Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ini Tips Menjaga Smartphone agar Tidak Overheat dan Meledak!

by Rafly Aditia on 21 September, 2016

Jenius - CekAja

Kasus meledaknya Samsung Galaxy Note 7 yang berujung ditarik smartphone anyar ini dari pasaran memang mengejutkan. Beberapa pengguna Samsung Galaxy S7 juga dikabarkan mengalami hal yang sama yaitu meningkatnya suhu smartphone yang berujuk pada meledak perangkat.

Smartphone merk apapun sebenarnya bisa mengalami overheat bahkan meledak. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu perlu lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Berikut tips menjaga smartphone agar tidak overheat dan meledak:

Jangan charging smartphone dalam kondisi menyala

Tips pertama ini merupakan tips yang harus selalu kamu ingat. Ketika ingin mengisi daya, lebih baik melakukannya dalam kondisi perangkat mati agar kerja smartphone tidak berat dan menjaga suhunya agar tidak meningkat.

Jadi, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan charging smartphone dalam kondisi menyala apalagi sambil digunakan. Bisa-bisa smartphonemu overheat dan meledak dalam waktu seketika.

(Baca juga: Inilah Kebiasaan Malam Para Miliarder yang Bikin Mereka Jadi Sukses dan Kaya)

Matikan smartphone kalau sudah terasa panas

Apabila kamu merasakan bahwa suhu smartphone sudah panas, sebaiknya hentikan penggunaan. Karena itu bisa jadi pertanda bahwa sistem dan perangkatnya telah bekerja dengan sangat keras. Kalau dipaksakan bisa-bisa overheat dan meledak.

Sebaiknya hentikan penggunaan saat smartphone low battery

Perlu kamu ketahui, ketika smartphone dalam kondsii lowbat, maka kinerja yang dilakukan jauh lebih keras. Hal ini menyebabkan smartphone dalam kondisi low battery punya suhu yang cukup tinggi. Bahkan ini bisa menyebabkan radiasi hingga berkali-kali lipat sehingga berakibat buruk bagi kesehatan-mu.

(Baca juga: 4 Cara Hemat Belanja Menggunakan Akun Sosial Media)

Kurangi penggunaan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan

Salah satu penyebab smartphone meledak adalah karena sistem dipaksa untuk terus bekerja secara berlebihan. Biasanya ini karena penggunaan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan dalam waktu bersamaan, maka kinerja smartphone bakal lebih berat dan bisa meningkatkan suhu smartphone kesayanganmu.

Mau kartu kredit yang berikan banyak diskon belanja dan cashback? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami