Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Solusi untuk Menanggulangi Stres karena Utang

by Ariesta on 29 Desember, 2015

penyakit stress bekerja _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Ketika memiliki utang, kita pasti seperti merasa dikejar-kejar sesuatu sehingga pikiran tidak tenang. Utang bisa diibaratkan lari marathon yang tidak ada habisnya, apalagi bagi orang-orang yang memiliki jangka waktu pelunasan hingga bertahun-tahun. Menghadapi masalah ini tentulah tidak mudah.

Selama bertahun-tahun, kita mungkin berganti pekerjaan, hubungan dengan pasangan naik turun, atau berpindah domisili. Semua hal bisa terjadi dan semua stres yang dihasilkan menyebabkan Anda makin tertekan. Sebelum Anda makin frustrasi, ini cara untuk mengurangi stres karena utang.

Fokus pada tujuan besar

Stres sering menyerang ketika kita merasa sulit menyisihkan penghasilan untuk membayar utang di tengah biaya hidup yang semakin tinggi. Untuk lepas dari jeratan stres, sangat penting untuk fokus pada tujuan besar lain.

Mengambil langkah kecil namun konsisten akan membantu kita keluar dari jeratan utang. Ingat bahwa utang bukan sesuatu yang temporer. Di samping memikirkan utang yang harus dibayar, biarkan diri Anda fokus pada dana emergensi dan pensiun. Bayangkan apa yang bisa Anda lakukan dengan uang tersebut setelah utang lunas sepenuhnya.

Pikirkan hidupmu pada 5, 10, bahkan 20 tahun mendatang. Susun lagi mimpi-mimpi dan tengok daftar tersebut saat merasa hampir putus asa. Perencanaan ke depan akan sangat menginspirasi dalam menghadapi stres karena utang.

Ingatlah ‘Mengapa’

Pasti ada saat-saat di mana kita merasa tidak ingin berpikir tentang uang, tagihan, atau rekening bank. Sayangnya itu semua tidak mungkin saat Anda masih terlilit utang.

Saat stres menyerang, ingatlah ‘mengapa’ kita harus melunasi utang. Setiap orang pasti punya cita-cita punya rumah, punya anak, atau berlibur. Dengan mengingat cita-cita tersebut, diharapkan kita akan makin termotivasi dalam melunasi utang.

(Baca juga: 7 Langkah Efektif Atur Anggaran Bulanan Bagi Anda yang Masih Boros)

Memberi hadiah pada diri sendiri

Terdapat anggapan bahwa kita harus mengurangi semua kesenangan sampai utang lunas. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Alangkah lebih baik jika kita merayakan setiap kemenangan besar dengan kemenangan kecil. Sebagai contoh, traktir diri sendiri ke salon ketika bisa menyetor Rp 5 juta setiap bulan. Cara ini akan membuat kita makin termotivasi untuk mencetak angka lebih tinggi.

Anggap utang sebagai permainan

Setiap kita merasa sesak karena utang, coba pikirkan hal ini sebagai permainan. Yang berhasil sampai di  garis final adalah pemenangnya. Ingatlah bahwa terbebas dari utang tidak hanya bergantung pada uang, tapi lebih kepada sikap kita dalam menyikapi masalah tersebut. Pola pikir kita berpengaruh besar dalam kesuksesam melunasi.

Meskipun melunasi utang bukan hal yang menyenangkan, jangan menganggapnya sebagai hukuman. Tetaplah berpikir positif dan ikuti tips di atas agar hidup tetap bisa menikmati hidup meski terlilit hutang.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami