Persiapan Menikah Mulai Dari Budget, Konsep, hingga Kendalanya

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Persiapan menikah bisa dibilang tidak sulit, namun cukup membuat pusing setiap pasangan. Hal tersebut karena, pernikahan merupakan momen yang hanya bisa dirasakan dan di gelar sekali seumur hidup. Maka dari itu, setiap pasangan ingin memberikan kesan terbaik untuk para tamu undangan di acara pernikahannya.

Salah satu cara agar pernikahanmu berjalan lancar adalah dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Namun, persiapan yang matang tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu yang singkat. Perlu beberapa bulan untuk mempersiapkan semuanya agar tersusun rapi sesuai dengan rencanamu.

Saat ini, banyak dari pasangan yang menggunakan jasa Wedding Organizer (WO) untuk mengurus segala keperluan persiapan pernikahan. Sehingga kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan semua perintilan persiapan menikah.

Kamu hanya perlu menyampaikan konsep pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan, lalu mereka akan menyusun dan mengurus semuanya. Namun, jika kamu menggunakan jasa WO, kamu harus mengeluarkan biaya lebih yang tentu saja harganya tidak murah.

Berbeda jika kamu ingin mengurus segala sesuatunya sendiri, selain menghemat budget pernikahan, kamu juga bisa langsung mengatur semua keperluannya sendiri sesuai dengan konsep yang kamu dan pasangan inginkan.

Namun, ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan dalam persiapan menikah, diantaranya akan dijelaskan pada daftar persiapan menikah berikut.

Daftar Persiapan Menikah

Sebelum menggelar acara pernikahan, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa poin persiapan pernikahan dibawah ini, agar pernikahanmu berjalan lancar sesuai rencana dan memiliki kesan istimewa.

1. Budget Pernikahan

Sebelum kamu mempersiapkan lebih jauh terkait acara pernikahan, pastikan terlebih dahulu kamu membuat budget. Hal ini bertujuan agar segala macam keperluan pernikahan, seperti lokasi pernikahan, busana pengantin, catering dan sebagainya disesuaikan dengan budget yang kamu dan pasangan miliki.

Jangan sampai biaya untuk acara pernikahanmu melebihi budget yang sudah ditentukan. Maka dari itu, kamu dan pasangan perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk segala keperluan tak terduga setidaknya 10% dari keseluruhan budget pernikahanmu.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kesepakatan dari kedua pihak keluarga. Karena, pernikahan tidak hanya melibatkan keluargamu saja, tetapi juga keluarga pasanganmu.

Maka dari itu, pastikan pembagian biaya untuk kedua keluarga pengantin sudah disetujui oleh keluargamu dan keluarga pasanganmu.

2. Konsep Pesta Pernikahan

Setelah semua urusan biaya sudah aman, kini saatnya kamu memikirkan konsep untuk acara pernikahanmu. Karena, konsep pernikahan sangat penting dalam memberikan kesan terbaik untuk para tamu undangan.

Diskusikan konsep pernikahanmu dengan pasangan sesuai dengan impian dan harapan kalian. Mulai dari lokasi pernikahan, apakah akan digelar di gedung atau diluar ruangan seperti di taman maupun di pekarangan rumah yang sederhana.

Apabila konsep pernikahan sudah terbentuk matang, ini akan memudahkan kamu dan pasangan untuk mengurus segala persiapan menikah lainnya.

3. Catering

Tidak hanya konsep yang memiliki peran penting dalam persiapan menikah, namun catering yang nanti akan disajikan di acara pernikahanmu juga berperan penting sebagai citra pernikahanmu.

Jika makanan yang disajikan kurang lezat, para tamu undangan mungkin akan berpikir bahwa pernikahanmu kurang persiapan. Maka dari itu, ketika memilih catering, kamu tidak bisa asal pilih saja.

Namun, kamu juga harus memilih catering mana yang sekiranya menyajikan makanan yang layak untuk dikonsumsi tamu undangan, dan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Catering tidak harus mahal, yang penting bisa memanjakan lidah para tamu undangan dan memberikan kesan baik terhadap pernikahanmu.

Maka dari itu, sependek apapun waktu persiapan menikah, kamu tetap harus melakukan food testing untuk mencoba menu makanan yang nanti akan disajikan di acara pernikahanmu.

4. Lokasi Pernikahan

Pemilihan lokasi pernikahan kadang kala menjadi salah satu kendala yang sering dialami oleh setiap pasangan. Hal tersebut karena waktu pernikahan kamu tidak sesuai dengan jadwal ketersediaan lokasi pernikahan.

Maka dari itu, biasanya kamu harus memesan lokasi pernikahan jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung.

Tidak hanya itu, ketika memilih lokasi pernikahan, kamu juga harus memperhatikan posisi lokasi tersebut. Kamu bisa memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh para tamu undangan.

Hal tersebut bertujuan agar para tamu undangan dapat dengan mudah menemukan lokasi acara pernikahanmu.

Selain itu, jika kamu menggelar acara pernikahan di luar ruangan (outdoor), waktu persiapan yang kamu butuhkan lebih banyak, karena untuk dekorasi dan beberapa persiapan lainnya lebih rumit.

Belum lagi cuaca yang tidak bisa ditentukan, maka dari itu jika kamu memiliki konsep pernikahan outdoor, pastikan kamu tidak memilih tanggal pernikahan pada bulan-bulan yang memasuki musim penghujan.

Namun berbeda situasinya jika kamu memilih rumah sebagai lokasi pernikahanmu. Hal tersebut tidak akan menjadi kendala dalam menentukan lokasi pernikahan.

Namun yang perlu menjadi perhatian adalah jika halaman rumah kamu tidak terlalu luas, acara pernikahanmu akan mengganggu warga sekitar karena berisik dan mengganggu jalan penduduk.

(Baca Juga: Ini Syarat Nikah di KUA yang Wajib Diketahui)

5. Busana Pengantin

Untuk busana pengantin, jika kamu dan pasangan adalah tipikal yang simpel, menyewa busana pernikahan adalah solusi yang tepat. Karena budget yang perlu kamu keluarkan lebih murah dibandingkan kamu membuat busananya sendiri di designer ternama.

Namun berbeda jika kamu menganggap bahwa busana adalah sesuatu hal yang penting, sebagai penunjang rasa percaya diri kamu di hari pernikahan. Kamu bisa memesan busananya dan me-request model dari gaun dan jas sesuai impian kamu dan pasangan.

Hal tersebut membuat kamu lebih puas karena hasilnya akan sesuai dengan keinginan kamu. Terlebih ukuran gaun dan jas yang kamu pesan akan disesuaikan dengan bentuk tubuh kamu dan pasangan.

Berbeda jika kamu menyewa di tempat penyewaan busana pengantin yang ukurannya tidak bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh kamu dan pasangan. Namun perlu diperhatikan, jika kamu memesan busana pengantin, kamu akan mengeluarkan kocek yang lebih besar dan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkannya.

6. Dekorasi Pernikahan

Jika konsep pernikahan yang kamu miliki sudah matang, kamu tidak akan kesulitan ketika menyiapkan dekorasinya. Karena yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan properti dan segala sesuatunya, sesuai dengan tema serta konsep yang sudah ditentukan.

Untuk latar dari pelaminan, pastikan memiliki warna yang senada dengan busana pengantin, namun jangan sampai lebih mencolok dari warna gaun yang kamu kenakan. Hal tersebut akan membuat busana pengantinmu menjadi tidak terlihat dan tidak sedap dipandang.

Jika kamu menggunakan wedding organizer (WO), dekor untuk keseluruhan lokasi pernikahan sudah disiapkan. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk mengurus segala detail properti yang akan digunakan, dan hanya mengecek saja apakah dekor sudah rapi dan sesuai dengan konsep pernikahan.

7. Undangan Pernikahan

Untuk undangan pernikahan, biasanya dipersiapkan setidaknya satu atau dua bulan sebelum acara pernikahan berlangsung. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika ada kesalahan ketika mencetak kartu undangan, revisi dan lain sebagainya.

Setelah undangan sudah jadi, kamu bisa mulai menyebarkan undangannya sampai paling lambat satu minggu sebelum acara pernikahan. Hal tersebut bertujuan agar para tamu undangan bisa menyesuaikan jadwal untuk datang ke acara pernikahanmu.

Kamu juga perlu menyiapkan undangan elektronik untuk kerabat jauh yang sulit dijangkau. Kamu bisa mengundangnya dengan mengirimkan undangan elektronik ini. Selain itu, undangan elektronik juga memudahkan kamu ketika ingin mengundang sekelompok teman.

Tanpa harus mengirim undangan satu-satu secara personal, kamu bisa mengirim undangan elektronik tersebut ke dalam grup yang semua temanmu tergabung di dalamnya.

8. Souvenir Pernikahan

Persiapkan souvenir pernikahan yang tidak hanya bagus tetapi bermanfaat untuk tamu undangan. Diantaranya yaitu seperti mug, kipas, mangkuk mini, dan sebagainya. Karena fungsi dari souvenir adalah sebagai kenangan dan pengingat acara pernikahanmu.

Budget yang kamu keluarkan untuk souvenir tidak perlu besar, karena biasanya budget untuk souvenir adalah budget sisa dari persiapan menikah lain yang lebih utama.

9. Mas Kawin Pernikahan

Mas kawin merupakan salah satu hal yang sangat sakral, yaitu sebagai pengikat dan identitas sebuah pernikahan. Tidak hanya itu, mas kawin wajib ada karena sebagai salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan. Biasanya bentuk mas kawin yang sering digunakan adalah cincin.

10. Dokumen Pernikahan

Dokumen pribadi dalam sebuah pernikahan hukumnya wajib ada untuk pengesahan pernikahan secara hukum. Beberapa dokumen yang wajib dipenuhi diantaranya KTP, akta kelahiran, kartu keluarga (KK), surat nikah dan persyaratan lainnya. Maka dari itu, dokumen pernikahan perlu diperhatikan dalam persiapan menikah, dan jangan sampai terlewat.

11. Panitia Pelaksana Pernikahan

Pada saat pernikahan, sudah dipastikan kedua pengantin tidak dapat mengatur sendiri jalannya acara pernikahan. Maka dari itu, kamu membutuhkan panitia pelaksana atau wedding organizer (WO).

Namun jika kamu tidak menggunakan WO, kamu bisa meminta bantuan kerabat dekat sebagai bridesmide dan groomsmen untuk mengorganisir jalannya acara pernikahan kamu.

12. Daftar Tamu

Salah satu hal sederhana namun tak boleh luput dari perhatian kamu adalah daftar tamu. Dimana, kamu harus menentukan dan memastikan terlebih dahulu berapa jumlah tamu undangan lalu membuat daftarnya. Karena hal ini akan memudahkan kamu ketika hendak memesan gedung pernikahan, menyesuaikannya dengan kapasitas gedung dan jumlah porsi catering.

13. Durasi Acara Pernikahan

Durasi dalam sebuah pernikahan sebaiknya tidak terlalu lama, karena durasi tersebut pada dasarnya tidak efektif bagi pengantin. Alih-alih memberikan kesempatan lebih besar untuk para tamu agar memiliki keleluasaan waktu untuk datang, namun sebenarnya mengganggu kondisi kesehatan pengantin karena terlalu lelah menyambut para tamu.

Sebaiknya, durasi untuk pesta pernikahan tidak lebih dari 3 jam. Karena selain menjaga kondisi kesehatan pengantin, juga menghemat biaya gedung jika kamu menyelenggarakan acara pernikahan di gedung.

14. Persiapan Mental

Persiapan menikah yang terakhir namun sangat penting untuk kamu perhatikan adalah persiapan mental. Dimana kamu harus memastikan apakah pilihanmu ini benar dan kamu sudah benar-benar siap untuk berkomitmen dengan pasanganmu dan juga keluarganya. Karena sejatinya, pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan hanya dilakukan sekali seumur hidup.

Jika menjelang hari pernikahan, kamu masih mempunyai perasaan ragu dengan pasangan, kamu bisa mendiskusikannya dengan keluargamu. Selain itu, jika kamu ingin mengetahui kesiapan dari keluarga pasanganmu, kamu juga bisa melakukan diskusi antara dua keluarga untuk mengetahui kesiapan dari kedua belah pihak.

(Baca Juga: 15 Gedung Pernikahan di Jakarta dan Harga Sewa 2020)

Kendala Sebelum Pernikahan

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja persiapan menikah yang perlu kamu susun dan perhatikan, mulai dari budget hingga kesiapan mental. Kini saatnya kamu mengetahui kendala apa saja yang sekiranya bisa mengganggu kelancaran persiapan menikahmu, simak dibawah ini ya.

  • Mantan Pacar Kembali Hadir

Jangan kaget jika mantan kekasih tiba-tiba hadir kembali saat pernikahanmu tinggal menghitung hari. Karena yang perlu kamu lakukan yaitu mendiskusikannya dengan pasangan, sebelum kamu bertindak mengambil keputusan.

  • Finansial Tidak Stabil

Ini adalah salah satu hal yang memberikan dampak buruk bagi hubungan kamu dan pasangan. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa membicarakannya dengan pasangan secara matang perihal hal ini.

  • Timbul Keraguan Pada Pasangan

Kendala ini tak jarang ditemukan pada calon pengantin perempuan. Namun kamu tak perlu khawatir, jika hal ini terjadi padamu, yang perlu kamu lakukan adalah mendiskusikannya dengan pasangan. Mungkin dengan menunda pernikahan bisa menjadi keputusanmu yang masuk akal.

  • Sering Bertengkar

Hal ini sering ditemukan pada pasangan yang semakin dekat dengan hari pernikahan, akan semakin sering bertengkar. Dimana kamu dan pasangan akan sering perang mulut, berdebat untuk mempertahankan argumennya masing-masing. Hal semacam itu biasanya terjadi karena adanya kecemasan menjelang hari pernikahan.

  • Kedua Pihak Keluarga Tidak Kompak

Kendala terakhir dan yang paling sering terjadi adalah kedua belah pihak keluarga yang tidak kompak karena mementingkan egonya masing-masing.

Dimana keluarga perempuan menginginkan ini, tetapi keluarga laki-laki menginginkan itu. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu dan pasangan mempersiapkan diri untuk hal yang satu ini.

Nah, beberapa daftar persiapan menikah dan kendala-kendala yang akan kamu hadapi menjelang pernikahan sudah dipaparkan diatas. Lantas, apakah budget yang kamu miliki sudah cukup untuk memenuhi biaya pernikahan impianmu dan pasangan?

Jika budget yang kamu dan pasangan miliki belum memadai, tak perlu khawatir. Karena, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA dengan cepat dan mudah hanya di situs CekAja.com. Yuk ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani