Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini Pilihan Mobil Dibawah Rp100 Juta!

by Sindhi Aderianti on 11 April, 2019

Kebutuhan untuk memiliki kendaraan roda empat tak bisa dibendung lagi. Terutama bagi masyarakat ibu kota yang bermobilitas tinggi. Namun, membeli sebuah mobil bukanlah keputusan mudah.

Asuransi Beli Mobil - CekAja

Pertama tentu karena uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Lalu  berbagai spesifikasinya juga harus benar-benar dipertimbangkan. Beruntung, masyarakat Indonesia belakangan ini dimudahkan dengan hadirnya low cost green car (LCGC).

Apa itu LCGC? LGCC adalah mobil murah ramah lingkungan yang didukung penuh oleh pemerintah untuk mewujudkan lingkungan tanpa polusi. Sesuai konsep ‘green car’-nya, LCGC tidak mengeluarkan emisi berbahaya bagi udara.

Sejumlah merek yang terkenal di dunia mobil LCGC adalah Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Honda Brio Satya. Mengusung harga yang murah, mobil LCGC memang tidak memiliki fitur yang secanggih mobil pada umumnya. Sebut saja sistem keamanan yang hanya didukung oleh dual airbag dan sabuk pengaman.

Dengan keterbatasan dari segi keamanan itulah, terkadang orang berpikir dua kali untuk membeli mobil LCGC. Sebagai alternatif, mobil second usia 5-10 tahun ke belakang dan berkondisi masih prima pun lebih dilirik. Apa saja mobil dibawah Rp100 juta? Berikut ini pilihannya:

1. All New Kia Picanto (2012-2014)

Mobil pabrikan Korea Selatan ini sempat menguasai pasar otomotif. Salah satu keluaran yang paling diincar adalah All New Kia Picanto tahun 2012-2014.

Fitur yang dimiliki All New Kia Picanto ini juga lengkap, dimulai dari power window, banyaknya ruang untuk barang, foot rest hingga velg two tone. Kabar baiknya lagi, mobil tersebut hanya dibanderol sekitar Rp80 juta saja.

(Baca juga: Incar Mobil LSUV Rp300 Jutaan? Ini Rekomendasinya!)
2. Mitsubishi Mirage (2012-2014)

Lalu, ada Mitsubishi Mirage yang juga tak kalah diunggulkan. Mobil produksi Jepang itu memiliki desain khas city car yang dinamis.

Soal mesin, mobil ini memiliki dapur pacu 1193 cc hemat bahan bakar, bodi ringan, suspensi empuk, power window hingga automatic climate control. Untuk keluaran 2012-2014, kamu bisa mendapatkan mobil ini seharga Rp90 jutaan.

3. Suzuki Swift (2006)

Desain sporty adalah ciri khas Suzuki Swift. Meski sudah berumur lebih dari 10 tahun, mobil ini tetap memiliki performa mesin yang tangguh sebesar 1.586 cc.

Untuk interiornya sendiri, Swift  berkabin cukup luas. Sedangkan kemanannya juga sudah dilengkapi dengan air bag. Adapun daya tarik lain yang diberikan yakni irit bahan bakar. Harga mobil ini pun masih di bawah Rp100 juta.

4. Toyota Yaris (2007)

Toyota bak mobil sejuta umat. Suku cadang dan layanan bengkel resmi yang mudah dijangkau menjadi salah satu alasannya.

Wajar kalau harga jual setiap mobil keluarannya tak cepat merosot. Toyota Yaris tahun 2007 adalah tipe mobil yang masih banyak diincar.

fitur-fitur seperti air bag, power window di semua pintu hingga fog lamp sangat menggugah minat beli. Apalagi harganya kini dipatok tak lebih dari Rp80 juta.

(Baca juga: Ini 5 Mobil di Bawah Rp150 Juta dan Simulasi Kreditnya)
5. Datsun Go + Tipe D

Selain harga yang masih berada di kisaran Rp87 jutaan, Datsun GO+ tipe D juga akan memberimu mobil yang memiliki tampilan menarik baik dari sisi interior maupun eksterior.

Mesinnya memiliki kapasitas 1,2L yang mampu hasilkan tenaga maksimal tanpa getaran. Walau tergolong sedan, mobil ini berkapasitas cukup besar untuk menampung 4-5 orang.

6. Peugeot 206

‘Mini super car’, begitu julukannya. Desain sporty dan harga murah sejauh ini menjadi keunggulan utama Peugeot 206 di bursa jual-beli mobil.

Peugeot 2016 mengusung sebuah mesin berkapasitas 1.400 cc. Dengan transmisi responsif, otomatis bahan bakar menjadi irit.

Peugeot 206 juga dilengkapi fitur immobilize sebagai fungsi keamanan. Jadi, ECU dari mobil asal Prancis itu hanya mengenali 1 kunci kontak saja.

7. Nissan Xtrail Generasi 1

Hampir semua mobil Nissan dibekali performa mesin yang gahar. Seperti Nissan Xtrail Generasi 1, dimana kapasitas mesinnya mencapai 2.0 L dan 2,5 L.

Selain itu, Nissan Xtrail Generasi 1 juga sangat irit bahan bakar. Ditambah suspensinya yang empuk, sehingga memberi kenyamanan lebih ketika melewati jalanan berlubang sekalipun.

Kedua jenis mobil LCGC dan mobil second dalam kondisi baik tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Satu hal yang pasti ketika sudah membeli kendaraan dengan harga lebih ekonomis, sisakan bajetnya sebagian untuk asuransi.

Jangan Tunda Lagi, Asuransikan Mobilmu Sekarang

Sebagai aset berharga, mobil juga patut diasuransikan. Pasalnya, jaminan tersebut dapat mengurangi kerugian yang tidak terduga. Namun ternyata, masih banyak yang belum memahami benefit dari asuransi kendaraan.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah jenis asuransi kendaraan itu sendiri. Umumnya, asuransi kendaraan terdiri atas comprehensive dan total loss only. Berikut ini perbedaan keduanya:

  • Comprehensive

Menjamin risiko karena kerugian/kerusakan sebagian (partial loss) dan keseluruhan (total loss) yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.

  • Total Loss Only

Menjamin risiko karena pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Berbagai risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan, nantinya bisa kamu alihkan langsung kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin.

Klaim akan diproses dengan syarat dan ketentuan yang tertera dalam polis. Untuk lebih jelasnya, bandingkan setiap produk asuransi ini dan temukan yang terbaik hanya melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.