah ini layak untuk dipertimbangkan mengingat di masa depan pemerintah mulai serius menggarap perikanan dan kelautan di indonesia.

Melalui  program ini tepat dicoba oleh pejabat pemerintah, pegawai pada Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat, hingga peneliti untuk mengingkatkan kemampuan manajerial mereka di bidang perikanan dan kelautan.

Bersiap untuk Memulai Pendaftaran di Universitas Terbuka

kuliah sambil kerja_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Meskipun pendaftaran di Universitas Terbuka rata-rata sudah ditutup, tentunya kamu bisa memilih untuk melanjutkannya di tahun depan, yaitu tahun ajaran baru 2018. Lalu, seperti apa tahan pendaftaran Universitas Terbuka yang harus kamu lalui?

Berikut beberapa cara yang bisa kamu pilih:

  1. Proses pertama merupakan pencatatan untuk data pribadi calon dari mahasiswa atau mahasiswi serta mata kuliah yang akan diambil untuk semester pertama.
  2. Setelah mahasiswa dan mahasiswi diharapkan untuk melanjutkan pendaftaran mata kuliah yang akan diambil di setiap semesternya.

Nah! Agar waktu pendaftaran untuk tahun ajaran baru tidak terlewat, pastikan kamu untuk selalu mendapatkan informasi terbaru dari Universitas Terbuka. Sangat dianjurkan untuk melakukan registrasi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.

Tujuannya adalah agar kamu tidak kehabisan kursi nantinya untuk menikmati pelajaran kuliah Universitas Terbuka.

Tips Memilih Program Magister di Universitas Terbuka

Melanjutkan Pendidikan di program Magister tentunya akan menyenangkan jika memang itu tujuan kamu. Namun, untuk memulainya dibutuhkan beberapa langkah atau tips yang nantinya akan sangat berguna. Berikut beberapa tips pilihan dari CekAja.com

  1. Tentukan program dan mata kuliah

kuliah setelah berkeluarga _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu menentukan untuk mengambil program apa yang sesuai dengan keinginan. Tujuannya adalah setelah kamu agar kamu tidak salah arah setelah lulus nantinya.

Selain itu membaca buku dan jurnal hasil penelitian juga sangat penting untuk mengembangkan wawasan kamu sehingga saat memastikan program dan mata kuliah akan sesuai dengan keinginan kamu.

2.Persiapkan dana

biaya kuliah - CekAja.com

Meskipun kuliah di Universitas Terbuka, pastikan kamu untuk mempersiapkan dana untuk memulai program Magister hingga selesai nantinya. Cara termudah untuk mempersiapkan dana adalah dengan memperhitungkan dana dari awal.

Hitung dana yang kamu miliki sekarang dan persiapan untuk mengikuti program Magister dari awal hingga selesai kuliah. Cara ini akan membantu kamu untuk tidak terlalu banyak memikirkan tentang biaya saat proses perkuliahan berlangsung.

  1. Mulai berinvestasi

biaya kuliah_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Jika kamu memang berencana untuk melanjutkan kuliah di program Magister dengan menyiapkan pendaftaran Universitas Terbuka, maka persiapkan diri untuk mulai berinvestasi. Mulai dari deposito, emas reksa dana hingga asuransi adalah beberapa pilihan jenis investasi.

Investasi ini nantinya penting untuk menambah biaya kuliah Magister di Universitas Terbuka.

  1. Kuatkan posisi networking

kerja atau bisnis setelah lulus kuliah _ pinjaman bisnis - CekAja.com

Networking yang dimaksud adalah hubungan antara antara kamu dengan teman-teman yang juga sedang menempuh program Magister. Pertemanan ini bisa nantinya akan membantu kamu mendapatkan arahan saat akan memulai kuliah Magister hingga dapat juga menjadi keuntungan setelah kamu selesai nanti.

  1. Menyiapkan rencana cadangan

kuliah sambil kerja_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Rencana cadangan penting untuk dipersiapkan jika tiba-tiba kamu tidak dapat atau belum beruntung untuk melanjutkan pendidikan Magister di Universitas Terbuka.

Cara termudah adalah dengan bekerja atau memantapkan usaha atau bisnis yang kamu jalankan. Tidak heran rasanya banyak mahasiswa program Magister yang sedang mealnjutkan pendidikannya dilakukan sembari bekerja.

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami