Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Peralatan Budidaya Sayuran Organik yang Tepat agar Hasil Panen Lebih Memuaskan

by Ayunindya Annistri on 7 Juli, 2020

Memiliki peralatan budidaya sayuran organik yang tepat memang menjadi kebutuhan penting untuk kamu yang gemar bercocok tanam. Bayangkan saja, apabila kamu ingin menggeluti aktivitas ini namun tidak memiliki peralatan budidaya yang memadai. Nah, lewat artikel ini CekAja bakal kembali berbagi informasi menarik seputar peralatan budidaya sayuran organik beserta kiat suksesnya seperti yang dilansir dari banyak sumber.

Peralatan Budidaya Sayuran Organik

Bagi sebagian orang yang hobi bercocok tanam, mungkin melakukan budidaya sayuran organik adalah pilihan tepat untuk mengisi waktu luang. Selain itu, kalau kamu rutin dan telaten dalam merawat hasil budidayamu, bukan enggak mungkin jika hasil panennya dijual kembali dan kamu pun bakal menerima pendapatan yang cukup besar.

Soalnya nih, bercocok tanam sayuran organik tengah nge-tren dikalangan masyarakat, terutama yang berada di lingkungan perkotaan. Bukan hanya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kehidupan saja. Menanam sayuran organik juga nyatanya sangat mudah loh, di mana kamu hanya butuh bahan-bahan alami dan peralatan yang tepat.

Bagaimana, tertarik untuk memulai budidaya sayuran organik? Masih bingung akan caranya? Atau belum paham apa saja peralatan budidaya sayuran organik yang mesti kamu miliki?

Tenang, semua pertanyaan tersebut bakal CekAja bahas satu persatu-satu lewat pembahasan artikel di bawah ini.

Peralatan Budidaya Sayuran Organik yang Mesti Dimiliki
1. Sekop atau Cangkul

Sekop

Nah, peralatan budidaya sayuran organik yang mesti kamu miliki pertama adalah sekop atau bisa juga menggunakan cangkul. Fungsi dari kedua alat ini sendiri adalah untuk meratakan dan membuat lubang pada media tanam, yang mana nantinya bakal kamu pakai dalam proses budidaya.

Media tanam yang dimaksud pada poin ini adalah tanah, di mana dengan menggunakan sekop atau cangkul, aktivitas menanam yang kamu lakukan bakal lebih efisien dibandingkan dengan cara manual, yaitu menggunakan tangan.

2. Garpu Tanah

Garpu Tanah

Kalau kamu sudah ahli bercocok tanam, pasti sudah enggak asing lagi dengan peralatan budidaya sayuran organik yang satu ini. Ya, seperti namanya, fungsi dari alat ini adalah untuk menggemburkan tanah.

Enggak cuma itu loh, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan tanah yang bakal dipakai sebagai media tanam dari berbagai kotoran seperti dedaunan kering, batu-batuan kecil dan sampah lainnya yang berserakan.

3. Sarung Tangan

sarung tangan

Peralatan budidaya sayuran organik yang satu ini sih memang enggak boleh dilupakan. Pasalnya, tanpa menggunakan sarung tangan, proses budidaya yang dilakukan justru menjadi tidak menyenangkan, terlebih saat kamu mesti memegang tanah.

Selain itu, dengan memakai sarung tangan, kamu enggak perlu khawatir lagi akan kuman-kuman jahat yang mungkin dapat menempel di tangan.

Meski begitu, kamu juga harus tetap mencuci tangan dan membersihkan badan secara menyeluruh ya, sesaat setelah aktivitas menanam sayuran organik telah dilakukan. Ingat, mencegah penyakit itu lebih baik daripada harus mengobatinya.

(Baca Juga: 5 Langkah Mudah Menanam Buah Organik di Rumah)
4. Sudip Tangan

Sudip tangan

Ingin memindahkan benih tanaman yang dipakai dalam budidaya sayuran organik? Maka gunakanlah sudip tangan. Alat ini jika dilihat sekilas memang mirip dengan sekop, namun yang membedakannya hanya pada ukuran saja.

Nah, dengan bentuknya yang kecil, sudip tangan tidak hanya dipakai untuk memindahkan benih tanaman, tapi juga biasa digunakan untuk membuat lubang kecil pada media tanam yang akan diisi dengan biji atau benih.

5. Semprotan Air

Semprotan Air

Peralatan budidaya sayuran organik berikutnya yang harus dimiliki adalah semprotan air. Fungsinya untuk menyiram tanaman. Meski alat ini dinilai lebih praktis, namun tetap saja kamu juga memerlukan selang terlebih bila jumlah tanaman sayuran organik yang kamu budidayakan cukup banyak.

6. Sprayer

Sprayer

Serupa dengan semprotan air, namun sprayer ini fungsinya untuk menyemprotkan cairan hama pada sayuran organik yang sedang dibudidayakan. Peralatan ini mesti kamu miliki agar seluruh tanaman tetap terjaga kualitasnya hingga masa panen tiba.

7. Gunting Tanaman

Gunting Tanaman

Terakhir, peralatan budidaya sayuran organik yang harus kamu punya adalah gunting tanaman. Ketika musim panen tiba, gunting tanaman akan sangat berguna untuk memotong hasil panen agar terlihat lebih rapi.

(Baca Juga: Tips Sukses Budidaya Umbi Porang)
Tips Budidaya Sayuran Organik, Hasil Panen dijamin Memuaskan

Nah, kalau seluruh peralatan budidaya sayuran organik telah kamu miliki. Sekarang, kamu harus ikuti seluruh tips budidaya sayuran organik ini jika memang ingin menggeluti aktivitas tersebut. Dan berikut tips sederhana untuk budidaya sayuran organik.

  • Pilih jenis sayuran yang ingin dibudidayakan, misal bayam, sawi, tomat, ataupun sawi.
  • Persiapkan bibit tanaman dan media tanam.
  • Media tanam dapat berupa tanah langsung atau polybag.
  • Buat media tanam dengan mencampurkan tanah dan kompos 1:3.
  • Jika menggunakan lahan terbuka, buat greenhouse dengan pelindung plastik pada bagian atap guna menjaga tanaman dari paparan sinar matahari langsung, air hujan ataupun hama.
  • Setelah melewati masa semai, selanjutnya kamu bisa melakukan perawatan harian dengan cara menyiram tanaman sayuran organik tersebut di pagi dan sore hari dengan kadar air yang sesuai.
  • Saat masa pemanenan tiba, pastikan kamu langsung mencabut sayuran organik tersebut hingga ke akarnya.

Ingat, masa pemanenan tiap sayuran itu berbeda-beda, jadi cek selalu kondisi sayuran agar kamu bisa memprediksi waktu panennya.

Kembangkan Budidaya Sayuran Organik dengan Modal Mumpuni

Itu tadi pembahasan mengenai peralatan budidaya sayuran organik hingga tips sederhana untuk menggelutinya. Kalau kamu rajin dan telaten selama proses budidaya dilakukan, mengapa tak coba mengembangkannya sebagai bisnis besar? Siapa tahu keuntungan yang didapat dari budidaya sayuran organik ini justru menjanjikan.

Belum punya modal mumpuni untuk memulainya? Tak masalah, kamu bisa mendapatkannya lewat layanan CekAja.com, yang menyediakan pinjaman dana tunai dengan sistem cicilan ringan dan bunga rendah eksklusif online 0,65 persen saja.

Yuk, miliki pinjaman tunai dari CekAja.com dan bangun bisnis sayuran organikmu biar keuntungan yang didapat semakin melimpah!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau