Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Sasar Milenial, Ini Cara Buka Tabungan dan Cek Nomor Rekening Bank BTN

by Ayunindya Annistri on 23 Oktober, 2019

Ada banyak cara bagi generasi milenial untuk menabung di PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) alias BTN, salah satunya dengan mengetahui terlebih dulu cara membuka tabungan dan cek nomor rekening Bank BTN.

Bank milik pemerintah yang sudah berdiri sejak tahun 1897 ini sudah tidak perlu kamu ragukan lagi reputasinya. Beberapa produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank BTN pun selalu menjadi incaran masyarakat.

Mulai dari Tabungan BTN Batara hingga Tabungan BTN Prima merupakan produk unggulan yang mana cara membuka rekening tabungannya diklaim sangat mudah.

Tak hanya itu saja, Bank BTN juga memberikan layanan terbaiknya bagi nasabah yang ingin melakukan cek nomor rekening.

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan aneka produk tabungan dari bank BTN, yuk ketahui terlebih dahulu cara membuka tabungan dan cek nomor rekening Bank BTN berikut ini.

Cara Mudah Membuka Tabungan Bank BTN

Cara membuka tabungan Bank BTN bisa kamu lakukan baik via online yakni melalui BTN Virtual Branch ataupun mendatangi langsung kantor cabang Bank BTN yang sudah tersebar di berbagai penjuru tanah air.

  • Membuka rekening tabungan Bank BTN secara online

Cara membuka tabungan yang pertama yaitu melalui online. Dengan cara ini, Bank BTN berharap dapat membantu masyarakat Indonesia yang ingin menabung tanpa perlu repot-repot mengunjungi kantor cabang dari bank tersebut.

Cara ini dinilai sangat efektif, terutama bagi generasi milenial yang padat aktivitas dan menyenangi suatu hal yang praktis.

Buat pengguna Google Play Store, kamu bisa men-download terlebih dahulu aplikasi BTN Open Account untuk melakukan registrasi pembukaan rekening tabungan.

Sedangkan untuk pengguna App Store, kamu hanya bisa menggunakan layanan online ini dengan mengunjungi laman resmi Bank BTN di https://open-account.btn.co.id/ karena aplikasi tersebut belum tersedia untuk pengguna produk ponsel Apple.

Kemudian ikuti langkah-langkah yang diminta dengan mengisi informasinya secara benar. Mulai dari mengisi informasi pribadi hingga melengkapi berbagai persyaratan dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, dan lainnya.

  • Membuka rekening tabungan Bank BTN melalui kantor cabang

Serupa dengan membuka rekening tabungan secara online, persyaratan yang harus kamu bawa ketika mengajukan pembuatan rekening tabungan di kantor cabang Bank BTN adalah kartu identitas pribadi seperti KTP/SIM//Paspor dan NPWP sebagai bukti bahwa kamu telah memiliki penghasilan sendiri.

Kemudian datangi pihak security untuk nantinya diarahkan ke petugas bank khusus pembukaan rekening tabungan. Lalu petugas bank atau customer service akan memberikan sebuah formulir yang wajib kamu isi dan sesuai dengan data di KTP atau kartu identias lainnya.

Selesai berkas dan formulir diproses, petugas bank akan meminta kamu untuk membayarkan saldo minimal pembukaan rekening tabungan, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pihak Bank BTN.

Meski cara membuka tabungan yang satu ini terbilang kurang praktis, namun dengan mendatangi langsung kantor cabang kamu dapat bertanya-tanya langsung mengenai produk tabungan lainnya dari Bank BTN dan pastinya jauh lebih jelas dibandingkan cara membuka tabungan via online.

Produk Tabungan Bank BTN

Memiliki rekening tabungan Bank BTN memang sangat menguntungkan, apalagi jika kamu pandai dalam memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Berikut rekomendasi produk tabungan dari Bank BTN.

  • Tabungan BTN Batara

Tabungan BTN Batara merupakan produk tabungan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebab produk ini menawarkan kemudahan untuk menunjang aktivitas keuangan dengan suku bunga yang menarik, yakni 2,75 persen per tahun.

Penyetoran dananya pun tidak hanya bisa kamu lakukan di outlet Bank BTN saja, melainkan juga di kantor pos ataupun mesin ATM.

  • Tabungan BTN Juara

Kalau produk tabungan yang satu ini memang sengaja ditujukkan oleh Bank BTN untuk generasi muda.

Harapannya sendiri adalah untuk menumbuhkan budaya menabung sedari dini. Disamping itu, produk tabungan ini juga bebas biaya administrasi setiap bulan dengan setoran awal sebesar Rp 50 ribu.

  • Tabungan BTN Prima

Jenis produk tabungan lainnya yang ditawarkan oleh Bank BTN adalah BTN Prima. Produk ini bisa dibilang primadona terutama bagi mereka yang ingin berinvestasi dalam skala kecil.

Hebatnya lagi BTN Prima akan memberikan kamu bonus bunga bila dalam 2 bulan tidak melakukan penarikan dana sepeserpun. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan poin reward yang dapat ditukar dengan barang sesuai kebutuhan.

Cara Cek Nomor Rekening Bank BTN

Sebenarnya cara cek nomor rekening Bank BTN itu sangatlah mudah. Kamu hanya perlu membuka buku tabungan saja.

Namun berbeda kasusnya bila kamu membutuhkan nomor rekening disaat mendesak dan ternyata buku rekening tersebut sedang tidak kamu bawa atau bahkan hilang.

Meskipun kamu bisa saja mendatangi kantor cabang Bank BTN terdekat untuk meminta bantuan petugas bank dalam mengecek informasi terkait nomor rekening. Tetapi cara ini sama sekali tidak praktis terutama untuk kaum milenial.

Maka dari itu, kamu memerlukan cara cek nomor rekening Bank BTN yang jauh lebih mudah. Mau tahu apa sajakah itu? Yuk dicek ulasannya.

  • Cek nomor rekening melalui mobile banking

Cara cek nomor rekening bank BTN yang pertama ialah dengan menggunakan mobile banking. Aplikasi yang telah disediakan oleh Bank BTN ini digunakan untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan berbagai layanan perbankan, salah satunya cek nomor rekening.

Akan tetapi penggunaan mobile banking untuk cek nomor rekening Bank BTN hanya bisa dinikmati oleh nasabah yang memiliki tabungan berbasis kartu seperti BTN Batara, BTN Juara, BTN Simple, dan TabunganKu saja.

  • Cek nomor rekening melalui internet banking

Tidak jauh berbeda dengan mobile banking, internet banking  juga bisa kamu gunkan untuk cek nomor rekening Bank BTN.

Sebelum menggunakan layanan ini, kamu harus terlebih dulu melakukan pendaftaran melalui mesin ATM BTN atau pihak customer service cabang Bank BTN terdekat.

Apabila proses pendaftaran telah selesai, kamu bisa mengakses layanan https://internetbanking.btn.co.id untuk selanjutnya melakukan pengecekan nomor rekening dan transaksi lainnya secara berkala.

Nah itulah ulasan mengenai cara  membuka buku tabungan dan cek nomor rekening Bank BTN. Selain menabung, ada juga cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan, yakni investasi. Yuk temukan aneka produk dan cara berinvestasi yang tepat  dengan mengakses CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami